Cara Menghitung Jumlah Huruf Dan Kata Di Excel


Menghitung Jumlah Karakter Di Excel – Siapa yang tak kenal dengan Microsoft Excel. Bahkan anak yang duduk di bangku sekolah saja saat ini sudah mengeri apa itu Microsoft Excel. Tak mengherankan memang, software ini memiliki segudang manfaat yang bisa kita pakai sesuai dengan kebutuhan.

Mulai dari analisis sebuah data, melakukan rekapitulasi, melakukan perhitungan yang melibatkan baris dan kolom, hingga menghitung jumlah huruf dan kata. Memang software ini bisa melakukan hal-hal yang tak pernah terpikirkan oleh kita sebelumnya, seperti menghitung kata.

Dalam Excel ada beberapa fungsi yang bisa kita manfaatkan untuk menghitung kata atau teks sesuai dengan kebutuhan. Selain itu juga ada beberapa format rumus yang bisa disesuaikan dengan kondisi atau kebutuhan. Bahkan Anda juga bisa mengembangkan rumus yang kami sampaikan di bawah ini menjadi lebih kompleks dengan menambahkan fungsi-fungsi tertentu dan lain sebagainya.

menghitung kata excel

Pada contoh ini kami menggunakan Microsoft Excel 2019. Anda tidak harus memakai versi ini, bisa versi berapa saja. Penasaran bagaimana cara melakukannya? Silakan simak tutorial di bawah ini.

Baca juga: Cara Menggabungkan Kata Di Excel

Cara Menghitung Karakter

Jika Anda ingin menghitung karakter atau huruf pada Excel maka Anda bisa memanfaatkan fungsi LEN. Cara pengoperasian rumus ini sangatlah mudah. Berikut sintaks fungsi LEN:

=LEN(teks)

Ada beberapa format penulisan yang bisa Anda pilih. Yakni dengan menuliskan langsung kata atau kalimat pada sintaks fungsi, atau dengan menentukan sel yang ingin dihitung katanya. Contohnya adalah sebagai berikut:

  1. =LEN(“Nama saya adalah Budi”)
  2. =LEN(12345)
  3. =LEN(B12)

Jangan lupa untuk menambahkan tanda petik jika Anda memasukkan kata atau kalimat pada rumus.

Cara Menghitung Karakter Beberapa Cell Sekaligus

Rumus LEN excel tidak bisa digunakan untuk menghitung jumlah huruf atau teks kalimat dalam banyak sel sekaligus. Argumen Fungsi LEN hanya bisa diisi 1 Argument saja.

Jika anda bermaksud menghitung jumlah huruf pada banyak Sel, maka Anda bisa menggunakan fungsi penjumlahan dengan SUM. Berikut ini contohnya.

menghilangkan spasi excel otomatis

Rumus Excel

“=LEN(A1)+LEN(A2)+LEN(A3)”

Bisa juga menggunakan

“=SUM(LEN(A1);LEN(A2);LEN(A3))”

tanpa tanda petik.

Jika anda memasukkan range A1:A3 sebagai argumen dan hasilnya adalah pesan kesalahan #VALUE seperti gambar contoh diatas.

Bagaimana supaya tidak muncul hasil error #Value, Anda bisa menggunakan fungsi rumus SUMPRODUCT seperti ini.

Rumus Excel

“=SUMPRODUCT(LEN(A1:A3))”

tanpa tanda petik

Cara Menghitung Jumlah Kata

Cara di atas digunakan untuk menghitung jumlah karakter pada suatu data atau sel. Lalu bagaimana jika kita ingin menghitung jumlah kata? Untuk hal ini kita tetap bisa memakai fungsi di atas. Hanya saja penulisan rumusnya berbeda.

Rumus yang digunakan adalah sebagai berikut:

=LEN(Kalimat)-LEN(SUBSTITUTE(Kalimat;” “;””))+1

Untuk diingat, ganti kata Kalimat dengan referensi sel yang ingin Anda hitung jumlah katanya. Silakan simak contoh berikut:

  • Kami memiliki tiga baris kalimat yang ditulis pada kolom A.

  • Seperti yang bisa dilihat, di samping kalimat tersebut kami gunakan rumus di atas untuk menghitung jumlah kata masing-masing kalimat.
  • Dan Excel secara otomatis menghitung jumlah kata masing-masing sel.

Supaya lebih jelas kami jabarkan penjelasan rumus di atas. LEN(Kalimat) dipakai untuk menghitung jumlah seluruh karakter pada sel yang dipilih. Lalu rumus LEN(SUBSTITUTE(Kalimat;” “;””)) dimasukkan untuk menghitung jumlah karakter tanpa menghitung spasi.

Supaya dapat menghitung jumlah karakter tanpa spasi kita perlu menghilangkannya terlebih dahulu dengan fungsi SUBSTITUTE seperti rumus di atas.

Apabila kalimat yang Anda masukkan terdapat spasi ganda maka hasilnya tidak akan valid jika memakai rumus di atas. Anda harus menghilangkannya terlebih dahulu dengan fungsi TRIM. Sehingga rumusnya menjadi =LEN(TRIM(Kalimat))-LEN(SUBSTITUTE(Kalimat;” “;””))+1.

Cara Menghitung Jumlah Kata Suatu Range

Dengan Excel kita bisa menghitung jumlah kata pada suatu range. Salah satu caranya adalah dengan menghitung sel satu per satu lalu dijumlahkan dengan fungsi SUM. Akan tetapi ada cara yang lebih ringkas, yakni dengan memakai array formula. Rumus array bisa Anda lihat di bawah ini:

=SUM(LEN(RangeKalimat)-LEN(SUBSTITUTE(RangeKalimat;” “;””))+1)

Setelah menulis fungsi tersebut Anda tekan tombol Ctrl + Shift + Enter secara bersamaan. Maka hasilnya akan muncul. Contohnya simak gambar berikut.

