Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Biasa


Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Biasa – Sebelumnya kami telah membahas mengenai penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran. Sekarang kita bahas mengenai penjumlahan dan pengurangan pada pecahan biasa. Caranya kurang lebih sama saja. Walaupun begitu tetap ada perbedaan yang harus kita pahami.

Perlu diketahui, pengurangan dan penjumlahan pecahan adalah operasi perhitungan dasar yang kita pelajari dalam materi bilangan pecahan. Lalu bagaimana cara menghitung pengurangan dan penjumlahan pada pecahan biasa? Sebelum masuk ke pembahasan inti kita bahas sedikit mengenai apa itu bilangan pecahan.



Bilangan pecahan merupakan bentuk bilangan matematika yang memiliki pembilang dan penyebut. Pecahan biasa ditulis a/b, dimana a merupakan pembilang atau bilangan yang dibagi. Sementara b merupakan penyebut atau bilangan yang membagi.

Contohnya adalah bilangan ¾. Angka 3 merupakan pembilang dari pecahan. Sedangkan angka 4 merupakan penyebutnya. Apabila kita ingin mengubahnya menjadi bentuk desimal, maka kita tinggal membagi pembilang dengan penyebutnya saja.

Baca juga: Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Campuran

Menghitung Penjumlahan Pecahan Biasa

Kini kita masuk ke pembahasan inti, yakni cara menghitung operasi penjumlahan pecahan. Pada dasarnya cara menjumlahkan pecahan adalah dengan menjumlahkan pembilang dari masing-masing pecahan. Contohnya sebagai berikut.

Hanya saja cara tersebut bisa kita lakukan jika penyebut masing-masing pecahan sama. Lalu bagaimana jika penyebut-penyebutnya berbeda? Maka yang harus kita lakukan adalah menyamakannya terlebih dahulu. Mari lihat contoh soal di bawah ini.

1/3 + 1/4 = … 

KPK dari 3 dan 4 = 12 

1/3 = 4/12 

1/4 = 3/12 

4/12 + 3/12 = 7/12 

Jadi, 1/3 + 1/4 = 7/12 



Leave a Comment