Rumus Viskositas Kinematis Air dan Contoh Soal


Viskositas Kinematis Air – Pembahasan mengenai viskositas tidak akan terlepas dari pedoman dari hukum Newton. Hal ini berhubungan dengan laju kecepatan normal aliran dan salah satunya membahas mengenai viskositas. Tentunya, viskositas sendiri akan membahas mengenai suatu cairan yang berhubungan dengan air.



Viskositas dapat dikatakan sebagai cara dalam menyatakan berapa daya tahan dari aliran yang diberikan oleh suatu cairan. Beberapa hal mengenai viskositas digunakan untuk mengukur kecepatan cairan yang mengalir dari satu tempat ke tempat lain. Dengan begitu, viskositas dapat dinyatakan sebagai kekentalan dari suatu cairan atau fluida.

Baca Juga: Rumus dan Pembahasan Massa Jenis Zat Cair

Baca Juga: Cara Menghitung Debit Air Yang Benar

Baca Juga: Satuan Jumlah Zat dan Alat Ukur

Pada pembahasan kali ini kalian akan mempelajari viskositas yang berhubungan dengan kinematis air. Berikut pembahasannya.



Viskositas kinematis

Viskositas sendiri berhubungan dengan suatu cara untuk menerangkan berapa daya tahan dari aliran yang diberikan kepada suatu cairan. Alat ukurnya dinamakan viskometer yang dapat digunakan dalam mengukur kecepatan suatu cairan yang mengalir melalui pipa gelas (gelas kapiler). Definisi yang lain dari viskositas adalah ukuran yang menyatakan kekentalan  dari suatu cairan atau fluida.

Viskositas dapat dibagi menjadi dua, salah satunya adalah viskositas kinematis. Viskositas kinematis merupakan suatu rasio antara viskositas absolut untuk kepadatan (densitas) dengan jumlah dimana tidak ada kekuatan yang terlibat. Viskostatis kinematik dapat dihitung dengan membagi viskositas absolut cairan dengan densitas masa cairan.

Rumus Viskositas Kinematis

v = µ/ᵨ

Keterangan :



v = viskositas kinematis satuan (m2/s)

µ = viskositas absolut / dinamis satuan (Ns/m2)

ᵨ = densitas satuan(kg/m3).

Dalam sistem SI atau (satuan internasional) satuan viskositas kinematis ialah m2 /s atau Stoke (St) yang dapat dimaknai sebagai berikut.

1 st (stoke) = 10-4 m2/s = 1 cm2/s



Baca Juga: Struktur Lewis Asam Sulfat H2SO4

Baca Juga: Mengenal Asam Karboksilat, Tata Nama dan Sifat-Sifatnya

Baca Juga: Contoh Soal Reaksi Hidrokarbon dan Pembahasan

Dengan pemaknaan Stoke merupakan satuan unit yang besar maka harus dibagi dengan angka 100 agar menjadi unit yang lebih kecil dan menjadi centiStoke (cSt). Dengan begitu, hal ini akan berubah menjadi seperti berikut.

1St = 100cSt
1cSt = 10-6m2/s = 1mm2/s

Misalnya, pada berat jenis air pada suhu 20,2C (68,4F) yakni hampir satu dan viskositas kinematik air pada suhu 20,2C (68,4F) ialah praktis 1,0mm2/s (cSt). Lebih tepatnya, viskositas kinematis untuk air pada 20,2C (68,4F) adalah mm2/s (cSt).

Dengan begitu, untuk lebih jelasnya akan ditampilkan contoh konversi dari viskositas mutlak ke viskositas kinematik dalam satuan imperial sebagai berikut.



Leave a Comment