Garis Berpotongan Kelas 4 SD dan Contoh Soal


Garis Berpotongan Adalah – Geometri merupakan bagian dari ilmu matematika yang menjelaskan mengenai hubungan dari titik, garis, bangun, dan sudut. Empat objek dalam geometri ini akan memberikan hubungan untuk memperoleh sebuah perhitungan, seperti mengukur luar daerah atau keliling sebuah benda.



Pada pembahasan garis, garis biasanya terbagi menjadi empat, yaitu saling sejajar, berpotongan, berimpit, dan bersilang. Biasanya, dua garis akan disebut saling sejajar apabila di bidang yang sama, tidak memiliki titik potong, dan jarak antar-garis selalu tetap. Dua garis dikatakan saling berpotongan jika ada pada bidang sama serta saling bertemu pada salah satu titik (titik persekutuan).

Baca Juga: Sudut Istimewa Trigonometri Lengkap

Baca Juga: Rumus Pegas Hukum Hooke dan Contoh Soal

Baca Juga: Rumus Gaya Pegas, Konsep dan Pembahasannya

Pada pembahasan kali ini kalian akan mempelajari mengenai garis berpotongan pada bidang geometri. Berikut pembahasannya.



Garis Berpotongan pada Bidang Geometri

Garis berpotongan adalah kedudukan dua buah garis yang mempunyai titik potong karena kedua garis saling bertemu. Dalam ilmu geometri dan matematika, garis berpotongan terjadi karena adanya kemiringan yang berbeda antar garis serta adanya panjang antar garis yang emungkinkan kedua garis ini untuk bertemu dan saling memotong.

Dalam garis yang berpotongan terdapat dua sudut yang saling membelakangi atau bertolak belakang. Besar kedua sudut yang bertolak belakang adalah sama besar. Kedudukan dua garis ini selalu mempunyai titik potong karena kedua garis saling bertemu. Secara geometri garis-garis yang berpotongan terjadi karena mempunyai kemiringan yang berbeda dan panjang antar garis memungkinkan untuk saling bertemu. Garis yang berpotongan sudah pasti tidak sejajar, namun garis tidak sejajar belum tentu berpotongan.

Ciri-ciri Garis Berpotongan

Apabila dua garis berpotongan menjadikan kedua garis tersebut berada dalam bidang yang sama. Dengan demikian, kita dapat menentukan sudut dua sudut garis yang berpotongan dalam bidang ruang sama seperti menentukan sudut berpotongan dalam bidang datar.

Garis yang berpotongan sudah pasti tidak sejajar, namun garis tidak sejajar belum tentu berpotongan. Untuk itu, terdapat pembeda dan menjadi ciri-ciri dari garis berpotongan seperti berikut.



  1. Memiliki satu titik yang sama (titik potong).
  2. Perpotongan antara dua garis tersebut tidak membentuk sudut 90º.
  3. Gradiennya berkebalikan (plus dan minus).
  4. Arah condong kedua garis berlawanan.

Baca Juga: Persamaan Gelombang Berjalan, Rumus dan Pembahasannya

Baca Juga: Contoh Soal Reaksi Hidrokarbon dan Pembahasan

Baca Juga: Ciri-Ciri Tumbuhan Gymnospermae dan Proses Reproduksi

Contoh Soal Garis Berpotongan

1. Sebuah garis sejajar dipotong oleh garis lurus maka sudut memiliki pasangan yang…



Leave a Comment