Cara Menghitung Jumlah Huruf Dan Kata Di Excel


Menghitung Jumlah Karakter Di Excel – Siapa yang tak kenal dengan Microsoft Excel. Bahkan anak yang duduk di bangku sekolah saja saat ini sudah mengeri apa itu Microsoft Excel. Tak mengherankan memang, software ini memiliki segudang manfaat yang bisa kita pakai sesuai dengan kebutuhan.



Mulai dari analisis sebuah data, melakukan rekapitulasi, melakukan perhitungan yang melibatkan baris dan kolom, hingga menghitung jumlah huruf dan kata. Memang software ini bisa melakukan hal-hal yang tak pernah terpikirkan oleh kita sebelumnya, seperti menghitung kata.

Dalam Excel ada beberapa fungsi yang bisa kita manfaatkan untuk menghitung kata atau teks sesuai dengan kebutuhan. Selain itu juga ada beberapa format rumus yang bisa disesuaikan dengan kondisi atau kebutuhan. Bahkan Anda juga bisa mengembangkan rumus yang kami sampaikan di bawah ini menjadi lebih kompleks dengan menambahkan fungsi-fungsi tertentu dan lain sebagainya.

menghitung kata excel

Pada contoh ini kami menggunakan Microsoft Excel 2019. Anda tidak harus memakai versi ini, bisa versi berapa saja. Penasaran bagaimana cara melakukannya? Silakan simak tutorial di bawah ini.

Baca juga: Cara Menggabungkan Kata Di Excel

Cara Menghitung Karakter

Jika Anda ingin menghitung karakter atau huruf pada Excel maka Anda bisa memanfaatkan fungsi LEN. Cara pengoperasian rumus ini sangatlah mudah. Berikut sintaks fungsi LEN:

=LEN(teks)



Ada beberapa format penulisan yang bisa Anda pilih. Yakni dengan menuliskan langsung kata atau kalimat pada sintaks fungsi, atau dengan menentukan sel yang ingin dihitung katanya. Contohnya adalah sebagai berikut:

  1. =LEN(“Nama saya adalah Budi”)
  2. =LEN(12345)
  3. =LEN(B12)

Jangan lupa untuk menambahkan tanda petik jika Anda memasukkan kata atau kalimat pada rumus.

Cara Menghitung Karakter Beberapa Cell Sekaligus

Rumus LEN excel tidak bisa digunakan untuk menghitung jumlah huruf atau teks kalimat dalam banyak sel sekaligus. Argumen Fungsi LEN hanya bisa diisi 1 Argument saja.



Jika anda bermaksud menghitung jumlah huruf pada banyak Sel, maka Anda bisa menggunakan fungsi penjumlahan dengan SUM. Berikut ini contohnya.

menghilangkan spasi excel otomatis

Rumus Excel

“=LEN(A1)+LEN(A2)+LEN(A3)”

Bisa juga menggunakan



“=SUM(LEN(A1);LEN(A2);LEN(A3))”

tanpa tanda petik.

Jika anda memasukkan range A1:A3 sebagai argumen dan hasilnya adalah pesan kesalahan #VALUE seperti gambar contoh diatas.

Bagaimana supaya tidak muncul hasil error #Value, Anda bisa menggunakan fungsi rumus SUMPRODUCT seperti ini.

Rumus Excel

“=SUMPRODUCT(LEN(A1:A3))”

tanpa tanda petik

Cara Menghitung Jumlah Kata

Cara di atas digunakan untuk menghitung jumlah karakter pada suatu data atau sel. Lalu bagaimana jika kita ingin menghitung jumlah kata? Untuk hal ini kita tetap bisa memakai fungsi di atas. Hanya saja penulisan rumusnya berbeda.

Rumus yang digunakan adalah sebagai berikut:

=LEN(Kalimat)-LEN(SUBSTITUTE(Kalimat;” “;””))+1

Untuk diingat, ganti kata Kalimat dengan referensi sel yang ingin Anda hitung jumlah katanya. Silakan simak contoh berikut:

  • Kami memiliki tiga baris kalimat yang ditulis pada kolom A.

  • Seperti yang bisa dilihat, di samping kalimat tersebut kami gunakan rumus di atas untuk menghitung jumlah kata masing-masing kalimat.
  • Dan Excel secara otomatis menghitung jumlah kata masing-masing sel.

Supaya lebih jelas kami jabarkan penjelasan rumus di atas. LEN(Kalimat) dipakai untuk menghitung jumlah seluruh karakter pada sel yang dipilih. Lalu rumus LEN(SUBSTITUTE(Kalimat;” “;””)) dimasukkan untuk menghitung jumlah karakter tanpa menghitung spasi.



Leave a Comment