Kumpulan Rumus Matematika Kelas 6 SD


Kumpulan Rumus Matematika Kelas 6 SD – Pelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Konsep matematika umumnya dapat membantu kita dalam melakukan kegiatan apa pun yang berhubungan dengan angka maupun hitungan. Tentunya, pembelajaran matematika memiliki beberapa macam aturan dasar yang dijelaskan berdasarkan rumus-rumus tertentu.



Rumus-rumus pada matematika sendiri memiliki masing-masing fungsinya bergantung pada penerapannya. Rumus dapat diartikan sebagai sebuah cara tercepat atau cara singkat yang dapat digunakan untuk mencari informasi tertentu yang digunakan sebagai patokan. Rumus juga dapat digunakan sebagai pernyataan atau kesimpulan yang dapat digunakan untuk mencari sebuah konsep. Dasar atau patokan tentunya berlaku pada dunia matematika karena dapat digunakan sebagai acuan untuk menemukan suatu perhitungan, seperti rumus untuk aritmatika yang berhubungan dengan pengurangan, penjumlahan, perkalian, hingga pembagian.

Baca juga: Soal Matematika Tentang Waktu (Matematika SD)

Tentunya, pemahaman mengenai rumus matematika harus dimulai dari yang dasar. Dalam hal ini, penerapannya dapat digunakan ketika pembelajaran di sekolah dasar mulai dari kelas 1 hingga kelas 6. Jika berbicara mengenai jenjang kelas, pada kelas 6 sendiri akan dipaparkan berbagai rumus matematika yang tentunya dikembangkan dari rumus-rumus di jenjang sebelumnya. Biasanya, rumus-rumus matematika yang ada di jenjang kelas 6 akan dijadikan sebuah patokan untuk melaksanakan ujian kelulusan di sekolah dasar.

Oleh karena itu, perlu pemahaman lebih dalam untuk mempelajari rumus-rumus yang dipaparkan saat kelas 6. Pada pembahasan ini, akan dipaparkan kumpulan rumus-rumus yang dipelajari saat kelas 6 sd dan tentunya dapat dijadikan sebagai rangkuman mengenai rumus-rumusnya. Berikut pembahasannya.

Baca juga: Cara Perkalian Cepat Anak SD

Kumpulan Rumus Matematika di Kelas 6

Jenjang kelas 6 menjadi sebuah penentuan kelulusan bagi siswa-siswa yang menempuh di Sekolah Dasar. Tentunya, di jenjang ini siswa akan diperkenalkan dengan pembelajaran yang lebih kompleks dari jenjang-jenjang sebelumnya dan tidak terkecuali pada pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika sendiri memiliki hal-hal yang berhubungan dengan angka dan operasi-operasinya yang tentunya dilengkapi dengan rumus dasarnya.

Rumus-rumus matematika di jenjang kelas 6 SD merupakan bagian dari rumus-rumus dasar matematika yang sebelumnya telah dipaparkan di kelas 1 – 5. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa rumus-rumus matematika yang disampaikan di kelas 6 SD memiliki tingkatan yang lebih tinggi atau dapat dikatakan lebih sulit dari sebelumnya. Namun, apabila siswa telah memiliki kemampuan dasar yang diajarkan di jenjang sebelumnya akan memudahkan siswa mempelajari lebih lanjut di kelas 6 ini. Oleh karena itu, perlu dilakukan metode pembelajaran yang tepat salah satunya dengan membuat rangkuman rumus-rumus di kelas 6.



Baca juga: Soal Cerita Bilangan Bulat Kelas 6 SD

Berikut pembahasan mengenai rumus-rumus yang ada di kelas 6.

1. Rumus volume bangun ruang

Bangun ruang adalah bangun yang memiliki volume atau isi. Umumnya, bangun ruang disusun oleh tiga komponen, yaitu sisi, rusuk, dan titik sudut. Bangun ruang disebut juga sebagai bangun tiga dimensi karena memiliki ruang dengan sisi-sisinya yang membatasi. Hal ini menjadikan sebuah bangun ruang akan memiliki sebuah volume yang berbeda-beda setiap jenisnya. Berikut akan diuraikan rumus-rumus volume pada setiap jenis bangun ruang.

  • Volume kubus = s3 atau sisi x sisi x sisi.
  • Volume balok = p x l x t (panjang x lebar x tinggi).
  • Volume prisma = ½ x a x t ( ½ x alas x tinggi) untuk prisma alas segitiga.
  • Volume limas = 1/3 x ( ½ x alas x tinggi) x tinggi (untuk limas alas segitiga).
  • Volume tabung = ?r2 x t (22/2 atau 3,14 x jari-jari x tinggi).
  • Volume kerucut = 1/3 ?r2 x t (1/3 x 22/2 atau 3,14 x jari-jari x tinggi).
  • Volume bola = 4/3 x ?r3 (4/3 x 22/2 atau 3,14 x jari-jari x tinggi).

2. Rumus skala

Skala merupakan sebuah perbandingan antara ukuran peta dengan ukuran sebenarnya. Biasanya, skala digunakan untuk memindahkan panjang atau luas sebenarnya agar dapat digambar pada sebuah peta. Biasanya, skala dapat disimbolkan dengan 1 : p dengan p sebagai nilai skala dan p merupakan bilangan asli.



Leave a Comment