Konsep Bunga Majemuk di Kehidupan Sehari-hari


Bunga Majemuk di Kehidupan Sehari-hari – Bunga pada bank merupakan salah satu istilah pada bank yang biasanya diberikan bank untuk nasabah dan penghitungannya dilakukan berdasarkan persentase modal dan lamanya kegiatan berlangsung. Sistem bunga sendiri memiliki penghitungan yang mendasar dan di antara jenis bunga terhadap penghitungan yang berbeda satu sama lain. Salah satunya adalah bunga majemuk.

Perlu kita ketahui pada konsep bunga majemuk berhubungan dengan pembahasan deret aritmatika dan geometri. Materi pada matematika ini menjadi salah satu materi yang masih berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Pembahasan bunga bank dengan konsep bunga majemuk ternyata dapat bermanfaat untuk penghitungan berbagai masalah yang terjadi dalam kehidupan sekitar. Misalnya, dalam penghitungan pertumbuhan penduduk.



Baca Juga: Cara Menghitung Kepadatan Populasi Penduduk

Baca Juga: Contoh Soal Tentang Pertumbuhan Matematika

Baca Juga: Kumpulan Soal Aritmatika Sosial Dan Jawaban

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai konsep bunga majemuk dalam penerapannya di kehidupan sehari-hari dan rumus terkaitnya. Berikut pembahasannya.

Masalah kehidupan sehari-hari terkait bunga majemuk

Konsep bunga majemuk ternyata tidak hanya berlaku di dunia perbankan atau investasi, melainkan dapat diterapkan di permasalahan lain. Misalnya, dalam menghitung pertumbuhan penduduk, produksi perusahaan, penurunan nilai jual mobil, hingga peluruhan radioaktif. Dalam pembahasan matematika, terdapat materi yang perlu dipelajari seperti masalah pertumbuhan dan masalah penurunan sebagai berikut.

1. Masalah pertumbuhan

Pertumbuhan jumlah suatu objek dengan peningkatan dapat ditemui di kehidupan sehari-hari. Misalnya,  peningkatan jumlah penduduk suatu negara. Contoh seperti mengenai peningkatan pendudukan suatu negara adalah 0,8% dari jumlah sebelumnya, peningkatan jumlah produksi perusahaan yang memiliki target 2% dari total produksi tahun sebelumnya, peningkatan jumlah kultur bakteri, dan sebagainya.

Dalam menyelesaikan masalah tersebut, terdapat rumus yang dapat digunakan dalam penghitungannya sebagai berikut.

Nw = N0 (1 + p)w

Pertumbuhan suatu objek bisa dihitung seperti halnya bunga majemuk. Hanya saja, jika bunga majemuk disimbolkan M maka pertumbuhan disimbolkan N.

2. Masalah penurunan

Penurunan dapat menjadi sebuah masalah yang berhubungan dengan nilai suatu objek yang semakin berkurang di setiap periode dan menjadi kebalikan dari masalah pertumbuhan. Adapun hal-hal yang berkaitan dengan masalah penurunan ini adalah peluruhan radioaktif, penurunan nilai jual mobil, penurunan jumlah bakteri, dan masih banyak lainnya. Untuk menyelesaikan masalah terkait penurunan, gunakan rumusan berikut.

Nw = N0 (1 – p)w

Baca Juga: Cara Menghitung Bunga Pinjaman Dan Tabungan

Baca Juga: Cara Menghitung Bunga Deposito Semua Bank

Baca Juga: Contoh Soal Diskonto Dan Pembahasan

Contoh Soal Bunga Majemuk di Kehidupan Sehari-hari

Agar kamu semakin paham tentang masalah pertumbuhan dan penurunan, simak contoh soal berikut.

Suatu kota mengalami peningkatan jumlah penduduk 2% dari jumlah penduduk sebelumnya. Berdasarkan sensus penduduk tahun 2015, kota tersebut memiliki penduduk sebanyak 100.000. Tentukan jumlah penduduk kota tersebut pada tahun 2016 sampai 2017!

Pembahasan:



Leave a Comment