Faktor yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Manusia


Faktor yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Manusia – Tumbuh dan berkembang merupakan salah satu hal yang menjadikan sebuah ciri-ciri dari makhluk hidup. Kedua proses ini terjadi bersamaan dan berhubungan satu sama lain. Namun, perlu dipahami bahwa pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua proses yang berbeda. Secara umum, pertumbuhan pada manusia dapat ditandai dengan bertambahnya ukuran berat dan tinggi pada tubuh, sedangkan perkembangan ditandai dengan bertambahnya kemampuan fisik dan organ-organ dalam tubuh manusia. Namun, keduanya menjadi sebuah proses yang harus terjadi agar kehidupan makhluk hidup terus berlanjut dan merupakan proses yang berjalan sejajar serta berdampingan.



Pertumbuhan dan perkembangan dalam makhluk hidup merupakan sebuah proses biologi. Hal ini pun terjadi pada manusia yang menjadi bagian dari makhluk hidup. Pada manusia sendiri, terdapat berbagai parameter dalam pengukuran pertumbuhan dan perkembangannya sehingga berbeda dengan makhluk hidup yang lain seperti tanaman atau hewan.

Dalam prosesnya, pertumbuhan dan perkembangan memiliki banyak faktor yang mempengaruhi prosesnya. Faktor tersebut merupakan hal yang penting dalam menjaga pertumbuhan dan perkembangan ke arah yang lebih baik dari sebelumnya. Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia telah melekat sejak dalam kandungan hingga kelahiran dan berubah seiring dengan kehidupannya.

Baca juga: Proses Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Baca juga: Penjelasan Tentang Ekosistem Alami

Pada pembahasan kali ini, kalian akan mempelajari mengenai fase yang terjadi pada manusia mengenai pertumbuhan dan perkembangan dengan berbagai faktor yang mempengaruhinya. Berikut pembahasannya.

Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Setiap makhluk hidup pasti akan melalui proses yang dinamakan tumbuh dan berkembang. Pertumbuhan dan perkembangan ini pasti terjadi secara bertahap serta dapat berbeda setiap prosesnya, mulai dari ukuran, berat dan tinggi, hingga kemampuan yang tidak berhubungan dengan fisik saja. Hal ini pun juga terjadi pada manusia dengan beragam prosesnya yang jelas berbeda dari makhluk hidup lainnya.

Dalam pertumbuhan dan perkembangan manusia, secara sederhana terdapat empat bidang yang dapat dijadikan sebagai patokan telah terjadinya proses tersebut. Hal-hal yang menjadi bahasan pada pertumbuhan dan perkembangan tentunya akan memiliki keterkaitan dan berperan penting dalam faktor terjadinya pertumbuhan dan perkembangan. Berikut pembahasannya.



1. Fisik

Fisik merupakan salah satu hal yang dapat dijadikan sebagai patokan adanya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup, tak terkecuali pada manusia. Pada manusia fisik berhubungan dengan pertumbuhan yang mengacu pada perubahan tubuh seseorang. Seseorang yang fisiknya berubah dapat diukur dengan menggunakan angka seperti pada perhitungan berat dan tinggi badan seseorang.



Leave a Comment