Jika Tautan Rusak atau Halaman Error,

Hubungi Halaman "Kontak Admin"

×

Cara Perkalian Cepat Anak SD


1 x 3 = 3 yang ditunjukkan pada gambar kotak yang pertama.

2 x 3 = 6 yang ditunjukkan pada gambar kotak pertama dan kedua.



3 x 3 = 9 yang ditunjukkan pada gambar kotak pertama, kedua, dan ketiga.

Gambar di atas merupakan contoh dari perkalian dasar 1 – 10 yang dapat dipahami dengan beberapa simbol gambar karena tidak terlalu banyak penjumlahannya.

Baca juga: Perkalian Bersusun Ratusan, Panjang Dan Pendek

2. Tempel Poster Perkalian di Dinding

Salah satu cara agar anak dapat mengingat mengenai perkalian adalah dengan menempelkan poster tabel perkalian yang sering dilihat anak. Poster perkalian yang sering dilihat anak akan membantunya dalam belajar dengan bantuan visual. Banyak anak yang lebih mudah belajar melalui visual yang dilihatnya. Hal ini dapat dilakukan dengan memasang poster atau kartu perkalian di dinding. Bisa di ruang makan, kamar tidur, ruang tamu, dan ke mana saja anak-anak bisa pergi.Tentunya, poster yang dipilih harus disesuaikan dengan karakter anak, seperti pemilihan desain warna, gambar, atau hal-hal yang disukai anak.

3. Gunakan Permainan Perkalian

Sebagai anak kecil tentunya dia akan selalu ingin bermain. Bermain pada anak dapat diterapkan sebagai sarana belajar dengan beberapa fasilitas yang tersedia. Misalnya, kita dapat memberikan mainan berupa papan atau kartu yang berisi mengenai perkalian dengan desain yang menarik. Selain itu, kita juga dapat memanfaatkan teknologi dengan mengunduh aplikasi perkalian yang dapat membuat anak tertarik belajar.