Tipe, Struktur dan Anatomi Otot Polos


Tipe, Struktur dan Morfologi Otot Polos – Otot polos merupakan bagian dari pembahasan otot yang utamanya berfungsi sebagai alat gerak aktif. Perlu diketahui, manusia memiliki dua macam alat gerak utama, yaitu alat gerak aktif dan pasif. Mudahnya, alat gerak aktif dapat kita ketahui di otot dan alat gerak pasif terdapat di rangka atau tulang. Dari otot sendiri akan dibahas terperinci lagi mengenai jenisnya, salah satunya otot polos.

Berdasarkan namanya, otot polos merupakan otot yang berbentuk polos. Hal ini membedakan dengan otot-otot lainnya di dalam tubuh kita. Bila jaringan otot polos tersebut diamati dengan menggunakan mikroskop maka akan terlihat serabut-serabut yang homogen dan akan tampak polos atau tidak bergaris-garis.



Otot polos memiliki beberapa tipe yang memberikan pembahasan lebih dalam mengenai morfologinya. Dalam tipe-tipe dari otot polos akan diketahui pula fungsi dan tugasnya saat ada di dalam tubuh manusia. Jika dilihat dari persebarannya, otot polos memiliki sebaran hampir di seluruh tubuh mulai dari saluran pernapasan, kandung kemih, rahim, hingga saluran pencernaan.

Baca juga: Contoh Otot Polos pada Tubuh Manusia



Leave a Comment