Jika Tautan Rusak atau Halaman Error,

Hubungi Halaman "Kontak Admin"

×

Contoh Soal Perkalian Kelas 3 Dan Jawabannya


Contoh Soal Perkalian Kelas 3 Dan Pembahasan – Materi mengenai perkalian saat ini sudah mulai dikenalkan guru untuk siswa sekolah dasar. Pelajaran ini merupakan salah satu pelajaran kunci yang harus dipelajari karena selalu dibutuhkan pada setiap materi dalam matematika.

Salah satu kunci dalam pembelajaran perkalian adalah kuasai dan hafalkan. Hal ini dapat dilakukan dengan latihan terus-menerus secara rutin yang sesuai dengan peribahasa “rajin pangkal pandai”. Rajin disini dimaknai sebagai giat dalam belajar dan berlatih yang kelak akan memperoleh kepandaian berkat kerja keras kalian.



Tentunya, kalian sudah mengetahui bahwa ilmu matematika tidak hanya sekadar ilmu untuk memecahkan soal. Ilmu matematika sangat mempengaruhi dalam kehidupan sehari-hari, tidak terkecuali materi mengenai perkalian. Perkalian memiliki tingkat lebih tinggi dari penjumlahan karena pada dasarnya perkalian adalah penjumlahan yang berulang. Jika kalian kemarin sudah mempelajari penjumlahan dengan baik, mari simak pembahasan-pembahasan berikut.

Pada pembahasan kali ini, kalian akan mempelajari mengenai makna dari perkalian dan latihlah kemampuan dengan beberapa contoh soal serta pahami juga pembahasannya ya.

Baca juga: Contoh Soal Satuan Panjang Kelas 3 SD

Operasi Hitung Perkalian

Perkalian merupakan sebuah operasi aritmatika atau operasi dasar matematika yang memiliki fungsi untuk mengulang operasi penjumlahan. Perkalian dapat membantu kalian untuk menentukan jumlah total sebuah barang dengan cepat.

Secara umum, simbol pada operasi perkalian adalah “x” dan dapat kalian sebut dengan istilah cross sign. Selain simbol “x” kalian juga dapat menggunakan simbol tanda “.” untuk mempermudah penulisannya.

Rumus Dasar Perkalian

Agar mengingat kembali mengenai rumus perkalian yang telah diajarkan sebelumnya, coba kalian simak pembahasan berikut.

a pada rumus di atas disebut dengan pengali atau multiplier.

b pada rumus di atas disebut dengan bilangan yang dikali atau multiplicand.

Intinya, dalam rumus perkalian masih berhubungan dengan rumus penjumlahan karena pada dasarnya perkalian adalah pengulangan pada operasi penjumlahan.

Baca juga: Contoh Soal Pembagian Kelas 3 Puluhan, Ratusan, Ribuan

Sifat-Sifat Perkalian

Sifat-sifat perkalian menjadi hal dasar untuk melangkah lanjut dalam menghitung sebuah perkalian. Dengan begitu, kalian harus mengenal selalu bagaimana sebuah perkalian itu dapat diselesaikan. Berikut adalah sifat-sifat dari perkalian.

1. Sifat Pengelompokkan atau Asosiatif

Dalam perkalian, pengelompokkan bilangan akan sangat berguna dalam menentukan bagian yang perlu dikerjakan terlebih dahulu. Biasanya, dapat memberikan tanda baca kurung “(…)” di bilangan mana yang ingin dikerjakan dahulu.

2. Sifat Pertukaran atau Komutatif

Sifat pertukaran dalam perkalian dapat digunakan untuk menukar atau memindahkan letak sebuah bilangan. Pertukaran letak dalam perkalian akan tetap memberikan hasil akhir yang sama sehingga dapat memiliki sifat pertukaran atau komutatif.

3. Sifat Penyebaran atau Distributif

Sifat penyebaran dalam perkalian memberikan penjelasan lebih detail untuk menguraikan kalimat matematika. Hal ini akan memperjelas bagaimana proses perkalian akan diselesaikan.

Baca juga: Pengertian Angka Ganjil Dan Angka Genap

Cara Menghitung Perkalian

Di kelas 2, kalian sudah belajar mengenai cara menghitung perkalian. Bedanya di kelas 3, kalian akan menghitung perkalian dengan menyesuaikan jumlah bilangannya, dari satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dan seterusnya. Pahami dengan baik caranya dan lakukan beberapa latihan untuk lebih menguasainya.

1. Penguraian Sederhana

Penguraian bilangan dapat dipilih pada bilangan yang memiliki jumlah lebih besar seperti berikut.

2 x 123 =

Uraikan bilangan yang besar, yaitu 123 menjadi 123 = 100 + 20 + 3. Lalu, kalikan satu persatu seperti berikut.