Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria Dan Wanita


Menghitung Berat Badan Ideal – Setiap orang pasti menginginkan punya tubuh ideal baik itu wanita ataupun pria. Dengan memiliki tubuh yang bagus maka akan menambah kepercayaan diri, hanya saja banyak orang yang belum tahu bagaiama cara mengetahui ukuran bentuk tubuh ideal selain dilihat dari fisiknya.

Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya untuk mengetahui berat tubuh ideal ada rumus yang bisa anda manfaatkan seperti misalnya rumus BMI dan Brocha. Biasanya kedua rumus tersebut sangat mudah digunakan dan lazim dipakai oleh banyak orang.

Apabila anda masih bingung mengenai bagaimana cara menghitung berat badan ideal bisa mencoba beberapa tips yang saya berikan dibawah ini. Untuk menghitung berat badan sebenarnya tidak begitu sulit karena sudah ada rumusnya dan bahkan disediakan pula kalkulator yang tentu lebih akurat.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Rumus BMI

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria Dan Wanita

Dengan menggunakan rumus BMI (Body Mess Index) atau biasa disebut juga dengan IMT (Indek Massa Tubuh) maka anda bisa mengetahui berapa tinggi dan berat tubuh yang ideal. Untuk anda yang masih bingung bagaimana caranya berikut saya berikan.

Contohnya :

Berat Badan Ideal = Berat Badan (Kg) : (Tinggi badan x Tinggi badan)
Sebagai Contoh: Berat badan anda 50 kg : (1,68 m x 1,68 m) = 45 : 2,82 = 17,0 adalah Nilai BMI anda.

Atau bisa juga mencoba menggunakan kalkulator BMI online yang saya sediakan dibawah ini :

Kalkulator BMI Online

Berat Badan   kg
Tinggi   cm
Standar Pengukuran

Nah setelah anda tahu angka yang diperoleh langkah selanjutnya adalah mengetahui standar BMI itu sendiri, anda bisa melihat tabelnya diatas.

Baca Juga: Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Per Hari

Tabel Standar BMI Untuk Pria dan Wanita

Menghitung berat badan ideal menggunakan rumus Brocha

Caranya seperti yang saya berikan dibawah ini :

Berat wanita ideal = (Tinggi badan – 100) – (15% x (Tinggi badan – 100))

Contoh kalkulasinya pada wanita yang memiliki tinggi badan 167 cm, berapakah berat idealnya:

(167 – 100) – (15% x Tinggi badan – 100) = 67 – (15% x 67) = 67 – 10,5 = 56.5 Kg

Maka berat badan ideal wanita dengan tinggi 167 cm adalah 56,5 kg

NB: Prosentase 15% bisa diubah jadi 10% dengan syarat jika wanita tersebut merasa sangat sehat dan sangat bugar.

Berapakah Berat Badan Ideal Wanita?

Diatas saya sudah membagikan tabel BMI yang bisa Anda jadikan gambaran. Namun untuk lebih jelasnya akan saya akan membahas sedikit. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa berat badan ideal wanita bisa didapatkan dari indikator berat badan dan juga tinggi badan. Hal ini berarti angka yang dianggap paling ideal yaitu ketika mereka tepat beada di angka 18.5 sampai 22.9.

Ada banyak sekali faktor lainnya yang dapat menentukan berat badan ideal wanita, yaitu:

  • Tinggi badan
  • Usia atau umur
  • Komposisi lemak dan otot
  • Rangka tubuh

Usia menjadi salah satu faktor yang bisa dibilang paling menentukan. Sebab, wanita yang jauh lebih tua pada umumnya menyimpan lemak dalam jumlah yang cukup banyak di tubuh jika dibandingkan dengan wanita yang lebih muda. Disamping itu, wanita pada umumnya juga mempunyai lemak yang lebih tinggi daripada pria.

Rumus Brocha Untuk Menghitung Berat Badan Ideal Pria

Berat pria ideal = (Tinggi badan – 100) – (10% x (Tinggi badan – 100))

Contoh kalkulasinya jika diterapkan pada pria dengan tinggi badan 175 cm, berapakah berat idealnya:

(175 – 100) – (10% x (Tinggi badan – 100)) = 75 – (10% x 75) = 75 – 7,5 = 67.5 Kg

Maka berat badan ideal pria tersebut menurut rumus brocha adalah 67.5 kg

Itulah dua cara mudah menghitung berat badan ideal bagi tubuh. Selanjutnya saya akan memberikan tips bagaimana cara menjaga berat badan agar selalu ideal.

Lalu Bagaimana Cara Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal?

Cara Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal?

Bagi pria ataupun wanita yang sedang ingin menjaga berat badan agar selalu ideal, dianjurkan untuk mengikuti beberapa panduan berikut ini:

  • Rutin Berolahraga

Melakukan kegiatan olahraga jenis apapun itu, asalkan dilakukan secara rutin maka bisa dijadikan sebagai salah satu solusi yang paling tepat untuk menjaga kebugaran tubuh, menurunkan resiko munculnya segala macam jenis penyakit, dan bisa mencapat berat badan ideal.

Olahraga yang bisa dilakukan untuk selalu menjaga berat badan agar selalu ideal dapat dimulai dari olahraga sederhana seperti bersepeda, jalan kaki, lari atau bahkan bisa juga olahraga di gym. Namun saya sarankan untuk memiliki olahraga yang benar-benar Anda sukai sehingga nantinya tidak akan terasa seperti paksaan.

Olahraga apapun mulai dari olahraga dengan instensitas tinggi sampai yang ringan semuanya sama-sama memberikan manfaat yang positif bagi tubuh. Dalam hal ini Anda harus usahakan untuk melakukan olahraga secara rutin selama kurang lebih 15 sampai dengan 30 menit dalam setiap harinya, atau setidaknya 3 kali dalam satu minggu.

  • Pilih Makanan dengan Bijak

Untuk mendapatkan berat badan ideal maka mulai sekarang usahakan untuk mengonsumsi makanan yang sehat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan juga biji-bijian. Nah, disini Anda bisa mengonsumsi ikan, tahu, tempe, dan juga susu yang rendah lemak untuk mendapatkan asupan protein.

Batasi konsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh seperti susu tinggi lemak, keju, dan juga daging olahan. Anda bisa mengganti makanan berlemak tersebut dengan berbagai makanan yang memiliki kandungan lemak sehat, yaitu ikan, kacang-kacangan, dan juga alpukat.

  • Perhatikan Porsi Makanan

Mengonsumsi makanan-makanan yang sehat tentunya harus disertai dengan porsi makan yang cukup. Jika Anda mengonsumsi secara berlebihan, bukan banyak nutrisi yang Anda dapatkan tetapi obesitas. Maka dari itu, penting sekali untuk membatasi porsi makan agar bisa mendapatkan berat badan yang ideal.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Memperbanyak minum air putih dan mengurangi minuman manis ternyata sangat membantu seseorang untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Dengan minum air putih yang cukup juga bisa membuat Anda merasa kenyang. Dengan demikian maka keinginan Anda untuk makan secara berlebih atau ngemil bisa sedikit diredam.

Disamping itu, air putih juga sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh sehingga Anda akan terhindar dari dehidrasi, batu ginjal, dan bahkan sembelit. Untuk asupan air putih yang disarankan adalah sebanyakan 8 gelas dalam satu hari.



Loading...

Leave a Comment