Rumus Rumus Persamaan Kuadrat dan Contoh Soal


RumusRumus Persamaan Kuadrat dan Contoh Soal – Kuadrat merupakan salah satu ilmu matematika yang dimaknai sebagai operasi perhitungan perpangkatan pada variabel tingkat 2. Dengan begitu, kuadrat merupakan nama lain dari angka yang dipangkatkan dengan nilai 2. persamaan kuadrat sendiri adalah persamaan yang terjadi dalam matematika dan memiliki variabel paling tinggi berderajat dua.



Pemahaman mengenai persamaan kuadrat sendiri merupakan sebuah kalimat terbuka dengan pernyataan hubungan sama dengan (=) dan pangkat tertinggi dari sebuah variabel dengan nilai 2. Sebuah persamaan dapat dikatakan sebagai persamaan kuadrat apabilai mempunyai suku dengan pangkatnya memiliki variabel tingkat 2.

Baca juga: Perhitungan Rumus Akar Persamaan Kuadrat

Baca juga: Diskriminan Persamaan Kuadrat Dan Contoh Soal

Bentuk umum dari persamaan kuadrat adalah ax2 + bx + c = 0. x merupakan bagian dari variabel, a dan b merupakan bagian dari koefisien, serta c menjadi bagian dari konstanta. 0 merupakan nilai yang tidak sama dengan a.

Kali ini, kalian akan mempelajari mengenai persamaan kuadrat dengan mempelajari rumus-rumusnya. Berikut pembahasannya.



Macam-macam Persamaan Kuadrat

Persamaan kuadrat dapat diselesaikan dengan memperoleh hasil yang disebut akar-akar persamaan kuadrat. Mudahnya, dapat menggunakan rumus D = b2 – 4ac yang menjadi persamaan umu kuadrat dari ax2 + bx + c = 0. Berikut macam-macamnya.

1. Akar real D > 0

Apabila nilai D > 0 pada persamaan kuadrat dapat menghasilkan akar persamaan yang real dengan akar yang berlainan. Contohnya pada x2 + 4x + 2 = 0 dengan penyelesaian a = 1; b = 4; dan c = 2.

D = b2 – 4ac
D = 42 – 4(1)(2)
D = 16 – 8
D = 8
Jadi, karena nilai D>0 menjadikan akarnya adalah jenis akar real.

Baca juga: Persamaan Linear Satu Variabel Untuk Kelas 7 SMP



Baca juga: Contoh Rumus ABC Persamaan Kuadrat

2. Akar real sama x1 = x2 dengan D = 0

Apabila hasilnya menghasilkan akar-akar bernilai sama D = 0. Contohnya pada 2x2 + 4x + 2 = 0 dengan penyelesaian a = 2; b = 4; dan c = 2.

a = 2; b = 4; c = 2
D = b2 – 4ac
D = 42 – 4(2)(2)
D = 16 – 16
D = 0
Jadi, karena nilai D=0 maka terbukti akar real dan kembar.

3. Akar Imajiner atau tidak real dengan D < 0

Apabila nilai D < 0 menjadikan akar dari persamaan kuadrat akan berbentuk imajiner atau tidak real.  Contohnya pada x2 + 2x + 4= 0 dengan penyelesaian a = 1; b = 2; dan c = 4.



Leave a Comment