Letak Otot Polos dan Cara Kerjanya Lengkap


Letak dan Cara Kerja Otot Polos – Dalam tubuh manusia, terdapat otot yang memiliki fungsi penting pada tubuh. Otot dapat dikatakan sebagai alat gerak pada tubuh dan dapat dibagi menjadi dua, yaitu yaitu alat gerak aktif dan pasif. Mudahnya, alat gerak aktif dapat kita ketahui di otot dan alat gerak pasif terdapat di rangka atau tulang. Keduanya memiliki fungsi dan karakteristik tersendiri dalam tubuh manusia. Salah satu jenis otot adalah otot polos.



Otot polos merupakan otot yang dapat bekerja secara otomatis. Hal ini dapat dipahami bahwa sistem kerja otot tersebut diperintah langsung oleh otak dan kebutuhan tubuh. Jika dilihat dari persebarannya, otot polos memiliki sebaran hampir di seluruh tubuh. Otot polos memiliki beberapa tempat dan fungsi kerjanya menyesuaikan dengan tempatnya. Misalnya, otot polos pada sistem pencernaan berfungsi dalam mengatur makanan yang masuk ke sistem pencernaan.

Baca juga: Cara Menghitung IMT (Indeks Massa Tubuh)

Baca juga: Fungsi Otot Polos dan Cara Menjaganya Agar Berfungsi Normal

Baca juga: Cara Menghitung Kalori Makanan Untuk Diet Sehat

Kali ini akan ditampilkan materi mengenai otot polos berdasarkan letaknya dan sistem kerjanya di dalam tubuh manusia. Berikut pembahasannya.



Letak otot polos

Tidak seperti jenis-jenis otot lainnya, otot polos biasanya menempel pada organ-organ penting di dalam tubuh manusia, seperti rahim, saluran pencernaan, kandung kemih, area genital, pembuluh darah, paru-paru, kulit, dan mata. Dengan bersifat menempel, otot polos akan senantiasa mengikuti fungsi organ-organ tubuh sehingga kinerjanya menyesuaikan dengan kinerja organ tubuh.

Selain letaknya yang berada di organ tubuh, otot polos juga memiliki ciri yang berbeda dengan otot yang lainnya. Ciri yang paling jelas terlihat adalah tidak adanya garis melintang seperti yang terdapat pada otot rangka. Ciri lainnya ialah memiliki bentuk gelendong dengan dua ujung runcing dan satu inti yang berada di tengahnya.

1. otot polos: pembuluh darah, saluran pencernaan, kandung kemih, atau rahim

2. otot lurik: alat gerak (tangan, kaki)



3. otot jantung: jantung

Sistem kerja otot polos

Pada mekanisme kerja otot polos, perlu kita ketahui bahwa sifat dari otot polos adalah tidak mengikuti perintah otak layaknya otot rangka. Pasalnya, otot ini bekerja atau berkontraksi secara involunter (bekerja tanpa disadari dan bergerak atas berbagai rangsangan). Oleh karena itu, otot ini sering disebut sebagai otot tak sadar (otonom).

Baca juga: Faktor yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Manusia

Baca juga: Proses Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Baca juga: Zat Makanan dengan Energi Tertinggi Pada Satuan yang Sama





Leave a Comment