Rumus Gerak Parabola Titik Tertinggi dan Contoh Soal


Gerak Parabola Titik Tertinggi – Gerak parabola merupakan gerak yang terjadi atas perpaduan konsep gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Dikatakan sebagai gerak parabola karena gerak ini memiliki lintasan yang berbentuk parabola. Gerak ini merupakan gabungan dari dua komponen, yakni komponen gerak secara horizontal (sumbu x) dan komponen gerak secara vertikal (sumbu y). Waktu saat benda mencapai titik tertinggi sama dengan waktu dari benda di titik tertinggi sampai ke titik terjauh.

Ketika mencapai titik tertinggi, gerak parabola akan mencapai titik maksimum. Misalnya, pada bola yang dilempar dari menara yang tinggi akan dapat mencapai ketinggian tertentu sebelum turun karena tertarik gaya gravitasi. Ketinggian tertentu ini dapat menjadi titik tertinggi dari bola yang dilempar tersebut.



Baca Juga: Contoh Soal Metode Grafik Pada Program Linear

Baca Juga: Rumus Rumus Persamaan Kuadrat dan Contoh Soal

Baca Juga: Rumus GLBB atau Gerak Lurus Berubah Beraturan

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai materi gerak parabola titik tertinggi. Berikut pembahasannya.

Ketinggian maksimum gerak parabola

Sebuah benda yang mengalami gerak parabola akan mendapatkan ketinggian maksimum atau sebuah titik tertinggi. Hal ini akan memberikan sebuah sumbu yang menggambarkan titik tertinggi dari benda yang dilempar. Pada sumbu y apabila mencapai diketinggian maksimum, yang mana dititik tersebut kecepatannya ialah 0 ( Vy = 0 ). Secara matematis, rumus untuk menentukan waktu ketinggian maksimum di tuliskan seperti di bawah ini.

Tp = (Vo sin θ) : g

Lalu, jika ingin kembali kepada posisi semula (mencapai jarak maksimum) dari suatu keadaan awal menjadikan rumus yang digunakan harus dikali angka 2 dari waktu untuk mencapai ketinggian maksimum tertentu. Secara matematis, rumus untuk menentukan waktu kembali ke posisi semula di tuliskan seperti di bawah ini.

tt = 2 x tp = 2 x (Vo sin θ) : g

Ketinggian maksimum gerak parabola akan memiliki jangkauan maksimum juga. Jangkauan maksimum dikatakan sebagai jarak maksimum yang dijangkau pada suatu sumbu horizontal (sumbu x). Rumusnya seperti berikut.

Xmax =  ( 2Vo² sin θ cos θ ) / g

Keterangan :

g = percepatan gravitasi (m/s²)

θ = sudut elevasi (º)

Vº = kecepatan awal (m/s)

Xmax = jangkauan maksimum (m)

hmax = ketinggian maksimum (m)

tp = waktu untuk mencapai titik puncaknya (s)

tt = waktu untuk mencapai jarak maksimumnya (s)

Contoh Soal

Agar lebih memahami mengenai konsep ketinggian dan jangkauan maksimum gerak parabola, perhatikan beberapa contoh soal berikut.

Soal 1. Apabila pada suatu benda dilemparkan dengan sudut elevasi 30° dan kecepatan awal 20 M/S. jadi berapakah tinggi yang dicapai dengan maxsimumpada benda tersebut … (G = 10 M/S2).?

Pembahasan:



Leave a Comment