Rumus dan Pembahasan Massa Jenis Zat Cair


Menentukan Massa Jenis Zat Cair – Massa jenis sering kita dengar pada bagian-bagian dari sebuah benda dalam membandingkan massa zat dan volumenya. Selain itu, massa jenis menjadi suatu zat yang dapat membedakan sebuah benda, mulai dari aturan temperatur hingga tekanan.  Semakin tinggi temperatur zat maka massa jenisnya akan berkurang dan semakin tinggi tekanan yang diberikan pada suatu zat maka massa jenisnya juga akan semakin tinggi. Dengan begitu, satu benda dengan satu benda lainnya pasti memiliki pembagian massa bendanya yang berhubungan pula dengan volumenya.



Baca juga: Komponen Biotik dan Abiotik Beserta Contohnya

Baca juga: Rumus Periode Gelombang dan Contoh Soal

Namun, perlu dipahami lebih lanjut bahwa massa dan massa jenis merupakan dua hal yang berbeda. Massa pada sebuah benda dapat diartikan sebagai jumlah partikel yang ada di suatu benda, sedangkan massa jenis adalah suatu ukuran untuk menunjukkan kerapatan dan kepadatan suatu partikel tersusun.

Banyak sekali macam benda-benda yang memiliki massa jenis dan memiliki karakteristik tersendiri. Salah satunya adalah massa jenis benda cair yang tentunya berbeda dengan benda-benda lainnya.

Pada pembahasan kali ini, kalian akan mempelajari mengenai massa jenis zat cair. Berikut pembahasannya.



Dasar massa jenis zat cair

Pemahaman mengenai massa jenis berhubungan dengan pengukuran massa setiap satuan volume benda. Massa jenis pada benda rata-rata merupakan total massa dibagi dengan total volumenya. Hal ini akan membuat suatu kerapatan zat yang dilambangkan dengan ρ (rho), yakni hasil bagi massa zat oleh volumenya. Hal ini sesuai dengan sifat utama dari suatu zat, yakni massa dan volume.

Pada massa jenis zat cair tentunya berhubungan dengan air berhubungan dengan kerapatannya. Kerapatan air adalah 1,00 g/ml pada 4oC. Sistem perhitungan untuk kerapatan larutan didasari pada nilai ini. Untuk menghitung nilai kerapatan suatu larutan, umumnya larutan itu dibandingkan dengan air. Hal ini memudahkan untuk melihat apakah suatu larutan akan bercampur atau tidak, karena dua larutan dengan kerapatan yang sangat berbeda biasanya tidak dapat bercampur.

Umumnya, rumus massa jenis benda dapat berbeda meskipun memiliki bahan yang penyusunnya mempunyai ukuran sama. Hal ini juga dapat dipengaruhi dengan adanya massa jenis yang bergantung pada besar massa dan volumenya. Persamaan yang dapat digunakan untuk menghitung massa jenis seperti berikut.

Baca juga: Satuan Jumlah Zat dan Alat Ukur



Baca juga: Contoh Soal dan Rumus Transformator

P = M : V

Keterangan:

ρ = massa jenis (kg m-3)
m = massa zat (kg)
V = volume zat (m3)



Leave a Comment