Rumus Usaha Fisika dan Contoh Soal


Rumus Usaha Fisika – Dalam kegiatan sehari-hari, kita pasti selalu melakukan usaha dengan menggunakan tenaga untuk mengubah posisi suatu benda. Pada dunia Fisika, usaha berfungsi dalam menentukan seberapa besar energi yang diperlukan untuk menggerakkan sebuah benda.



Usaha dapat dimaknai sebagai besarnya energi yang digunakan untuk merubah posisi yang diberikan oleh gaya pada benda ataupun objek. Usaha yang dikeluarkan oleh suatu objek pun didefinisikan sebagai perkalian antara jarak yang dilalui dengan gaya yang searah dengan perpindahan.

Pada pembahasan kali ini, kalian akan mempelajari secara singkat mengenai usaha dalam fisika. Berikut pembahasannya.

Pengertian Usaha dalam Fisika

Usaha berhubungan dengan ilmu fisika yang berkaitan dengan materi mekanika. Usaha dalam ilmu fisika dapat dimaknai sebagai besarnya energi atau gaya yang diberikan untuk memindahkan atau menggerakkan suatu benda atau objek.

Baca Juga: Rumus dan Pembahasan Massa Jenis Zat Cair

Baca Juga: Sifat Besi Secara Kimia dan Secara Fisika



Baca Juga: Rumus Dan Contoh Soal Koordinat Kartesius

Rumus Usaha

Usaha dalam Fisika dapat dilambangkan dengan W yang artinya adalah work dengan satuan Joule pada Joule adalah Newton tiap meternya. Cara mendapatkan besaran usaha adalah dengan mengalikan gaya dengan jarak yang diakibatkan oleh gaya. Gaya dinotasikan dengan F yang artinya adalah force dengan satuan Newton dan jarak dinotasikan dengan s yang artinya adalah space dengan satuan meter. Rumus usaha bisa dituliskan seperti berikut.

W = F. s

Gaya dan jarak adalah besaran vektor. Sesuai dengan aturan yang berlaku, apabila perkalian dot antar vektor maka akan dihasilkan besaran skalar. Dengan begitu dapat diambil kesimpulan bahwa usaha adalah besaran skalar.



Hubungan Usaha dengan Energi

Usaha juga berkaitan erat dengan perubahan energi. Beberapa perubahan dapat memiliki rumus masing-masing sebagai berikut.

1. Hubungan Usaha dengan Energi Potensial

Apabila benda di angkat dan mengalami perubahan posisi/jarak (perpindahan), maka besaran usaha yang dihasilkan adalah senilai dengan perubahan energi potensial yang terjadi sebagai berikut.

Keterangan:

W = Usaha

delta Ep = Perubahan energi potensial



m = massa

g = nilai gravitasi

h = ketinggian

Baca Juga: Notasi Ilmiah Fisika Kelas 10 SMA

Baca Juga: Ikatan Kovalen Tunggal dan Rangkap

2. Hubungan Usaha dengan Energi Kinetik

Apabila benda mengalami perubahan kelajuan menjadikan besaran usaha bisa didapatkan dari nilai perubahan energi kinetik yang terjadi pada benda sebagai berikut.

Keterangan:

W = Usaha

delta Ek = Perubahan energi kinetik

m = massa

v = kecepatan

3. Hubungan Usaha dengan Sudut

Selain menggunakan rumus-rumus usaha yang ada di atas. Kerap kali lo bakal nemuin kasus di mana ada benda yang dikenai gaya namun ada sudut di antara gaya dan jarak. Kalau lo nemuin kasus kayak yang tadi gue bilang, lo bisa pake rumus-rumus yang ada di bawah ini.



Leave a Comment