Cara Perkalian Dan Pembagian Pecahan


Cara Perkalian Dan Pembagian Pecahan – Ada cukup banyak materi matematika yang diajarkan di tingkat SD. Salah satunya yang juga sering menjadi momok menakutkan adalah pecahan. Di tingkat dasar kita biasanya hanya diajarkan tentang pertambahan dan pengurangan pecahan. Akan tetapi di tingkat selanjutnya kita diajarkan tentang perkalian dan pembagian pecahan.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa pecahan merupakan bilangan matematika yang ditulis dengan meletakkan angka di sisi atas dan bawah lalu dipisahkan dengan garis pembagi. Penulisannya seperti berikut.



Pada gambar di atas, a merupakan pembilang dan b adalah penyebut. Selain itu baik a maupun b merupakan bilangan bulat, dan nilai b tidak sama dengan nol.

Baca juga: Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan

Dua bilangan pecahan atau lebih ini bisa dijumlahkan, dikurangkan, dikalikan, maupun dibagikan. Pada artikel sebelumnya sudah dibahas bagaimana cara menambahkan dan mengurangkan pecahan. Sekarang kita bahas tentang perkalian dan pembagian pada pecahan.

Untuk perhitungan kali dan bagi pada pecahan kita tidak perlu menyamakan penyebutnya. Hal inilah yang membedakannya dengan operasi penjumlahan dan pengurangan. Berikut pembahasan lebih lanjut mengenai cara mengalikan dan membagi pecahan.



Baca juga: Cara Membandingkan Pecahan

Menghitung Perkalian Pecahan

Rumus perkalian pecahan berbeda dengan penjumlahan maupun pengurangan. Sebab seperti yang sudah dijelaskan, kita tidak perlu menyamakan penyebutnya terlebih dahulu. Artinya kita bisa langsung mengalikannya walaupun penyebutnya berbeda. Ada beberapa langkah yang harus kita lakukan ketika ingin menghitung perkalian pada pecahan, yakni:

  1. Kalikan pembilang pecahan pertama dengan pembilang pecahan berikutnya.
  2. Selanjutnya kalikan penyebut dengan penyebut.
  3. Hasil perkalian sudah didapat. Akan tetapi jika penyebut dan pembilang pecahan tersebut masih bisa disederhanakan maka sederhanakan terlebih dahulu.

Apabila dijelaskan dengan rumus, maka cara menghitung perkalian pecahan adalah sebagai berikut:

Untuk pecahan campuran sudah dibahas pada artikel sebelumnya. Pada intinya ketika ingin mengalikan pecahan campuran, maka kita harus mengubahnya terlebih dahulu ke pecahan biasa baru bisa kita kalikan.



Baca juga: Cara Menghitung Pecahan Campuran

Menghitung Pembagian Pecahan

Setelah memahami perkalian pecahan, sekarang kita bahas pembagian pecahan. Dalam pembagian pecahan, kita perlu membalik posisi pembilang dan penyebut pada pecahan yang menjadi pembaginya. Artinya angka yang menjadi pembilang dibalik menjadi penyebut, dan begitu juga sebaliknya. Kemudian tanda pembagian kita ubah menjadi tanda perkalian. Lebih jelasnya berikut alur menghitung pembagian pada pecahan:

  1. Tukar posisi pembilang dan penyebut pada bilangan pembagi.
  2. Selanjutnya ubah operasi pembagian menjadi perkalian
  3. Ubah operasi pembagian menjadi perkalian
  4. Kalikan pembilang dengan pembilang, serta penyebut dengan penyebut
  5. Jika hasilnya dapat disederhanakan, maka sederhanakanlah

Apabila kurang jelas, simak rumus menghitung pembagian pecahan di bawah ini.

Contoh Soal

Soal 1 

3/4 x 5/6 = … 



Jawaban: 

3/4 x 5/6 = (3 x 5) / (4 x 6) = 15/24 

15/24 = 5/8 

Jadi, 3/4 x 5/6 = 5/8 

Soal 2 

1/5 x 2/5 = …

Jawaban:

1/5 x 2/5 = (1 x 2) / (5 x 5) = 2/25

Jadi, 1/5 x 2/5 = 2/25

Soal 3 

1/2 : 1/4 = …

Jawaban:

1/2 : 1/4 = 1/2 x 4/1 = (1 x 4) / (2 x 1) = 4/2

4/2 = 2 = 2/1 = 2

Jadi, 1/2 : 1/4 = 2

Soal 4 

3/4 : 1/4 = …

Jawaban:

3/4 : 1/4 = 3/4 x 4/1 = (3 x 4) / (4 x 1) = 12/4

12/4 = 3/1 = 3

Jadi, 3/4 : 1/4 = 3

Baca juga: Cara Menghitung Skala Peta

Demikian penjelasan mengenai cara menghitung perkalian dan pembagian pecahan. Semoga informasi yang kami jelaskan di atas bisa membuat kalian lebih paham dan bisa mengerjakan soal mengenai perkalian dan pembagian pecahan.



Leave a Comment