Jika Tautan Rusak atau Halaman Error,

Hubungi Halaman "Kontak Admin"

×

Jenis-Jenis Sel Saraf Pada Manusia


Jenis-Jenis Sel Saraf – Sebagai bagian dari bagian dasar tubuh manusia yang penting, sistem saraf memiliki beberapa hal dasar yang perlu dipahami dengan baik. Tanpa adanya sistem saraf, seluruh aktivitas manusia dapat terganggu dan kegiatan sehari-hari tidak dapat dilakukan dengan baik. Misalnya saja, kegiatan berjalan hingga aktivitas mental semuanya bergantung pada sistem saraf. Dengan pemahaman mengenai sistem saraf akan menjadikan kita lebih paham bagaimana cara kerja dari sistem saraf di tubuh kita.

Pada dasarnya, sistem saraf memiliki hubungan dengan seluruh organ yang ada di tubuh manusia. Tempat sistem saraf pusat dapat diketahui di bagian otak, sumsum tulang belakang, dan beberapa tempat di seluruh organ tubuh. Hal ini menjadikan sistem saraf memiliki fungsi yang berbeda di setiap bagian-bagiannya.



Hal-hal dasar mengenai sistem saraf tentunya berhubungan dengan jenis sel sarafnya. Jenis sel saraf akan menjadi bagian dari pemahaman fungsi secara detil dan bagaimana sistem kerjanya dalam tubuh kita.

Baca juga: Penjelasan Tentang Ekosistem Buatan

Baca juga: Cara Menghitung Kalori Makanan Untuk Diet Sehat

Baca juga: Proses Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Pada kesempatan kali ini kalian akan mempelajari mengenai jenis-jenis sel saraf pada tubuh manusia. Berikut pembahasannya.

Jenis-Jenis Sel Saraf

Jika dilihat dari cara kerjanya, sistem saraf memiliki hal dasar dalam mengirim impuls kepada beberapa bagian di tubuh. Hal ini berhubungan dengan sel-sel saraf yang ada pada saraf sendiri dan memberikan hubungan dasar satu sama lain. Berikut akan diuraikan mengenai jenis-jenis dari sel saraf itu sendiri.

1. Sel Saraf Sensorik (Neuron Sensori)

Sel saraf sensorik merupakan bagian dari sel saraf yang berfungsi menyampaikan impuls (rangsangan) dari reseptor (penerima rangsangan) menuju ke sel saraf penghubung atau sistem saraf pusat (sumsum tulang belakang dan otak). Sel saraf ini mempunyai badan sel yang saling bergerombol membentuk ganglion dan juga sambung menyambung menuju sumsum tulang belakang.

2. Sel Saraf Penghubung (Neuron Intermediat)

Sel saraf penghubung dapat dikatakan sebagai sebuah sel saraf yang membentuk rantai penghubung antara sel saraf sensorik dan sistem saraf pusat. Dengan kata lain hubungan terjadi antara saraf pusat dengan sel saraf motorik. Sel saraf penghubung terdapat hampir di seluruh bagian tubuh dan juga menjadi lintasan impuls bagi koordinasi saraf.

3. Sel Saraf Motorik (Neuron Motor)

Sel saraf motorik merupakan sel saraf yang berfungsi mengirimkan impuls yang berupa perintah dari sistem saraf pusat menuju ke jaringan otot dan kelenjar untuk melakukan respon.