Rantai Makanan di Sawah, Gambar, dan Contohnya


Rantai Makanan di Sawah, Gambar, dan Contohnya – Alam memiliki beragam cerita yang dapat kita ketahui dalam praktik kehidupan sehari-hari, tak terkecuali dengan penciptaan ekosistem. Ekosistem adalah sebuah sistem ekologi yang dibentuk dari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya. Ekosistem juga bisa dimaknai sebagai tatanan kesatuan utuh dan menyeluruh yang terjadi antara unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi. Sebuah kehidupan makhluk hidup biasanya tercipta berdasarkan ekosistem dan umumnya menjadi sebuah wadah yang memberikan naungan bagi makhluk hidup untuk menjalankan kehidupannya.

Dalam sebuah ekosistem, tentunya memerlukan komponen yang dapat dijadikan sebagai penghuni suatu tempat. Sebuah ekosistem tentunya dapat tercipta apabila memiliki beragam komponen di dalamnya, salah satunya adalah terciptanya rantai makanan. Rantai makanan merupakan bagian dari ekosistem yang berhubungan dengan adanya jaring makanan dan hubungannya yang saling terikat satu sama lain.



Rantai makanan akan menciptakan sebuah wujud keseimbangan. Tentunya, keseimbangan ini dapat tercipta dengan penyesuaian habitat unsur-unsur yang terkait. Disebut sebagai rantai karena berhubungan dengan ikatan sehingga menimbulkan suatu urutan dan memiliki peran serta tingkatan masing-masing.

Baca juga: Proses Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Baca juga: Komponen Biotik dan Abiotik Beserta Contohnya

Salah satu rantai makanan yang disesuaikan dengan habitat organisme adalah rantai makanan yang terjadi di sawah. Sawah sendiri merupakan sebuah lahan yang digunakan sebagai tempat untuk menanam tumbuhan. Dalam sebuah sawah sendiri terdapat siklus rantai makanan yang dapat diamati berdasarkan peran-peran dari organismenya, mulai dari sebagai produsen, konsumen, hingga pengurai.



Leave a Comment