Soal Matematika Kelas 2 SD Perkalian Dan Pembagian


Soal Matematika Kelas 2 SD Perkalian Dan Pembagian – Pelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang berhubungan dengan menghitung. Operasi hitung dalam matematika memiliki dasar yang perlu diketahui siswa di bangku sekolah dasar. Pelajaran di bangku sekolah dasar menjadi salah satu pelajaran yang penting dan diharapkan siswa dapat memahami dengan baik.



Pelajaran dasar dari matematika yang mulai diajarkan di kelas 2 SD adalah materi mengenai perkalian dan pembagian. Operasi perkalian dan pembagian menjadi bagian dari aritmatika yang menjadi tumpuan untuk mempelajari matematika lebih jauh.

Baca juga: Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Kelas 2 SD

Pembahasan kali ini akan memberikan materi dasar mengenai perkalian dan pembagian. Bagi anak-anak yang belum menghafal perkalian dasar 1 – 10 sebaiknya diarahkan terlebih dahulu agar memudahkan anak ketika belajar. Berikut merupakan tabel perkalian dasar 1 – 10.

Konsep perkalian berhubungan dengan pembagian. Dengan menghafal perkalian dasar, anak akan mudah mempelajari pembagian juga. Setelah anak mampu menghafal perkalian dasar, alangkah baiknya kita mulai membahas materi mengenai perkalian dan pembagian. Berikut penjelasannya.

Baca juga: Contoh Soal Satuan Panjang Kelas 3 SD

Mengenali Dasar Perkalian

Sebelum mempelajari mengenai perkalian dan pembagian, anak-anak pasti sudah harus dikenalkan terlebih dahulu dengan penjumlahan dan pengurangan. Operasi hitung (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) berhubungan satu sama lain. Hal ini karena dasar dari perkalian adalah penjumlahan karena perkalian adalah penjumlahan secara berulang.



Secara umum, simbol pada operasi perkalian adalah “x” dan dapat kalian sebut dengan istilah cross sign. Selain simbol “x” kalian juga dapat menggunakan simbol tanda “.” untuk mempermudah penulisannya.

Perkalian memiliki konsep bilangan yang sama dijumlahkan menjadi bilangan baru. Penjumlahan secara berulang akan membutuhkan waktu yang lama sehingga dengan perkalian akan memberikan waktu yang efektif. Agar lebih mudah memahami perkalian, mari kita perhatikan gambar berikut.

Pada gambar di atas, dapat kita ibaratkan operasi hitung perkalian seperti berikut.



1 x 3 = 3 yang ditunjukkan pada gambar kotak yang pertama.

2 x 3 = 6 yang ditunjukkan pada gambar kotak pertama dan kedua.

3 x 3 = 9 yang ditunjukkan pada gambar kotak pertama, kedua, dan ketiga.

Gambar di atas merupakan contoh dari perkalian dasar 1 – 10. Untuk mengerjakan perkalian yang terdiri dari angka 2 digit dapat menggunakan perkalian bersusun. Contoh dari perkalian bersusun sebagai berikut.

22
22  x
44
44    +
484





Leave a Comment