Komponen Biotik dan Abiotik Beserta Contohnya


Komponen Biotik dan Abiotik Beserta Contohnya – Sebuah kehidupan makhluk hidup biasanya tercipta berdasarkan ekosistem. Ekosistem umumnya menjadi sebuah wadah yang memberikan naungan bagi makhluk hidup untuk menjalankan kehidupannya. Dalam hal ini, ekosistem dapat bermakna sebuah sistem ekologi yang dibentuk dari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya. Ekosistem juga bisa dimaknai sebagai tatanan kesatuan utuh dan menyeluruh yang terjadi antara unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi.



Ekosistem menjadi suatu sistem ekologi yang terbentuk akibat adanya hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Lingkungan ini dapat tercipta berdasarkan proses alam maupun buatan manusia. Dengan begitu, adanya lingkungan ini dapat berfungsi sebagai suatu satuan ekologi dalam sebuah wadah yang disebut ekosistem.

Baca juga: Komponen pada Ekosistem Kolam dan Contohnya

Dalam sebuah ekosistem, tentunya memerlukan komponen yang dapat dijadikan sebagai penghuni suatu tempat. Sebuah ekosistem tentunya dapat tercipta apabila memiliki beragam komponen di dalamnya, baik jenis ekosistem di darat maupun di air. Baik ekosistem darat ataupun air memiliki komponen penyusun yang biasanya terdiri dari dua komponen utama, yaitu komponen biotik (makhluk hidup) dan komponen abiotik (komponen tak hidup).

Pada pembahasan kali ini, kalian akan mempelajari mengenai komponen penyusun ekosistem. Dapat kita ketahui di atas bahwa komponen ekosistem dibagi menjadi dua jenis, yaitu komponen biotik dan komponen abiotik. Berikut pemaparannya.

Baca juga: Proses Perkembangbiakan Generatif pada Tumbuhan

Komponen Biotik

Komponen biotik adalah salah satu komponen yang dapat menciptakan sebuah ekosistem. Komponen biotik dapat meliputi semua makhluk hidup di bumi, baik tumbuhan,hewan maupun manusia. Dalam ekosistem, tumbuhan berperan sebagai produsen, hewan berperan sebagai konsumen, dan mikroorganisme berperan sebagai dekomposer.

Dengan adanya komponen biotik, suatu ekosistem dapat membentuk rantai makanan yang berhubungan mengenai proses makan memakan dari tumbuhan atau produsen ke konsumen tingkat awal menuju konsumen tingkat akhir hingga diuraikan oleh dekomposer atau pengurai. Komponen ekosistem biotik dapat dibagi jenisnya menjadi 3 berdasarkan cara mendapatkan makanannya. Berikut penjelasannya.



1. Produsen atau autotrof

Produsen dapat dikatakan sebagai organisme autotrof adalah komponen biotik atau makhluk hidup yang mampu menghasilkan makanannya sendiri. Dengan kata lain, yang termasuk sebagai produsen adalah tumbuhan. Hal ini karena tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri lewat proses fotosintesis. Hal tersebut memungkinkan karena tumbuhan memiliki klorofil dan bisa mendapatkan karbondioksida, air, dan sinar matahari sebagai syarat melakukan fotosintesis.

Baca juga: Cara Menghitung Tetesan Infus Makro Dan Mikro

2. Konsumen atau heterotrof

Konsumen dapat disebut sebagai organisme heterotrof yang memiliki makna mengenai komponen biotik atau makhluk hidup yang tidak dapat menghasilkan makanannya sendiri dan bergantung pada organisme lain sebagai bahan makanan. Hewan termasuk sebagai konsumen atau organisme heterotrof ini.



Leave a Comment