Zat Makanan yang Berfungsi Sebagai Sumber Energi 


Zat Makanan Sebagai Sumber Energi  – Aktivitas padat acapkali menyebabkan tubuh kita lelah dan letih. Pengembalian energi setelah sehari penuh beraktivitas dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi tinggi. Kandungan gizi pada suatu makanan sangat berperan penting untuk membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Makanan bergizi tinggi sangat penting untuk dikonsumsi. Hal ini diperlukan untuk pemenuhan gizi melalui makanan sehat mampu membantu metabolisme tubuh lebih kuat dalam beraktivitas. Dengan kata lain, tubuh kita selalu membutuhkan asupan energi sebagai ‘bahan bakar’ untuk melakukan kegiatan.



Baca Juga: Materi Tentang Bangun Ruang Sisi Datar

Baca Juga: Volume Benda Putar, Rumus, dan Contoh Soal

Baca Juga: Rantai Makanan di Sawah, Gambar, dan Contohnya

Untuk itu, pada pembahasan kali ini kalian akan mengetahui beberapa zat makanan yang berfungsi sebagai sumber energi. Berikut penjelasannya.

Karbohidrat

Karbohidrat menjadi unsur zat makanan sebagai sumber energi utama bagi makhluk hidup, seperti manusia dan hewan. Zat ini berperan menghasilkan energi utama dalam tubuh. Karbohidrat menjadi salah satu unsur gizi yang diperhitungkan dan dikaitkan dengan pemenuhan kalori.

Tidak hanya sebagai penghasil energi, karbohidrat juga berfungsi memberi rasa manis pada makanan, mengatur metabolisme lemak pada tubuh, menghemat protein, dan membantu proses pengeluaran feses.

Dalam menemukan unsur karbohidrat pada makanan contohnya dapat diambil dari beras, jagung, sagu, gandum, kacang-kacangan, dan buah-buahan. Tidak hanya ditemukan pada tumbuhan, karbohidrat juga dapat ditemukan pada daging dan hati hewan dalam bentuk glikogen.

Namun, setelah hewan disembelih, glikogen akan terurai sehingga di dalam daging karbohidratnya menjadi habis.

Protein

Protein adalah zat yang tersusun dari oksigen (O), karbon (C), hidrogen (H), dan nitrogen (N). Protein berfungsi dalam pembentukan dan perbaikan jaringan tubuh secara keseluruhan, seperti hormon, darah, rambut, enzim, dan kuku.

Protein juga dapat membantu tubuh untuk menyeimbangkan kadar asam dan basa pada darah. Selain itu, unsur makanan yang satu ini juga membantu keseimbangan air dalam tubuh.

Berdasarkan sumber asalnya, protein dapat ditemukan pada kacang-kacangan, gandum, dan protein hewani seperti telur, daging, susu, keju, ikan, dan sebagainya.

Baca Juga: Nilai Sin Cos Tan 53 dan 37 Derajat

Baca Juga: Belajar Materi Himpunan Kelas 7 SMP

Baca Juga: Penjelasan Tentang Ekosistem Buatan

Lemak

Lemak dalam tubuh dapat memberikan tenaga. Satu gram lemak dinilai mampu menghasilkan sembilan kalori. Konsumsi makanan dengan kandungan lemak sebanyak 15-30 persen dari kebutuhan energi total juga dianggap baik untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, lemak juga berfungsi sebagai zat pelarut beberapa vitamin seperti vitamin A, D, E, dan K. Dengan adanya lemak, vitamin bisa terserap dengan baik oleh usus.

Adanya kandungan lemak pada makanan membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Selain itu, lemak memberi rasa gurih pada makanan.



Leave a Comment