Jika Tautan Rusak atau Halaman Error,

Hubungi Halaman "Kontak Admin"

×

Contoh Soal Bunga Majemuk dan Bunga Tunggal


Contoh Soal Bunga Majemuk dan Bunga Tunggal – Ketika mempelajari matematika mengenai materi deret aritmatika dan geometri, salah satu materi yang masih berhubungan dengan kehidupan sehari-hari adalah pembahasan mengenai bunga bank. Bunga bank sering digunakan ketika orang-orang melakukan transaksi dengan pihak bank, baik itu menabung atau meminjam uang.

Bunga bank memiliki dua jenis umum, yaitu bunga tunggal dan bunga majemuk. Bunga bank biasanya diberikan bank untuk nasabah dan penghitungannya dilakukan berdasarkan persentase modal dan lamanya kegiatan berlangsung. Sistem bunga sendiri memiliki penghitungan yang mendasar dan di antara jenis bunga terhadap penghitungan yang berbeda satu sama lain.



Baca Juga: Cara Menghitung Bunga Deposito Semua Bank

Baca Juga: Contoh Soal Diskonto Dan Pembahasan

Baca Juga: Cara Menghitung Bunga Pinjaman Dan Tabungan

Penghitungan jenis bunga ini memiliki rumus mendasar di antara keduanya. Bunga tunggal dan bunga majemuk memiliki konsep dasar dengan rumus penghitungannya yang berbeda satu sama lain. Dengan begitu, pada kesempatan kali ini akan dipaparkan beberapa contoh soal yang dapat dipelajari mengenai penghitungan bunga majemuk dan tunggal. Berikut pembahasannya.

Rumus bunga tunggal dan majemuk

Konsep besaran bunga tunggal akan didapatkan ketika dilakukan pengalian jumlah modal yang diberikan atau dipinjam dengan persentase bunga dengan lamanya waktu pembungaan. Rumus bunga tunggal mirip dengan cara menghitung diskonto. Sementara itu, pada bunga majemuk perlu mengetahui besaran modal awal sehingga persentase bunga yang telah diubah ke bentuk desimal dan periode dari investasi bersangkutan. Dapat disimpulkan rumus bunga tunggal dan bunga majemuk dapat menggunakan rumus berikut.

Contoh soal

1. Nami menginvestasikan uang hasil kerja kerasnya sejumlah Rp. 3.000.000.000 menjadi tabungan dalam perbankan AntiBimBank. Jika Nami berencana mengambil tabungannya setelah 3 tahun, sedangkan AntiBimBank memberikan bunga sebesar 10% tiap tahun, berapakah uang yang akan diterima AntiBimBank?

Pembahasan:

Baca Juga: Perbedaan Bunga Tunggal dan Bunga Majemuk

Baca Juga: Jenis-Jenis Bunga Tunggal dan Cara Menghitungnya

Baca Juga: Konsep dan Rumus Bunga Tunggal

2. Patrick menempatkan deposito sebesar Rp10.000.000 di sebuah bank. Hal tersebut dilakukan Patrick karena dirinya tertarik atas penawaran pihak bank yang memberikan bunga tunggal sebesar 10% per tahunnya. Jika diasumsikan bunga deposito tersebut tetap dan Patrick berencana mencairkan seluruh depositonya 5 tahun yang akan datang, maka berapa jumlah uang Patrick?