Konsep dan Rumus Bunga Tunggal


Bunga Tunggal – Ketika melakukan urusan terkait uang di bank, terdapat beragam istilah yang perlu diketahui lebih dalam agar kamu mendapatkan keuntungan memilih menabungkan uangmu di sana. Salah satunya mendapatkan bunga dari bank, tak terkecuali bunga tunggal.



Bunga tunggal merupakan bunga yang dihitungan persentasenya yang didasarkan dari modal awal saja. Pada penggunaan bunga tunggal pembalasan jasa dari pinjaman atau simpanan dapat dibayarkan pada akhir jangka waktu yang telah disepakati bersama. Misalnya, ketika seseorang melakukan kredit ke bank biasanya akan berhubungan dengan bunga tunggal yang berkaitan dengan setoran tunggal.

Baca Juga: Cara Menghitung Bunga Deposito Semua Bank

Baca Juga: Contoh Soal Diskonto Dan Pembahasan

Baca Juga: Rumus Cara Menentukan Harga Jual

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai bunga tunggal. Berikut pembahasannya.



Konsep bunga tunggal

Bunga tunggal memiliki makna sebagai bunga yang diberikan berdasarkan perhitungan modal awal, sehingga bunga hanya memiliki satu variasi saja (tetap) dari awal periode sampai akhir periode. Misalnya saat menabung di bank biasanya akan mendapatkan bunga yang tetap di setiap periode.

Modal adalah jumlah dari yang dibungakan hal ini berkaitan dengan modal awal. Modal awal merupakan modal yang dikeluarkan pada awal waktu usaha dan sebelum dibungakan. Lalu, setelah berakhir jangka waktu akan terdapat modal akhir yang dapat dimaknai sebagai hasil dari modal yang dibungakan.

Jika modal awal sebesar M0 mendapat bunga tunggal sebesar b (dalam persentase) tiap bulan maka setelah n bulan besar modalnya Mn dengan begitu dapat diketahui persamaan dari bunga tunggal yaitu Mn = M0 (1+n b).

Manfaat memahami bunga tunggal

Sebelumnya, kita pasti paham bahwa konsep bunga akan selalu diterapkan jika kita berhubungan dengan bank. Baik, dalam hal kita menabung atau meminjam uang di bank pasti akan berkaitan dengan konsep bunga. Oleh karena itu, kita perlu memahami lebih dalam mengenai konsep bunga sehingga mengetahui manfaat kedepannya. Berikut beberapa hal yang dijadikan sebagai manfaat memahami konsep bunga tunggal.



  1. Dapat menghitung sendiri besaran bunga yang harus dibayar ke bank.
  2. Jika ingin meminjam uang ke bank, kita dapat memperkirakan berapa jumlah uang yang sanggup dipinjam dan kembalikan.
  3. Dapat membuat perencanaan keuangan lebih baik karena mengetahui berapa jumlah uang yang harus ditabung untuk dapat meminjam uang dari bank.

Baca Juga: Cara Menghitung Pajak Penghasilan PPH 21

Baca Juga: Cara Menghitung NPV (Net Present Value)

Baca Juga: Cara Menghitung Laju Inflasi Dengan Tepat

Rumus Menghitung Bunga Tunggal

Ilustrasi Contoh Soal

Iwan mendapatkan dana pinjaman dari yayasan pendidikan “Indonesia Pintar Berkarya” untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan pinjaman Rp20.000.000,00 dengan bunga tunggal 5% per tahun selama 4 tahun. Adi membayar lunas pinjamannya setelah 4 tahun sebesar Rp24.000.000,00 dengan rincian pinjaman sebagai berikut:



Leave a Comment