Rumus GLBB atau Gerak Lurus Berubah Beraturan


Rumus GLBB – Gerak lurus berubah beraturan atau GLBB merupakan sebuah gerak yang lintasannya di garis lurus dan dengan kecepatan yang berubah beraturan. Gerak lurus berubah beraturan juga diartikan sebagai gerak lurus suatu obyek. Hal ini karena kecepatannya berubah terhadap waktu karena adanya percepatan yang konstan atau tetap. Akibat adanya percepatan rumus jarak yang ditempuh tidak lagi linier, tetapi kuadratik.



Selain itu, gerak lurus berubah beraturan dapat dijelaskan sebagai gerak lurus pada benda dengan arah mendatar dengan kecepatan v yang berubah-ubah setiap saat dikarenkan adanya percepatan yang konstan atau tetap.

Baca Juga: Penjelasan Bagian-Bagian Lingkaran

Baca Juga: Pembahasan Rumus Diferensial (Turunan)

Baca Juga: Rumus dan Pembahasan Massa Jenis Zat Cair

Dengan istilah lain benda yang melakukan gerak dari diam atau mulai dengan kecepatan awal akan berubah kecepatannya karena ada percepatan (a= +) maupun perlambatan (a= –). Gerak lurus berubah beraturan juga diartikan sebagai gerak benda pada suatu lintasan garis lurus dengan percepatan tetap.



Pada pembahasan kali ini akan diuraikan mengenai gerak lurus berubah beraturan  atau GLBB. Berikut pembahasannya.

Gerak Lurus Berubah Beraturan 

Gerak lurus berubah beraturan bahwasanya dimulai dari waktu ke waktu kecepatan benda mulai berubah. Semakin lama, semakin cepat, atau lambat dapat berhubungan dengan gerakan benda tersebut dari waktu ke waktu mengalami percepatan ataupun perlambatan.

Contoh benda yang bisa dikatakan melakukan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) seperti berikut.

  1. Benda itu jatuh bebas. Benda jatuh bebas dari ketinggian tertentu, semakin lama kecepatannya pun semakin besar seperti buah jatuh dari pohon.
  2. Naik sepeda tanpa di kayuh pada jalanan yang dikategorikan menurun. Sepeda akan bergerak semakin lama maka akan semakin cepat.
  3. Naik mobil pada jalan dengan jalan yang lurus dengan menginjak pedal gas teratur. Gerak mobil semakin lama semakin cepat atau kebut

Rumus Gerak Lurus Berubah Beraturan 

Suatu benda dapat dikatakan sebagai benda bergerak lurus berubah beraturan apabila memiliki karakteristik sebagai berikut.



  1. Lintasannya garis lurus
  2. Kecepatan benda berubah-ubah secara teratur
  3. Percepatan benda tetap

Dalam pengerjaannya dapat menggunakan rumus berikut.

Baca Juga: Rumus Rumus Persamaan Kuadrat dan Contoh Soal

Baca Juga: Rangkuman Materi Polinomial Kelas 11

Baca Juga: Macam Macam Bilangan Dalam Perhitungan Matematika



Itu dia pembahasan singkat mengenai gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat.



Leave a Comment