Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di CARAHARIAN

×

Contoh Soal Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)


Contoh Soal GLBB – Gerak lurus berubah beraturan sering disingkat menjadi GLBB adalah bagian dari gerak yang memiliki lintasan di garis lurus sehingga kecepatannya dapat berubah dan beraturan. Pada gerak lurus berubah beraturan  dapat diartikan sebagai gerak lurus suatu obyek. Hal ini karena kecepatannya berubah terhadap waktu karena adanya percepatan yang konstan atau tetap. Akibat adanya percepatan rumus jarak yang ditempuh tidak lagi linier, tetapi kuadratik. Dengan begitu, pada gerak lurus berubah beraturan sebuah benda dapat memiliki arah yang mendatar dan kecepatannya dapat berubah-ubah.

Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali contoh benda GLBB. Misalnya, pada benda yang jatuh bebas. Benda jatuh bebas dari ketinggian tertentu dapat dilihat jika semakin lama kecepatannya pun semakin besar seperti buah jatuh dari pohon. Semakin lama, semakin cepat, atau lambat dapat berhubungan dengan gerakan benda tersebut dari waktu ke waktu mengalami percepatan ataupun perlambatan.



Baca juga: Rangkuman Materi Gerak Lurus Fisika Kelas 10

Baca juga: Rumus Gerak Parabola Titik Tertinggi dan Contoh Soal

Pada kesempatan kali ini kalian akan mempelajari mengenai gerak lurus berubah beraturan atau GLBB dengan beberapa contoh soalnya. Berikut pembahasannya.

Konsep GLBB

Gerak lurus berubah beraturan atau GLBB merupakan sebuah gerak yang lintasannya di garis lurus dan dengan kecepatan yang berubah beraturan. Gerak lurus berubah beraturan juga diartikan sebagai gerak lurus suatu obyek. Hal ini karena kecepatannya berubah terhadap waktu karena adanya percepatan yang konstan atau tetap. Akibat adanya percepatan rumus jarak yang ditempuh tidak lagi linier, tetapi kuadratik.

Selain itu, gerak lurus berubah beraturan dapat dijelaskan sebagai gerak lurus pada benda dengan arah mendatar dengan kecepatan v yang berubah-ubah setiap saat dikarenkan adanya percepatan yang konstan atau tetap. Contoh benda yang bisa dikatakan melakukan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) seperti berikut.

  1. Benda itu jatuh bebas. Benda jatuh bebas dari ketinggian tertentu, semakin lama kecepatannya pun semakin besar seperti buah jatuh dari pohon.
  2. Naik sepeda tanpa di kayuh pada jalanan yang dikategorikan menurun. Sepeda akan bergerak semakin lama maka akan semakin cepat.
  3. Naik mobil pada jalan dengan jalan yang lurus dengan menginjak pedal gas teratur. Gerak mobil semakin lama semakin cepat atau ngebut

Baca juga: Contoh Soal Gerak Parabola Kelas 10

Baca juga: Materi, Rumus Gerak Parabola dan Contoh Soal

Contoh soal GLBB

Contoh Soal 1.

Sebuah bola mula-mula dalam keadaan diam pada lantai yang licin, kemudian bola didorong sehingga mengalami percepatan sebesar 4 m/s2, tentukan kecepatan bola setelah bergerak selama 8 sekon!

Pembahasan:

v0 = 0 m/s

a = 4 m/s2

t = 8 s

Dengan begitu dapat menggunakan rumus berikut.

v8 = v0 + a.t

v8 = 0 + 4.8

v8 = 32 m/s

Jadi, kecepatan bola setelah bergerak 8 sekon adalah 32 m/s.

Contoh Soal 2.

Pada awalnya, Pak Tarno mengendarai motor dengan kecepatan tetap 40 m/s. Tiba-tiba, motor tersebut direm sehingga mengalami perlambatan 20 m/s2. Berapakah jarak yang ditempuh oleh motor tersebut sampai berhenti?

Pembahasan

v= 40 m/s

vt = 0 m/s

a = -20m/s2

Dengan begitu dapat menggunakan rumus berikut.

vt = v0 + a.t

0 = 40 – 20.t

t = 2 s

Jarak yang ditempuh selama 2 s adalah?

s = v0.t + 1/2.a.t2

s = 40.2 + 1/2.(-20).22

s = 80 + (-40)

s = 40 m

Jadi, jarak yang ditempuh oleh motor tersebut sampai berhenti adalah 40 m.

Baca juga: Rumus GLBB atau Gerak Lurus Berubah Beraturan

Baca juga: Contoh Soal Mikrometer Sekrup SMP Pilihan Ganda