Cara Mengubah Persen Ke Desimal


Cara Mengubah Persen Ke Desimal – Ketika berhadapan dengan soal yang berhubungan dengan persen mungkin sebagian dari kalian sudah merasa bingung, padahal belum mengerjakannya. Padahal perhitungan yang berkaitan dengan persen juga tidak sulit untuk dikerjakan. Apalagi soal yang mengharuskan kita mengubah persen ke desimal.

Soal semacam itu masih sama mudahnya dengan soal pembagian yang biasa kalian temui dalam buku kerja siswa atau saat ulangan. Penasaran bagaimana cara mengerjakannya? Sebelum membahas tentang rumusnya, kita perlu memahami tentang apa itu persen dan desimal.



Untuk diketahui, persen dan desimal adalah jenis bilangan pecahan yang ditulis dalam bentuk yang berbeda. Desimal ditulis dengan menyisipkan tanda koma (,). Sedangkan persen ditulis dengan simbol (%). Walaupun keduanya memiliki penulisan yang berbeda, baik persen maupun akan menghasilkan nilai yang sama jika diubah ke bentuk masing-masing.

Baca juga: Cara Mengubah Pecahan Biasa Ke Persen

Desimal dapat diubah ke bentuk lain tanpa mengubah nilainya. Artinya jika persen diubah ke desimal atau sebaliknya maka akan menghasilkan nilai yang sama. Sebab pada dasarnya persen merupakan bentuk pecahan yang mempunyai nilai penyebut 100. Sementara desimal adalah jenis pecahan yang memiliki penyebut 10, 100, 1000, dan seterusnya.

Ketika kita ingin mengonversi atau mengubah bentuk persen ke desimal atau sebaliknya, maka salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah dengan mengubah keduanya menjadi bentuk pecahan terlebih dahulu. Selanjutnya kita bahas mengenai persentase dalam matematika.

Metode Persentase

Kita sering menjumpai persen dalam potongan harga, data statistik, bunga dalam dunia perbankan, komisi, dan lain sebagainya. Dari pembahasan di atas kalian tentu sudah tahu bahwa persen merupakan kata ganti per seratus. Artinya ketika kita dihadapkan dengan tulisan 70%, maka secara matematis persentase tersebut sama dengan 70 per 100 atau 70/100.



Dari angka tersebut bisa disederhanakan lagi sehingga kita dapat 7/10. Artinya 70% itu sama dengan 7/10. Hal ini juga berlaku untuk persentase yang lainnya. Ketika diubah menjadi sebuah pecahan, kita dapat menyederhanakannya sampai bentuk yang paling sederhana.

Baca juga: Cara Membandingkan Pecahan Dan Contoh Soal

Mengubah Persen ke Desimal

Pembahasan selanjutnya adalah rumus mengubah persen ke desimal. Salah satu cara yang bisa kita gunakan adalah seperti yang sudah dibahas di atas, yakni dengan mengubahnya menjadi pecahan. Kemudian kita perkecil pecahan tersebut menjadi bentuk yang paling sederhana. Kemudian langkah selanjutnya kita ubah pecahan tersebut menjadi angka desimal.

Atau cara lainnya kita ubah ke bentuk pecahan tanpa disederhanakan. Lalu kita bagi dengan 100 atau dengan menggeser koma ke kiri sebanyak dua digit (sesuai dengan jumlah 0 pada angka 100). Lebih jelasnya silakan lihat pembahasan berikut.



Cara 1 – Membagi dengan Angka 100

Cara pertama ini merupakan cara yang paling mudah. Karena kita hanya perlu membagi angka persen dengan 100. Membagi suatu angka dengan 100 ini sangat sederhana. Akan tetapi dalam soal tertentu kita perlu melakukan perhitungan untuk mengetahui hasil pembagiannya.

Misalnya kita ingin mencari bentuk desimal dari 373%. Maka kita perlu membagi 373 dengan 100, jadi:

373/100 = 3,73

Cara 2 – Menggeser Tanda Koma

Cara kedua ini hampir sama dengan cara pertama. Yang kita lakukan hanya menggeser koma dua digit ke kiri. Apabila angkanya merupakan bilangan bulat, maka kita geser koma dari sisi paling kanan.

Contohnya kita ingin mengubah 50% menjadi desimal.



Karena angka 50 = 50,0 maka kita geser koma tersebut dua digit ke kiri sehingga kita peroleh 0,50 atau 0,5. Perlu dicatat, dalam penulisan koma 0 tidak perlu ditulis sehingga dari contoh tersebut kita hanya perlu menulis 0,5 saja.

Cara 3 – Mengubah ke Pecahan

Cara selanjutnya adalah dengan mengubah persen ke dalam bentuk pecahan. Langkahnya bilangan persen kita bagi dengan 100, lalu kita sederhanakan sampai pembilang dan penyebutnya tidak bisa disederhanakan lagi. Baru kita bagi keduanya untuk menghasilkan bilangan desimal. Contohnya adalah sebagai berikut:

50% = …

50/100 = 25/50 = 5/10 = ½

½ = 0,5

Baca juga: Cara Menghitung Bilangan Biner

Mengubah Persentase Desimal

Jika kalian pernah mengamati, persentase tidak harus ditulis dalam bilangan bulat. Dalam beberapa kasus persentase bisa ditulis dalam bentuk desimal. Contohnya adalah 20,5%, 39,9%, 49,99%, dan lain sebagainya.

Tidak perlu terburu-buru bingung. Sebab pengerjaan soal semacam ini sama saja dengan persentase dengan bilangan bulat. Cara yang paling mudah mengubah persentase ini ke dalam bentuk desimal adalah dengan menggeser komanya saja. Penasaran seperti apa caranya? Berikut contoh soal dan pengerjaannya.

75,3% = …

Untuk mengubahnya ke dalam bentuk desimal kita perlu membaginya dengan 100. Atau dengan kata lain menggeser koma dua digit ke kiri. Jadi:

75,3% = 0,753

Apabila kita diminta untuk membulatkan menjadi dua digit di belakang koma, maka kita perlu membulatkannya ke angka terdekat. Contohnya 0,753 jika ditulis hanya dua angka di belakang koma menjadi 0,75 saja.



Leave a Comment