Jika Tautan Rusak atau Halaman Error,

Hubungi Halaman "Kontak Admin"

×

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Yang Benar


Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria Dan Wanita

Menghitung Berat Badan Ideal – Setiap orang pasti menginginkan punya tubuh ideal baik itu wanita ataupun pria. Dengan memiliki tubuh yang bagus maka akan menambah kepercayaan diri, hanya saja banyak orang yang belum tahu bagaiama cara mengetahui ukuran bentuk tubuh ideal selain dilihat dari fisiknya.

Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya untuk mengetahui berat tubuh ideal ada rumus yang bisa anda manfaatkan seperti misalnya rumus BMI dan Brocha. Biasanya kedua rumus tersebut sangat mudah digunakan dan lazim dipakai oleh banyak orang.



Apabila anda masih bingung mengenai bagaimana cara menghitung berat badan ideal bisa mencoba beberapa tips yang saya berikan dibawah ini. Untuk menghitung berat badan sebenarnya tidak begitu sulit karena sudah ada rumusnya dan bahkan disediakan pula kalkulator yang tentu lebih akurat.

Bagaimana Berat Badan yang Ideal?

Orang awam mempunyai beragam pandangan mengenai berat badan ideal. Kebanyakan menganggap berat badan yang ideal adalah yang tidak terlihat gemuk dan juga kurus. Berat badan yang ideal bisa mengacu pada tinggi badannya.

Akan tetapi walaupun tinggi badan menjadi tolok ukur utama, kita juga harus memperhatikan beberapa faktor lainnya dalam menentukan apakah berat badan kita tergolong sehat atau tidak. Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan adalah jenis kelamin, usia, massa otot, hingga bentuk tubuh.

Memiliki berat badan yang ideal penting bagi kita karena hal tersebut menjadi salah satu upaya agar kita terhindar dari berbagai penyakit dan membuat tubuh tetap sehat. Seperti yang diketahui, kelebihan berat badan dapat memicu berbagai penyakit. Mulai dari diabetes melitus, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan lain sebagainya.

Meski begitu bukan berarti orang yang berat badannya terlalu rendah terbebas dari berbagai penyakit. Ada beberapa penyakit yang bisa membayangi orang dengan berat badan rendah, seperti osteoporosis, anemia, hingga gangguan pertumbuhan.

Untuk itu berat badan ideal bagi pria maupun wanita tidak dapat diukur dari tubuh mereka yang ramping saja. Sebagai gambaran, orang dengan tinggi badan 160 cm tentu mempunyai berat badan ideal yang berbeda dengan orang yang memiliki tinggi 175 cm. Untuk mengetahui berat badan yang ideal kita bisa menggunakan beberapa rumus. Pada kali ini kami berikan beberapa cara yang bisa Anda coba gunakan.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Rumus BMI

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria Dan Wanita

Pertama-tama mari kita bahas apa itu BMI. BMI merupakan singkatan dari Body Mass Index atau dalam bahasa Indonesia Indeks Massa Tubuh. BMI adalah perhitungan berdasarkan tinggi dan berat badan untuk mengetahui apakah berat badan seseorang sudah ideal atau belum.

Dalam perhitungan ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya rumus BMI hanya cocok diterapkan pada orang dengan umur 20 tahun ke atas. Di samping itu rumus ini juga kurang tepat jika digunakan menghitung berat badan atlet atau olahragawan karena rumus BMI tidak memperhitungkan massa otot dan massa lemak. Sehingga bisa saja seseorang dianggap gemuk, padahal sebagian besar komposisi berat badannya berasal dari massa otot.

Dengan menggunakan rumus BMI (Body Mess Index) atau biasa disebut juga dengan IMT (Indek Massa Tubuh) maka anda bisa mengetahui berapa tinggi dan berat tubuh yang ideal. Untuk anda yang masih bingung bagaimana caranya berikut saya berikan.

Contohnya :

Berat Badan Ideal = Berat Badan (Kg) : (Tinggi badan x Tinggi badan)
Sebagai Contoh: Berat badan anda 50 kg : (1,68 m x 1,68 m) = 45 : 2,82 = 17,0 adalah Nilai BMI anda.

Keterangan:

  1. Angka BMI normal berkisar 18,5 sampai 24,9.
  2. Jika angka BMI lebih dari 25, maka orang tersebut memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung, osteoarthritis, kanker, hingga diabetes level 2.
  3. Apabila angka BMI kurang dari 18 maka berisiko terkena penyakit osteoporosis.
  4. Orang dengan BMI di atas 27 atau di bawah 18 perlu meminta saran dokter dan memperbaiki pola hidup supaya bisa mendapatkan berat badan yang ideal.
  5.  Orang dengan BMI di atas 40 patut berhati-hati karena lebih rentan terhadap berbagai penyakit.

Atau bisa juga mencoba menggunakan kalkulator BMI online yang saya sediakan dibawah ini :

Kalkulator BMI Online

Berat Badan   kg
Tinggi   cm
Standar Pengukuran

Nah setelah anda tahu angka yang diperoleh langkah selanjutnya adalah mengetahui standar BMI itu sendiri, anda bisa melihat tabelnya diatas.