Cara Perkalian Cepat Anak SD


Cara Perkalian Cepat Anak SD – Jika berbicara mengenai matematika, tentunya akan membahas mengenai angka-angka dan cara menghitungnya. Matematika memiliki beragam operasi hitung yang dapat dijadikan dasar dalam sebuah pembelajaran, baik itu pembelajaran di sekolah atau di kehidupan sehari-hari. Salah satu materi pokok matematika yang penting diterapkan dalam keseharian adalah materi perkalian.

Perkalian menjadi salah satu operasi hitung matematika yang berhubungan dengan aritmatika. Pada aritmatika sendiri akan dibahas mengenai dasar-dasar operasi hitung, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Materi-materi menjadi pokok bahasan utama dalam matematika karena perannya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.



Perkalian sangat berhubungan denan penjumlahan karena perkalian adalah penjumlahan secara berulang. Secara umum, simbol pada operasi perkalian adalah “x” dan dapat kalian sebut dengan istilah cross sign. Selain simbol “x” kalian juga dapat menggunakan simbol tanda “.” untuk mempermudah penulisannya.

Baca juga: Soal Matematika Kelas 2 SD Perkalian Dan Pembagian

Dalam perkalian sendiri nantinya akan dipaparkan beberapa persamaan sehingga menimbulkan kesusahan untuk memahaminya, terutama pada anak. Memang, dalam mengajari anak perkalian kepada anak akan banyak tantangan yang dihadapi. Namun, apabila kita dapat memberikan pemahaman yang mudah dan cepat tentunya anak akan dapat menghafalkan atau memahaminya dengan baik. Perlu diingat juga bahwa pengajaran ini akan membantu anak dapat menerapkan pembelajaran perkalian ini dalam kehidupan sehari-hari.

Pada pembahasan kali ini akan diuraikan cara dan beberapa trik yang dapat diterapkan untuk mengajari anak mengenai materi perkalian dengan cepat. Berikut pembahasannya.

Baca juga: Contoh Soal Perkalian Kelas 3 Dan Jawabannya

Cara Mengajarkan Perkalian pada Anak

Perkalian memiliki konsep bilangan yang sama dijumlahkan menjadi bilangan baru. Penjumlahan secara berulang akan membutuhkan waktu yang lama sehingga dengan perkalian akan memberikan waktu yang efektif. Dengan dasar tersebut dapat kita pahami bahwa perkalian akan selalu berhubungan dengan penjumlahan.



Leave a Comment