Rumus Periode Gelombang dan Contoh Soal


Rumus Periode Gelombang dan Contoh Soal – Dalam pembelajaran fisika, kalian akan menemukan mengenai materi periode yang menjadi unsur pentingnya. Istilah periode dalam fisika akan membahas mengenai beberapa hal, salah satunya tentang gelombang. Secara umum, periode dalam gelombang dapat kita katakan sebagai waktu. Tentunya, sebuah gelombang akan dapat kita hitung waktunya berdasarkan rumus-rumus periode.



Periode dalam materi fisika dapat diartikan sebagai lama waktu yang digunakan dalam melakukan satu getaran atau gelombang. Periode dapat dilambangkan dengan T berdasarkan satuan detik atau sekon (s). Nah, periode ini memang berhubungan erat dengan frekuensi (f).

Baca juga: Rumus Periode Getaran dan Frekuensi Getaran

Gelombang sendiri dapat dimaknai sebagai getaran yang merambat atau berjalan. Getaran yang merambat ini dapat dilalui berdasarkan medium yang berupa zat padat, cair, maupun gas. Berdasarkan bentuk idealnya, gelombang akan mengikuti gerak sinusoide yang berbentuk osilasi halus berulang. Selain berdasarkan radiasi elektromagnetik, gelombang dapat menggunakan medium yang dapat berjalan dan dapat memindahkan energi dari satu tempat ke tempat lain. Namun, perpindahan ini tidak akan mengakibatkan partikel medium berpindah secara permanen.

Baca juga: Rumus Periode Bandul Dan Pegas

Pada pembahasan kali ini, kalian akan mempelajari hal-hal dasar mengenai periode, khususnya dalam pembahasan periode gelombang. Selain mempelajari rumus-rumusnya, akan dipaparkan beberapa contoh soal dan pembahasannya. Berikut pembahasannya.

Pengertian Gelombang

Gelombang dapat didefinisikan sebagai sebuat getaran yang merambat dari suatu titik ke titik lainnya melalui suatu media atau ruang hampa. Getaran yang merambat ini dapat menghantarkan energi dan bergerak berdasarkan kecepatan tertentu dan tidak menyeret materi atau media yang dilewatinya. Dengan begitu, gelombang perlu dicari perhitungannya karena dapat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya, kita dapat mengetahui gelombang dengan berbagai media atau benda. Mulai dari permukaan air, bunyi suara, hingga cahaya dan gempa. Bahkan kita sendiri dapat mengeluarkan gelombang dengan suara yang kecil yang dapat menciptakan gelombang bunyi yang merambat melalui udara sehingga terdengar.



Baca juga: Contoh Soal Peluruhan Radioaktif

Cara kerja gelombang dapat kita pahami berdasarkan gambar berikut.

Keterangan:

  1. Titik B-B’ adalah amplitudo (simpangan terbesar).
  2. Titik B-F dan titik D-H adalah satu panjang gelombang.
  3. Titik A-I adalah panjang tali. Titik A-B-C dan E-F-G adalah bukit.
  4. Titik C-D-E dan E-F-G adalah lembah.
  5. Satu gelombang terdiri dari satu bukit dan satu lembah. Hubungan antara panjang tali dengan panjang gelombang adalah: nλ = l. n adalah banyak gelombang, λ adalah panjang gelombang dan l adalah panjang tali.
  6. Periode gelombang (T) adalah t/n.

Baca juga: Contoh Soal Peluruhan Matematika SMA Kelas 10

Gelombang sendiri dapat dibagi berdasarkan beberapa macam dengan adanya medium perambatan dan arah getar rambat. Berikut akan diuraikan mengenai macam-macam gelombang.



1. Berdasarkan medium perambatannya

Berdasarkan medium perambatannya, gelombang dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu gelombang mekanikenis dan gelombang elektromagnetik. Gelombang mekanikenis merupakan gelombang yang dalam perambatannya memerlukan medium, contohnya gelombang bunyi dan gelombang tali. Gelombang elektromagnetik merupakan jenis gelombang yang dalam perambatannya tidak memerlukan medium, contohnya gelombang cahaya

2. Berdasarkan arah getar dan arah perambatannya

Berdasarkan arah getar dan arah perambatannya, gelombang dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu gelombang transversal dan longitudinal. Gelombang transversal merupakan gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambatannya, contohnya gelombang tali dan gelombang cahaya. Gelombang longitudinal merupakan gelombang yang arah getarannya searah dengan arah rambatannya, contohnya gelombang bunyi.



Leave a Comment