Jika Tautan Rusak atau Halaman Error,

Hubungi Halaman "Kontak Admin"

×

Cara Perkalian Cepat Anak SD


Selain menggunakan permainan, cari cara ajar yang anak gemari seperti pada anak yang suka menggambar. Kita dapat menggambar sesuatu dengan memberikan arahan agar dapat menjadikannya belajar perkalian. Misalnya, kita dapat menggambar bunga yang berisi tabel perkalian dengan menyusun kelopak dan bagian tengah bunga dengan angka-angka.



Baca juga: Cara Perkalian Dan Pembagian Pecahan

4. Trik Perkalian Jari

Trik perkalian jari dapat dipahami anak apabila telah mengenal konsep penjumlahan dan menghafal perkalian dasar dengan angka-angka yang kecil. Biasanya, trik perkalian jari dapat kita ambil dari penghafalan tabel perkalian angka 9 yang dapat dilakukan dengan cara-cara berikut.

  • Posisi telapak tangan menghadap ke bawah.
  • Tangan kiri dan semua jari yang tersisa di bagian kiri setelah satu jari dilipat adalah puluhan.
  • Tangan kanan dan semua jari yang tersisa di bagian kanan setelah satu jari dilipat adalah satuan.
  • Lipat jari sebagai angka pengali dari kiri ke kanan.
  • Jadi, kelingking kiri mewakili angka pengali 1, jari manis kiri mewakili angka pengali 2, seterusnya sampai kelingking kanan yang mewakili angka pengali 10.

Baca juga: Kumpulan Rumus Matematika Kelas 6 SD

Tips Agar Anak Belajar Perkalian

Dalam memberikan pemahaman kepada anak mengenai materi baru tentunya tidak semudah dalam mengajaknya bermain. Anak-anak biasanya tidak mudah untuk belajar terus menerus karena dianggap sebagai kegiatan yang membosankan. Hal ini akan mempersulit pemahaman anak mengenai perkalian apabila selalu bermain dengan sesuka hatinya. Oleh karena itu, terdapat beberapa tips agar anak mau belajar perkalian dengan baik seperti berikut.

1. Beri Kuis Sederhana Mengenai Perkalian

Setelah memberi pemahaman mengenai konsep perkalian, anak harus selalu diajarkan dan diajak memahami lebih dalam dengan cara mengujinya. Hal ini dapat dilakukan ketika senggang dan menormalkan memberikan kuis sederhana pada anak. Tentunya, jangan sampai membuat anak tertekan dan stres karena selalu diberi kuis sehingga harus diberi jeda serta melihat kondisi anak pula.

Selain memberi kuis, beberapa teknik yang dapat diajarkan mengenai perkalian dapat menggunakan hal-hal yang ada di sekitarnya. Misalnya, kita dapat menggunakan perkalian dalam sebuah kalimat dengan memberikan permisalan pada kata atau dapat kita pahami sebagai teknik mnemonik. Contohnya, angka 5 = donat, 2 = polisi, 3 = sepatu, 7 = hujan maka perkalian 3 x 7 = 21 bisa diubah menjadi kalimat mnemonik ‘Sepatu kehujanan karena polisi makan donat.

Baca juga: Cara Mengubah Desimal ke Pecahan dengan Mudah

2. Beri Apresiasi

Apabila anak telah berhasil untuk menghafal atau menjawab kuis-kuis mengenai perkalian perlulah diberikan apresiasi agar anak bahagia. Apresiasi dapat memberikan kemajuan kepada anak karena telah memperoleh keberhasilan dalam menghadapi tantangan yang dalam hal ini adalah menghafal perkalian.

Apresiasi dapat berwujud apa saja, seperti kalimat pujian atau dapat memberikan hadiah. Hal ini akan mendorong semangat anak untuk ingin meningkatkan kemampuan mereka. Namun, dalam pemberian apresiasi harus sesuai dengan batas sehingga anak tidak hanya mengejar apresiasi saja melainkan ia melakukannya dengan tulus. Tentunya, hal ini perlu diperhatikan oleh orang tua agar selalu memantau perkembangan anak dalam memahami perkalian.

3. Ulangi Setiap Hari

Agar anak dapat selalu mengingat mengenai materi yang diajarkan, perlu dilakukan sebuah pengulangan. Pengulangan dapat menjadi kunci penting kegiatan menghafal karena dengan mengulanginya setiap hari memberikan hal-hal yang akan selalu diingatnya. Langkah mengulangi perkalian dapat kita lakukan dengan menggunakan tabel perkalian yang dijadikan sebagai poster. Kemudian, setiap hari minta anak menghafal satu kelompok angka perkalian dengan suara lantang sebanyak 5 kali pengulangan. Lakukan kegiatan ini secara rutin, namun tidak memberatkan anak dan menjadikan dia bosan.

Baca juga: Soal Cerita Bilangan Bulat Kelas 6 SD

Demikian artikel ini dipaparkan mengenai perkalian dengan cara dan tips untuk menghafalkannya pada anak. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat dan bisa diterapkan dengan baik.