Mengenal Jenis-Jenis Paku Purba


Jenis Paku Purba –  Tumbuhan paku merupakan salah satu tumbuhan yang sering kita temukan di gunung, tepatnya di hutan-hutan. Namun, beberapa tumbuhan paku ada yang tumbuh liar di sekitar rumah dan bergantung pada kondisi tempatnya untuk tumbuh.



Tumbuhan paku disebut juga sebagai pteridophyta dan masuk ke dalam kingdom Plantae. Paku-pakuan adalah kelompok tumbuhan dengan pembuluh sejati, tetapi tidak menghasilkan biji dalam proses reproduksinya. Dalam menyebarkan benihnya, paku melepaskan spora yang persis dilakukan oleh tumbuhan lumut.

Umumnya, tumbuhan paku hidup dengan menumpang ke tumbuhan lain. Namun, tumbuhan paku tidak termasuk tumbuhan yang bersifat parasit. Dengan begitu, tanaman paku akan memiliki pengaruh pada sebuah ekosistem meskipun jenisnya banyak sekali.

Baca Juga: Ciri-Ciri Tumbuhan Gymnospermae dan Proses Reproduksi

Baca Juga: Penjelasan Tentang Ekosistem Buatan

Baca Juga: Proses Perkembangbiakan Generatif pada Tumbuhan



Salah satu jenis tumbuhan paku yang kini sudah jarang ditemui adalah jenis paku purba. Pada kesempatan kali ini kalian akan mempelajari mengenai jenis paku purba. Berikut pembahasannya.

Tumbuhan paku secara umum

Tumbuhan paku biasa disebut dengan pakis-pakisan yang menjadi kelompok tumbuhan dengan memiliki jaringan pembuluh xilem dan floem, namun tidak berbiji. Tumbuhan paku menggunakan spora sebagai alat perbanyakan generatifnya. Secara umum, ciri-ciri tumbuhan paku sebagai berikut.

  1. Tubuh utama tumbuhan paku adalah sporofit.
  2. Tumbuhan paku sudah dapat dibedakan akar, batang, dan daunnya.
  3. Termasuk dalam tumbuhan yang memiliki berkas pembuluh angkut berupa xilem dan floem.
  4. Berkembang biak dengan spora yang terbentuk pada sporangium.
  5. Mengalami metagenesis.
  6. Alat reproduksi jantan pada tanaman paku disebut anteridium, sedangkan betina disebut arkegonium.
  7. Daun yang masih muda akan menggulung.
  8. Penampilan luarnya ada yang berupa pohon, semak, epifit, merambat, mengapung, hidrofit, dan menjalar.

Jenis paku purba

Sesuai namanya, paku purba merupakan jenis tumbuhan paku yang sudah hidup sejak zaman purba karena telah ditemukannya bentuk fosil dari paku ini. Paku purba menjadi bagian tumbuhan paku yang diklasifikasikan sebagai  Psiplosida. Psilopsida merupakan tumbuhan paku dengan struktur tubuh yang sederhana. Rantingnya bercabang-cabang dan terdapat bulu-bulu halus yang menyelimuti tubuhnya. Psilopsida yang disebut juga sebagai paku purba memiliki akar serabut halus yang juga disebut sebagai akar semu. Akar tersebut berfungsi sebagai perekat pada tumbuhan lain. Ciri-ciri psilopsida ini adalah habitatnya di daerah beriklim tropis dan subtropis. Tanaman ini bersifat homospora, memiliki daun mikrofil dengan batang berklorofil, dan tidak memiliki daun sejati.

Baca Juga: Rantai Makanan di Sawah, Gambar, dan Contohnya



Baca Juga: Komponen Biotik dan Abiotik Beserta Contohnya



Leave a Comment