Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di CARAHARIAN

×

Cara Mengubah Desimal ke Pecahan dengan Mudah


Cara Mengubah Desimal ke Pecahan – Dalam ilmu matematika, tentunya kita akan diberikan kumpulan bilangan-bilangan yang menjadi dasar permasalahannya dan dipecahkan untuk dicari solusinya. Bilangan-bilangan di dalam matematika sendiri memiliki beragam jenis, mulai dari bilangan bulat, bilangan negatif, bilangan prima, hingga bilangan desimal. Tanpa adanya bilangan-bilangan ini, konsep atau kalimat matematika tidak dapat disusun dan dipecahkan untukmendapatkan hasilnya.

Salah satu bilangan yang menjadi konsep perhitungan pada matematika adalah bilangan desimal. Bilangan desimal adalah bilangan yang terdiri dari bilangan bulat dan bilangan pecahan yang dalam penulisannya antara bilangan bulat dan pecahan dipisahkan dengan tanda koma. Dengan begitu, tanda baca koma ini disebut dengan koma desimal. Pada bilangan desimal, bagian yang nilainya lebih kecil dari bilangan satuan diletakkan di sebelah kanan tanda koma. Ketentuan bilangan yang berada di sebelah kanan desimal merupakan bilangan persepuluhan dan setiap bilangan yang berada di sebelah kanannya menjadi sepersepuluhan lebih kecil dari sebelumnya.



Baca juga: Macam Macam Bilangan Dalam Perhitungan Matematika

Pada beberapa kasus, sebuah bilangan matematika dapat diubah bentuknya ke beberapa jenis bilangan-bilangan. Hal ini biasanya digunakan untuk mempermudah perhitungan dalam memecahkan sebuah persoalan matematika. Salah satu alternatif yang digunakan untuk memecahkan persoalan matematika adalah pengubahan bentuk bilangan desimal ke bilangan pecahan. Secara matematis, bilangan pecahan dapat disimbolkan dengan “a/b”. Bilangan a/b bisa dibaca dengan “a per b”. Bilangan a sebagai pembilang dan bilangan b sebagai penyebut.