Cara Mencari Faktor Bilangan dan Contoh Soal


Cara Menentukan Faktor Bilangan – Dalam pembelajaran matematika, terdapat materi mengenai faktor bilangan. Faktor bilangan adalah sebuah bilangan yang dapat membagi habis bilangan tersebut. Untuk menentukan bilangan, kita dapat menggunakan cara mencari pasangan bilangan tersebut dengan cara hasil apabila dikalilan hasilnya bilangan yang dicari faktornya.

Faktor menggunakan beberapa bilangan-bilangan tertentu yang dapat membagi habis suatu bilangan. Sebuah bilangan a dapat dikatakan sebagai faktor bilangan b, jika a habis membagi b. Dengan ketentuan, a dan b merupakan bilangan asli.



Faktor bilangan dapat diartikan sebagai unsur-unsur atau bagian yang termasuk dalam perkalian suatu bilangan. Bagian ini dijadikan sebagai hasil dari perkalian itu sendiri. Kata faktor tersebut memang sering terdengar dalam ilmu Matematika. Untuk itulah di dalam pelajaran Matematika terdapat materi mengenai cara menentukan faktor suatu bilangan.

Baca Juga: Reaksi Hidrokarbon, Subtitusi, Adisi dan Eliminasi

Baca Juga: Ciri-Ciri Tumbuhan Gymnospermae dan Proses Reproduksi

Baca Juga: Pembahasan Rumus Diferensial (Turunan)

Pada pembahasan kali ini kalian akan mempelajari mengenai faktor bilangan. Berikut pembahasannya.

Faktor Bilangan

Faktor bilangan merupakan sebuah bilangan yang menghasilkan bilangan asli dari pembagian bilangan lainnya. Contohnya, bilangan 6 yang dibagi dengan 2 sehingga 2 adalah faktor. Hal ini karena bilangan dua termasuk dalam bilangan pembagi dan termasuk salah satu bilangan asli.

Secara umum, bilangan bulat terdiri dari bilangan cacah (0, 1, 2, 3, …) dan negatifnya (-1, -2, -3, …) Kenapa tidak ada -0? Karena -0 adalah sama dengan 0 jadi tidak lagi dimasukkan secara terpisah (dua kali). Bilangan bulat dapat dituliskan tanpa komponen desimal atau pecahan. Misalnya, kita cukup menuliskan 1 -(tidak perlu 1,0) , atau -2 (tidak perlu -2,0).

Untuk menentukan bilangan, kita dapat menggunakan cara mencari pasangan bilangan tersebut dengan cara hasil apabila dikalilan hasilnya bilangan yang dicari faktornya.

Contoh:

Faktor bilangan 12



Leave a Comment