Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di CARAHARIAN

×

Proses Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia


Jika dilihat dari perkembangannya, masa dewasa dapat muncul dari berbagai umur karena hal ini berhubungan dengan tingkat  berpikir dan kematangan mental yang sudah jauh berkembang dibandingkan pada masa remaja. Biasanya, dalam masa dewasa manusia akan berpikir mengenai masa depan seperti bekerja untuk menafkahi dirinya ataupun menikah.

5. Masa tua

Masa tua dapat disebut manula, yaitu manusia usia lanjut. Pada masa ini, pertumbuhan dari masa dewasa sudah berhenti dan organ-organ tubuh akan mengalami penurunan fisiologis. Beberapa hal yang dilakukan di usia muda tidak bisa dilakukan lagi di masa ini karena fungsi organ yang tidak bekerja secara maksimal. Berbagai macam penyakit akan sering timbul yang biasanya tampak tanda-tanda penuaan saat usia 40 tahun.



Baca juga: Komponen Biotik dan Abiotik Beserta Contohnya

Faktor Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Fase pertumbuhan dan perkembangan pada manusia pasti memiliki banyak faktor yang mempengaruhi prosesnya. Faktor tersebut merupakan hal yang penting dalam menjaga pertumbuhan dan perkembangan ke arah yang lebih baik dari sebelumnya. Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia telah melekat sejak dalam kandungan hingga kelahiran dan berubah seiring dengan kehidupan. Berikut beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia.

1. Keturunan

Faktor keturunan merupakan faktor yang tidak dapat diubah dalam pertumbuhan manusia. Hal ini berhubungan dengan gen yang diturunkan oleh orang tua sehingga sangat mempengaruhi pertumbuhan. Warisan genetik dalam pertumbuhan dapat meliputi bentuk tubuh, tinggi badan, warna mata, hingga penyakit turunan.

2. Nutrisi

Nutrisi dalam tubuh mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan sebab makanan yang kaya akan nutrisi yang seimbang dapat membantu manusia dalam proses pertumbuhan dan perkembangan secara optimal seperti kesehatan. Dengan begitu, masalah mengenai keturunan seperti penyakit bawaan dapat diminimalisir kemunculannya.

3. Lingkungan

Lingkungan dalam pertumbuhan dan perkembangan manusia memiliki peran penting. Peran lingkungan sekitar yang baik dapat memberikan pertumbuhan dan perkembangan manusia yang baik pula. Hal ini dapat meliputi hal-hal mengenai cara bersosialisasi, mengatur emosi, dan pembentukan kepribadian.

4. Pendidikan

Pendidikan perlu disadari keberadaannya dalam masyarakat untuk menyadari betapa pentingnya dalam membentuk pertumbuhan dan perkembangan pada manusia. Pendidikan yang baik akan memberikan efek positif pada kesehatan mental, emosional, kemampuan intelektual, hingga interaksi dengan sesama.

Baca juga: Komponen pada Ekosistem Kolam dan Contohnya

Demikian pembahasan mengenai fase makhluk hidup, khususnya manusia mengenai pertumbuhan dan perkembangannya. Semoga materi kali ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu semangat dalam belajar, ya.