Rumus Cara Menentukan Harga Jual


Rumus Cara Menentukan Harga Jual – Dalam dunia perdagangan, kita akan mengenal istilah ketika menjual barang terkait harga jual dan harga beli. Hal ini merupakan bagian penting dalam sistem transaksi karena dapat memberikan dampak bagi seorang penjual, baik dampak yang baik maupun buruk.



Salah satu hal yang penting diterapkan dalam perdagangan adalah penentuan harga jual. Harga penjualan biasanya dapat mempengaruhi keuntungan atau kerugian pedagang dalam memperdagangkan barangnya. Tentunya, dengan menjual produk dengan harga jual yang pas akan memberikan keuntungan bagi pelaku bisnis dan juga konsumen.

Seperti yang kita ketahui, harga jual adalah harga yang dibebankan konsumen untuk memiliki sebuah barang dari seseorang yang menjualnya. Konsumen juga harus dapat mengetahui apakah barang yang dijualnya memang sudah sesuai mengenai biaya produksi, biaya non-produksi, atau hanya dijual berdasarkan keuntungan penjual.

Pada pembahasan kali ini, kalian akan mempelajari mengenai penentuan harga jual yang dapat memberikan keuntungan. Dalam penentuan harga jual sendiri terdapat beberapa cara menghitungnya yang diuraikan sebagai berikut.

Baca juga: Rumus Harga Beli Dan Harga Jual Matematika

1. Cost Plus Pricing

Cost plus pricing merupakan salah satu cara dalam menentukan harga jual dengan cara menambahkan keuntungan dalam bentuk persentase. Sebelumnya, perlu memahami harga beli dengan modal yang dijumlahkan tidak melulu mengenai pembelian bahan baku saja. Akan tetapi, modal juga digabungkan dengan biaya gaji karyawan, listrik, internet, dan lain sebagainya.

Dalam menentukan cost plus pricing dapat menggunakan rumus berikut.



Harga Jual = Modal + Persentase Laba

Misalnya, kalian memiliki bisnis kue dan mendapat pesanan sebanyak 10 box. Namun, dalam membuatnya kalian perlu modal sebanyak 500 ribu, biaya kemasan 10 ribu, dan biaya karyawan 150 ribu. Kalian ingin mendapatkan keuntungan sebesar 30% dan dapat dihitung dengan cara berikut.

Harga jual = modal + persentase laba

Harga jual = (Rp500.000 + Rp10.000 + Rp150.000) + (30% x modal)



Harga jual = (Rp660.000) + (30% x Rp660.000)

Harga jual = Rp660.000 + Rp198.000

Harga jual = Rp858.000 untuk 20 box

Dengan harga jual yang diperoleh sebesar Rp858.000 untuk 20 box kalian akan mendapatkan keuntungan sebesar 30%.

Baca juga: Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan

2. Mark Up Pricing

Mark up picing merupakan cara menentukan harga jual dengan menentukan harga jual dengan mark up harga. Cara ini cenderung lebih mudah dan sederhana dibanding cost plus pricing karena hanya perlu menambahkan modal dengan keuntungan yang ingin diperoleh. Rumus yang dapat digunakan di mark up pricing sebagai berikut.



Harga Jual = Modal + Mark Up

Misalnya, kalian ingin menjual baju sebanyak 100 pcs dengan modal 6 juta dan ingin mendapatkan keuntungan penualan sebanyak 700 ribu sehingga dapat dihitung sebagai berikut.



Leave a Comment