Jika Tautan Rusak atau Halaman Error,

Hubungi Halaman "Kontak Admin"

×

Cara Perkalian Cepat Anak SD


Namun, perlu diingat dalam mengajari anak perlu dijelaskan hal-hal dasarnya terlebih dahulu. Dengan begitu, berikut akan diuraikan cara-cara dalam mengajari anak materi mengenai perkalian.

1. Perkenalan Perkalian

Sebelum menjelaskan lebih dalam mengenai perkalian, tentunya anak harus dikenalkan terlebih dahulu mengenai angka-angka. Dalam hal ini, anak harus mengetahui angka-angka dasar seperti 1 – 10 yang dapat ia temukan di mana saja. Mulai dari perkalian 0 dan 1 karena anak mungkin akan senang dan percaya diri untuk menguasai angka-angka tersebut. Lalu, berikan anak beberapa waktu untuk latihan. Setelah itu, Mama bisa meningkatkan level lainnya satu kali setiap kali secara bertahap. Misalnya, melanjutkan perkalian 2–5 dan 6–10 dan intinya selalu berikan anak waktu untuk berlatih, baik secara lisan maupun tertulis.



Namun, setiap anak belum tentu dapat mencerna hal-hal abstrak seperti angka yang tidak dapat ia pegang. Dengan begitu, anak perlu diperkenalkan lebih dalam untuk menulis angka-angka sehingga nantinya tidak asing. Hal ini nantinya akan mempermudah anak dalam perkenalan mengenai operasi hitung dasar yang salah satunya adalah perkalian.

Dalam mengenalkan perkalian, tentunya kita harus memberikan konsep dasarnya. Misalnya, kita dapat memberikan beberapa gambar mengenai konsep perkalian seperti berikut.

Pada gambar di atas, dapat kita ibaratkan operasi hitung perkalian seperti berikut.