Komponen Biotik dan Abiotik Beserta Contohnya


Komponen Biotik dan Abiotik Beserta Contohnya – Sebuah kehidupan makhluk hidup biasanya tercipta berdasarkan ekosistem. Ekosistem umumnya menjadi sebuah wadah yang memberikan naungan bagi makhluk hidup untuk menjalankan kehidupannya. Dalam hal ini, ekosistem dapat bermakna sebuah sistem ekologi yang dibentuk dari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya. Ekosistem juga bisa dimaknai sebagai tatanan kesatuan utuh dan menyeluruh yang terjadi antara unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi.

Ekosistem menjadi suatu sistem ekologi yang terbentuk akibat adanya hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Lingkungan ini dapat tercipta berdasarkan proses alam maupun buatan manusia. Dengan begitu, adanya lingkungan ini dapat berfungsi sebagai suatu satuan ekologi dalam sebuah wadah yang disebut ekosistem.



Baca juga: Komponen pada Ekosistem Kolam dan Contohnya

Dalam sebuah ekosistem, tentunya memerlukan komponen yang dapat dijadikan sebagai penghuni suatu tempat. Sebuah ekosistem tentunya dapat tercipta apabila memiliki beragam komponen di dalamnya, baik jenis ekosistem di darat maupun di air. Baik ekosistem darat ataupun air memiliki komponen penyusun yang biasanya terdiri dari dua komponen utama, yaitu komponen biotik (makhluk hidup) dan komponen abiotik (komponen tak hidup).



Leave a Comment