Contoh Otot Polos pada Tubuh Manusia


Gambar Otot Polos pada Tubuh Manusia – Perlu diketahui, manusia memiliki dua macam alat gerak utama, yaitu alat gerak aktif dan pasif. Mudahnya, alat gerak aktif dapat kita ketahui di otot dan alat gerak pasif terdapat di rangka atau tulang. Keduanya memiliki fungsi dan karakteristik tersendiri dalam tubuh manusia.

Alat gerak aktif utamanya akan membahas mengenai otot. Otot memiliki mekanisme kontraksi yang dipicu oleh potensial aksi. Otot secara garis besar dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu otot polos, otot rangka, dan otot jantung. Ketiganya memiliki aturan bekerja yang berbeda, seperti pada otot rangka yang dapat kita control secara sadar, sedangkan otot polos dan jatung yang dapat bekerja secara otomatis.



Otot polos dan jantung menjadi otot yang dapat bekerja secara otomatis. Hal ini dapat dipahami bahwa sistem kerja kedua otot tersebut diperintah langsung oleh otak dan kebutuhan tubuh. Jika dilihat dari persebarannya, otot polos memiliki sebaran hampir di seluruh tubuh, sedangkan otot jantung merupakan otot yang spesifikasi utamanya di jantung.

Baca juga: Cara Menghitung Tetesan Infus Makro Dan Mikro



Leave a Comment