Contoh Soal Gerak Parabola Kelas 10


Soal Gerak Parabola Pelajaran Fisika Kelas 10 – Salah satu jenis gerak yang memiliki lintasan yang unik adalah gerak parabola. Dinamakan gerak parabola karena gerak ini memiliki lintasan yang berbentuk parabola. Meskipun berbentuk parabola, gerak ini menjadi perpaduan dari gerak gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) yang berhubungan dengan konsep gerak lurus.

Perpaduan gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) menjadikan gerak parabola memiliki sudut-sudut yang mengaturnya. Sudut ini dapat membentuk sudut elevasi dengan sumbu x atau sumbu y. Sumbu x (horizontal) merupakan GLB dan sumbu y (vertikal) merupakan GLBB.



Penerapan gerak parabola sering ditemukan di keseharian kita. Misalnya, pada bola yang dilempar dari menara yang tinggi akan dapat mencapai ketinggian tertentu sebelum turun karena tertarik gaya gravitasi. Gerak yang dialami oleh bola ini disebut dengan gerak parabola.

Baca Juga: Rumus GLBB atau Gerak Lurus Berubah Beraturan

Baca Juga: Rumus Gas Ideal, Pembahasan dan Contoh Soal

Baca Juga: Cara Menghitung Kebutuhan Besi Beton

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai materi gerak parabola dan beberapa contoh soalnya. Berikut pembahasannya.

Konsep gerak parabola

Gerak parabola dapat disebut dengan gerak peluru. Gerak parabola memiliki lintasan yang berbentuk parabola dan tidak bergerak lurus. Beberapa kegiatan sehari-hari berhubungan dengan gerak parabola seperti ketika melemparkan bola atau gerakan yang dilakukan oleh seseorang yang sedang maju dan melemparkan sebuah benda.

Gerak ini tercipta atas perpaduan gerak arah horizontal pada sumbu x dan gerak vertical pada sumbu y. Ketika gerak ini terjadi, dapat diasumsikan tidak ada hambatan udara yang mempengaruhi, namun ketika benda mulai jatuh akan ada percepatan yang terjadi karena terpengaruh gaya gravitasi.

Contoh Soal

1. Peluru ditembakkan condong ke atas dengan kecepatan awal v = 1,4 × 10−3m/s dan mengenai sasaran yang jarak mendatarnya sejauh 2 × 1052 × 105 m. Bila percepatan gravitasi 9,8 m/s2 maka elevasinya adalah nn derajat sebesar… .

Pembahasan:

Jarak horizontal terjauh untuk contoh soal gerak parabola sebagai berikut.

Baca Juga: Rumus Kesebangunan Bangun Datar

Baca Juga: Rumus Viskositas Kinematis Air dan Contoh Soal



Leave a Comment