Perbedaan Bunga Tunggal dan Bunga Majemuk


Baca Juga: Cara Menghitung Diskon Harga Yang Benar



Baca Juga: Contoh Soal Diskonto Dan Pembahasan

Baca Juga: Rumus Cara Menentukan Harga Jual

Besaran modal awal jika dikenai bunga majemuk menjadikan modal awal di periode selanjutnya akan bertambah. Lalu, pada besaran modal awal jika dikenai bunga tunggal maka modal awal di periode selanjutnya akan tetap sama seperti modal awal.

Selain itu, keuntungan yang didapat dari bunga majemuk lebih tinggi dibandingkan bunga tunggal, padahal besar bunga dan periodenya sama. Akan tetapi, terdapat kesamaan dari keduanya yaitu semakin lama periode investasi maka keuntungan yang didapatkan semakin tinggi

Dari perbedaan bunga majemuk dan bunga tunggal tersebut maka bisa diambil kesimpulan bahwa bunga majemuk akan lebih menguntungkan ketika kamu berinvestasi.

Berikut ini dalam bentuk poin-poin agar lebih mudah dipahami:



1. Adanya bunga tunggal biasanya lebih baik untuk pembelian seperti pinjaman mobil, sedangkan pada bunga majemuk lebih baik dalam hal investasi atau tabungan karena pertumbuhan dana yang cepat meningkat.

2. Bunga tunggal lebih mudah dihitung dari pada bunga majemuk.

3. Dalam bunga majemuk akan meningkatkan jumlah pokok karena bunga ditambah dengan pokok pinjamannya, sedangkan bunga tunggal jumlah pokok akan tetap sama.

4. Bunga majemuk akan berbeda setiap periodenya karena perhitungannya dari persentase ditambah dengan bunga yang diperoleh. Sedangkan bunga tunggal akan memiliki jumlah yang sama dengan persentasenya.



5. Pada bunga tunggal biaya bunga dan jumlah pokok sama setiap periodenya, dan tidak akan dikenakan biaya terutang selama pelunasan pinjaman.

Baca Juga: Jenis-Jenis Bunga Tunggal dan Cara Menghitungnya

Baca Juga: Konsep dan Rumus Bunga Tunggal

Demikian pembahasan singkat mengenai perbedaan mendasar mengenai bunga tunggal dan bunga majemuk. Semoga materi kali ini dapat bermanfaat, ya.



Leave a Comment