Masalah Pada Otot Polos dan Cara Menanganinya


Masalah yang Menyerang Otot Polos – Di dalam tubuh manusia, terdapat sistem otot yang dapat dirasakan keberadaannya dan dapat digerakkan secara sadar. Dasarnya, otot pada tubuh secara garis besar dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu otot polos, otot rangka, dan otot jantung. Ketiganya memiliki aturan bekerja yang berbeda, seperti pada otot rangka yang dapat kita control secara sadar, sedangkan otot polos dan jatung yang dapat bekerja secara otomatis.



Salah satu otot yang dapat bekerja secara otomatis adalah otot polos. Otot polos ini keberadaannya memiliki fungsi dan sangat membantu pada kegiatan manusia. Mislanya, proses buang air kecil, pernapasan, hingga sirkulasi darah. Dari fungsinya dapat kita pahami bahwa otot polos ini dapat terletak di beberapa bagian tubuh manusia.

Baca juga: Zat Makanan yang Tidak Perlu Dicerna Oleh Tubuh

Baca juga: Zat Makanan dengan Energi Tertinggi Pada Satuan yang Sama

Baca juga: Zat Makanan yang Berfungsi Sebagai Sumber Energi 

Berdasarkan pembagian tempatnya, otot polos dapat mengalami beberapa gangguan dan menimbulkan masalah pada tubuh. Kali ini akan ditampilkan materi mengenai beberapa gangguan yang dapat menyerang otot polos. Berikut pembahasannya.



Masalah yang dapat menyerang otot polos

Dalam beraktivitas, manusia mengandalkan otot untuk menggerakan anggota tubuhnya, seperti berdiri, berjalan, berlari, jongkok dan lain sebagainya. Gerakan-gerakan tersebut dapat terjadi karena otot menggerakan rangka manusia melalui kontraksi dan relaksasi. Sehingga, wajar bila otot disebut sebagai alat gerak aktif.

Layaknya otot secara keseluruhan, otot polos juga sangat penting dijaga kesehatannya agar cara kerja tidak terganggu. Pasalnya, bila cara kerjanya sudah terganggu tentu akan mempengaruhi fungsi otot secara keseluruhan sehingga akan berdampak pula pada kesehatan tubuh.

Seperti halnya pada jenis otot-otot yang lain, pada otot polos juga dapat terserang berbagai masalah kesehatan. Namun, beberapa masalah yang muncul akan beragam sesuai letak di mana otot polos itu berada. Berikut beberapa masalah yang dapat menyerang otot polos.

1. Gastroparesis

Gastroparesis merupakan gangguan otot polos yang terletak di saluran cerna, tepatnya di lambung. Hal ini akan membuat proses mencerna makanan jadi terganggu. Biasanya, munculnya kondisi ini ditandai dengan gejala berupa mual, muntah, kembung, dan mudah kenyang.



2. Leiomyosarcoma (LMS)

Gangguan ini merupakan jenis kanker ganas yang menyerang sel-sel otot polos. Biasanya, jenis kanker ini sering menyerang otot polos yang berada di dinding rahim dan saluran cerna. Munculnya kondisi ini umumnya ditandai dengan perut kembung, pembengkakan di bawah kulit, berat badan menurun, demam, hingga kelelahan.



Leave a Comment