Cara Menghitung Kalori Makanan Untuk Diet Sehat


Cara Menghitung Kalori Makanan Untuk Diet – Jika membahas mengenai diet pasti akan berhubungan dengan porsi makanan yang dikonsumsi tentu perlu dikurangi. Tidak hanya dengan mengurangi porsi makanan, kamu juga dianjurkan untuk mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi.



Istilah defisit kalori memiliki beragam alasan yang bertujuan agar jumlah kalori yang dikonsumsi lebih sedikit dibandingkan kalori yang terbakar. Kalori sendiri adalah ukuran energi yang biasanya digunakan untuk mengukur kandungan energi pada makanan atau minuman.

Baca Juga: Contoh Soal Peluruhan Radioaktif

Baca Juga: Sumbu Simetri Bangun Datar pada Matematika

Baca Juga: Proses Perkembangbiakan Generatif pada Tumbuhan

Umumnya, kalori makanan dapat dimaknai sebagai jumlah energi yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu satu kilogram air sebesar 1 derajat celsius. Kalori yang biasa didapatkan dari makanan dan minuman berfungsi penting dalam menunjang fungsi tubuh seperti bernapas dan berpikir. Selain itu, kalori juga berperan penting dalam aktivitas sehari-hari seperti berjalan, berbicara dan makan.



Namun, kalori yang berlebihan harus membuat seseorang melaksanakan diet. Tenang saja, kali ini akan dibahas mengenai penghitungan kalori makanan untuk diet. Berikut pembahasannya.

Perhitungan Kalori

Penghitungan kalori pada makanan menjadi salah satu aspek penting dalam diet dan dapat dihitung secara sederhana. Kamu dapat kalikan berat badan saat ini dengan 15. Angka tersebut adalah kira-kira jumlah kalori per pon berat badan yang dibutuhkan untuk mempertahankan berat badan saat ini, jika kamu cukup aktif. Cukup aktif berarti melakukan setidaknya 30 menit aktivitas fisik sehari dalam bentuk olahraga. Misalnya seperti berjalan dengan langkah cepat, menaiki tangga, atau lari pagi).

Misalnya, seorang wanita dengan tinggi sekitar 150 sentimeter dengan berat 70 kilogram. Berarti, kamu perlu menurunkan sekitar 6,8 kilogram untuk kisaran berat badan yang sehat dan ideal. Penghitungannya, kamu dapat mengalikan 70 kilogram tersebut dengan 15 maka kamu akan mendapatkan hasil kalori yang dibutuhkan untuk menjaga berat badan saat ini.



Baca Juga: Membuat Berbagai Macam Grafik Di Codeigniter

Baca Juga: Macam Macam Bilangan Dalam Perhitungan Matematika

Baca Juga: Sifat Besi Secara Kimia dan Secara Fisika

Lalu, untuk menurunkan satu hingga dua pon seminggu, makanan yang dikonsumsi harus menyediakan 500 hingga 1.000 kalori lebih sedikit dari total jumlah kalori pemeliharaan berat badan. Jika dalam sehari kamu membutuhkan 2.325 kalori untuk mempertahankan berat badan saat ini, asupan kalori harus dikurangi hanya menjadi 1,325. Kamu juga perlu memperbanyak aktivitas setiap harinya jika kurang bergerak. Untuk melakukannya, kamu dapat mencoba 30 menit aktivitas fisik dan mengurangi setidaknya asupan 500 kalori.

Defisit Kalori

Defisit kalori menjadi bagian penting dari penurunan berat badan. Namun, defisit kalori bukanlah satu-satunya hal yang dapat memengaruhi berat badan. Misalnya, seseorang yang ingin menurunkan 1-2 pon per minggu perlu makan 500-1000 kalori lebih sedikit daripada jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh per harinya.





Leave a Comment