Contoh Soal dan Rumus Transformator


Contoh Soal dan Rumus Transformator – Trafo merupakan alat yang digunakan untuk mengubah tegangan listrik yang dapat bolak-balik menjadi lebih besar atau menjadi lebih kecil. Trafo dapat kita lihat di tiang listrik dengan bentuknya yang kotak atau bulat. Trafo juga ada di dalam rumah dan biasanya diterapkan pada lampu neon.

Biasanya, trafo yang ada di lampu neon dapat difungsikan sebagai penurunan tegangan listrik dari PLN. Umumnya, trafo dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu trasformator step-up dan transformator step down. Penerapan trasformator contohnya  ketika kalian bermain game nintendo akan membutuhkan tegangan 80 volt namun tegangan listrik di dalam rumah mempunyai tegangan 110 volt sehingga kalian akan membutuhkan transformator untuk mengubah (transform) listrik rumah sebesar 110 volt menjadi hanya 80 volt.



Baca juga: Pembahasan Rumus Diferensial (Turunan)

Baca juga: Perkalian Vektor Matematika dan Contoh Soal

Kali ini, kalian akan mempelajari mengenai transformator berdasarkan kinerja dan rumus-rumusnya. Berikut pembahasannya.

Prinsip Kerja Transformator

Transformator dapat dimaknai sebagai alat yang dapat digunakan untuk memindahkan tenaga listrik di antara dua rangkaian atau lebih melalui induksi elektromagnetik. Transfo dapat bekerja dengan prinsip induksi elektromagnet yang hanya dapat bekerja dalam tegangan arus bolak-balik atau alternate current.

Di dalam pendistribusian tenaga listrik, trafo memiliki peranan yang sangat penting, sebab dapat menaikkan listrik yang berasal dari pembangkit listrik oleh PLN hingga ratusan kilo Volt untuk didistribusikan.Secara umum, transformator memiliki 3 bagian seperti berikut:

  1. Kumparan primer (Np) adalah tempat masukkan tegangan mula-
  2. Kumparan sekunder (Ns) adalah tempat dialirkannya tegangan hasil.
  3. Inti besi (inti magnetik) terbuat dari bahan lapisan plat dinamo yang disusun berlapis-

Umumnya, tranformator dapat bekerja dengan cara mengubah tegangan dengan memakai dua sifat listrik., yaitu saat listrik mengalir terhadap kumparan dan memunculkan medan magnet serta dengan perubahan medan magnet yang akan memunculkan GGL induksi.



Leave a Comment