Jika Anda lihat pada rumus tersebut muncul tanda kurung kurawal sehingga rumus kita menjadi {=SUM(LEN(A1:A3)-LEN(SUBSTITUTE(A1:A3;” “;””))+1)}. Tanda ini dibuat secara otomatis oleh aplikasi sebagai tanda bahwa rumus tersebut adalah rumus array. Jika Anda tidak menekan tombol Ctrl + Shift + Enter maka hasilnya akan error.

Cara Menghitung Jumlah Kata Tertentu

Dengan menggunakan Microsoft Excel kita juga dapat menghitung jumlah kata tertentu yang muncul pada suatu sel. Rumus yang digunakan adalah:

=SUM(LEN(ReferensiSel)-LEN(SUBSTITUTE(ReferensiSel;”KataDihitung”;””)))/LEN(“KataDihitung”)

Silakan lihat contoh di bawah ini:

Pada contoh di atas kami ingin menghitung jumlah kata dokter yang muncul pada sebuah kalimat. Sehingga rumus yang ditulis adalah =SUM(LEN(A5)-LEN(SUBSTITUTE(A5;”dokter”;””)))/LEN(“dokter”).

Anda bisa mengganti kata yang ingin dihitung jumlahnya dengan sel yang berisi kata atau teks yang ingin dihitung jumlahnya. Misalnya pada isian dokter tersebut Anda mengganti dengan sel A7 yang di sana terdapat kata dokter. Ingat, jika menulis referensi sel Anda tidak perlu memberikan tanda petik.

Selain itu perlu dicatat juga bahwa fungsi SUBSTITUTE memiliki sifat case sensitive. Artinya huruf kecil dan huruf besar akan dianggap berbeda. Jika Anda ingin mengabaikan penulisan huruf besar ataupun kecil maka Anda perlu mengubah huruf-huruf tersebut dengan fungsi UPPER atau LOWER.

Cara Menghitung Kata Tertentu pada Range

Jika Anda ingin mencari karakter tertentu pada suatu range, maka caranya berbeda dengan yang sudah kami sebutkan di atas. Anda bisa memanfaatkan rumus array. Fungsi yang kita gunakan masih mirip dengan cara di atas, yakni SUM, LEN, serta SUBSTITUTE. Berikut rumus yang dapat digunakan:

=SUM(LEN(Range)-LEN(SUBSTITUTE(Range;”KataDihitung”;””)))/LEN(“KataDihitung”)

Setelah selesai menuliskan rumus tersebut silakan tekan Ctrl + Shift + Enter seperti cara di atas. Rumus yang Anda ketik akan diapit dengan tanda kurung kurawal.

Anda juga bisa memakai cara alternatif jika tidak ingin memakai fungsi array. Caranya dengan memakai fungsi SUMPRODUCT yang menggantikan fungsi SUM pada rumus di atas. Sehingga dapat dituliskan menjadi seperti berikut:

=SUMPRODUCT(LEN(Range)-LEN(SUBSTITUTE(Range;”KataDihitung”;””)))/LEN(“KataDihitung”)

Contohnya lihat pada gambar berikut.

Sebagai pengingat, jika ingin hasil perhitungan kata mengabaikan huruf besar dan kecil maka gunakan fungsi LOWER atau UPPER. Contohnya kita pakai fungsi SUMPRODUCT dengan tambahan fungsi LOWER. Sehingga rumusnya berubah menjadi seperti berikut:

=SUMPRODUCT(LEN(A3:A6)-LEN(SUBSTITUTE(LOWER(A3:A6);”saya”;””)))/LEN(“saya”)

Sehingga hasilnya seperti berikut.

Hasilnya berbeda dengan dua rumus sebelumnya karena ada satu kata Saya dengan S huruf besar. Sehingga pada rumus ketiga S tersebut diubah menjadi huruf kecil sehingga masuk dalam perhitungan.

Cara Menghitung Sel yang Berisi Teks Tertentu

Tidak berhenti sampai di situ saja, kita bisa memanfaatkan software ini untuk menghitung seberapa banyak sel yang memuat teks tertentu. Untuk hal ini kita gunakan rumus berikut:

=COUNTIF(RangeData;”*Teks*”)

Silakan ganti kata Teks dengan kata atau karakter yang yang ingin Anda cari. Misalnya seperti berikut:

  1. =COUNTIF(C3:F20;”*TDF*”)
  2. =COUNTIF(C3:F20;”*Buku*”)

Dari rumus tersebut Excel akan menghitung jumlah sel pada suatu range data yang berisi teks yang Anda masukkan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Spasi Di Excel

Sekian panduan yang bisa kami sampaikan kepada Anda terkait bagaimana cara menghitung total huruf atau karakter pada Excel. Berikut menghitung sel yang memuat teks tertentu. Dari rumus-rumus yang telah disampaikan di atas Anda bisa mengembangkannya sendiri sesuai keinginan.

Atau Anda juga bisa menambahkan rumus tertentu sehingga memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Semoga informasi dan tutorial di caraharian yang kami sampaikan di atas bermanfaat untuk Anda, terutama yang sedang bingung bagaimana cara menghitung jumlah huruf, angka, atau kata pada suatu sel maupun range data.



Loading...

Leave a Comment