Ciri-Ciri Tumbuhan Gymnospermae dan Proses Reproduksi


Ciri-Ciri Tumbuhan Gymnospermae dan Proses Reproduksi – Makhluk hidup yang ada di dunia ini dapat kita bedakan menjadi tiga jenis secara umum, yaitu manusia, hewan, dan tumbuhan. Ketiganya memilii beragam ciri-ciri yang dapat ditemukan sebagai makhluk hidup, seperti bernapas, bergerak, makan dan minum, tumbuh dan berkembang, berkembang biak, serta beberapa ciri lainnya. Tentunya, selain dengan adanya ciri-ciri mengenai makhluk hidup ketiganya mempunyai perbedaan yang signifikan untuk mengetahui jenis-jenisnya.



Salah satu jenis makhluk hidup yang memiliki perbedaan signifikan dengan makhluk hidup lainnya adalah tumbuhan. Tumbuhan merupakan salah satu makhluk hidup yang memiliki daun, batang, dan akar sehingga dapat menghasilkan makanan sendiri dengan proses umumnya, yaitu fotosintesis.

Tumbuhan sebagai makhluk hidup juga memiliki ciri-ciri umumnya, tak terkecuali dengan perkembangbiakannya. Perkembangbiakan pada tumbuhan menggunakan biji yang dapat digunakan sebagai bakal buah. Berdasarkan bijinya, tumbuhan dibedakan menjadi beberapa jenis dan salah satunya adalah tumbuhan gymnospermae.

Baca juga: Rumus Titik Berat dan Contoh Soal

Baca juga: Pengurangan dan Penjumlahan Vektor Beserta Contoh Soal

Baca juga: Proses Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia



Pada pembahasan kali ini, kalian akan mempelajari mengenai tumbuhan gymnospermae. Berikut pembahasannya.

Konsep gymnospermae pada tumbuhan

Gymnospermae adalah kelompok tanaman yang mempunyai biji terbuka dalam bakal buah. Maka dari itu, kelompok tanaman ini disebut juga tumbuhan berbiji terbuka. Kata “gymnos” artinya telanjang dan “sperma” berarti biji.

Maka dari itu gymnospermae berarti tumbuhan berbiji telanjang atau tidak tertutup. Pada kelompok tanaman ini, bijinya terletak di antara daun penyusunan strobilus atau runjang.
Tanaman berbiji terbuka memiliki ciri-ciri khusus sehingga mudah dikenali. Tanaman ini terdiri atas tumbuha berkayu dengan ragam habitus.

Berikut beberapa ciri dari tanaman berbiji terbuka.



1. Bakal biji tidak dilindungi daun buah.

2. Umumnya termasuk tanaman perdu atau pohon dan tidak ada yang berbentuk herba.

3. Batang dan akar berkambium sehingga tumbuh besar. Akar dan batang selalu tumbuh menebal.

4. Berkas pembuluh pengangkut kolateral terbuka. Xilem terdiri atas trakeid dan floem tidak memiliki sel pengiring.

5. Akar, batang, dan daunnya sejati. Memiliki bentuk akar tunggang. Daun sempit, tebal, dan kaku. Tidak mempunyai bunga sejati.



6. Alat kelamin terpisah. Serbuk sari ada di strobilus jantang dan sel telur ada di strobilus betina.

7. Perkembangbiakan tanaman ini menghasilkan biji dari bunga atau runjang. Dalam biji mengandung bakal tanaman atau embrio yang akan bertunas dan menjadi tanaman dewasa.

8. Sperma menuju sel telur melalui tabung serbuk sari.



Leave a Comment