Cara Menghilangkan Spasi Di Excel Otomatis


Menghilangkan Spasi Di Excel Otomatis – Hadirnya software pengolah angka dan data seperti Microsoft Excel memudahkan kita untuk melakukan pekerjaan kita. Mulai dari menghitung laporan keuangan, melakukan analisis, merekapitulasi sebuah data, dan lain sebagainya.

Software yang satu ini memang mengakomodir banyak hal, sehingga kita bisa melakukan pekerjaan dengan lebih cepat dan mudah. Salah satu kemampuan yang dimiliki aplikasi ini adalah menghilangkan ataupun menambahkan spasi. Hal ini terdengar sepele, namun akan sangat berguna saat kita membutuhkannya.

Misalnya dalam sebuah worksheet terdapat data yang ingin kita pisahkan dengan spasi atau justru ingin menggabungnya sehingga tidak ada spasi. Misalnya adalah nomor telepon. Tentu akan sangat merepotkan jika kita melakukannya satu per satu. Maka dari itu Excel menyediakan fitur khusus untuk mempermudah kita dalam menghapus ataupun menambahkan spasi.

Tutorial kali ini kami bahas bagaimana cara menghilangkan spasi otomatis excel dengan cepat dan mudah. Anda bisa memanfaatkan cara ini jika data yang Anda masukkan terdapat spasi ganda atau Anda ingin menggabung data tertentu menjadi satu.

Baca juga: Cara Mengatur Jarak Spasi Di Excel

Menghilangkan Spasi dengan Find & Replace

Anda pasti sudah tidak asing dengan tool yang satu ini. Biasanya tool ini dipakai untuk mencari kata tertentu atau mengganti kata atau angka tertentu dengan yang kita inginkan. Dengan fitur ini kita juga bisa mengubah data-data yang memiliki spasi menjadi satu. Cara ini akan berguna jika Anda tidak dapat menghitung suatu angka lantaran angka-angka tersebut dipisah dengan spasi.

Silakan ikuti panduan berikut ini:

  • Lakukan seleksi pada sel data yang ingin Anda hapus spasinya.
  • Tekan kombinasi tombol Ctrl + H pada keyboard.
  • Sebuah kotak dialog Find and Replace akan muncul.

  • Langkah berikutnya silakan isi kolom Find what dengan satu spasi.
  • Lalu pada kolom Replace with biarkan kosong.
  • Jika sudah klik tombol Replace All. Akan muncul pemberitahuan soal berapa data yang berubah karena perintah yang kita masukkan. Klik saja tombol OK.

  • Klik tombol Close untuk menutup kotak dialog.

Anda akan melihat bahwa data-data yang Anda pilih sebelumnya akan digabung tanpa adanya spasi. Hanya saja cara di atas bisa Anda manfaatkan jika data yang ingin dihilangkan spasinya tidak memiliki tambahan karakter lain di depan atau angka angka nol di bagian depan. Sebab untuk data seperti itu kita membutuhkan cara lain di bawah.

Menghilangkan Spasi dengan Fungsi SUBSTITUTE

Cara kedua yang bisa kita coba adalah dengan memanfaatkan fungsi Substitute. Cara ini cocok untuk menghilangkan spasi data angka atau kombinasi karakter tertentu dan angka yang tidak bisa dihapus dengan cara pertama.

Contohnya adalah angka dengan tambahan karakter khusus, seperti tanda plus, minus, dan lain sebagainya. Di samping itu juga dapat dipakai pada angka yang memiliki karakter nonbreaking space atau angka dengan tanda koma.

Pada kasus-kasus tersebut, kita bisa memakai fungsi Substitute dengan cara sebagai berikut:

  • Tentukan sel data yang ingin Anda hapus spasinya.
  • Jika sudah ketikan rumus SUBSTITUTE di sebelahnya agar memudahkan Anda untuk mengetik. Contohnya kita ingin menghapus spasi angka yang ada di sel B2, maka pada sel C2 Anda ketikan rumus =SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(B2;” “;””);CHAR(160);””). Penjelasannya simak di bawah ini:

  • Dalam rumus tersebut ada dua fungsi SUBSTITUTE yang dituliskan. Satu untuk menghapus spasi biasa dan satunya untuk menghapus karakter spasi (160) seperti yang sudah dijelaskan di atas.
  • Penulisan titik koma (;) di atas bisa diganti dengan koma (,) jika PC Anda memakai Format English (United States). Anda bisa mengeceknya di Region and Language pada Control Panel.
  • Jika data yang perlu dihapus spasinya lebih dari satu, maka Anda bisa drag sel yang terisi rumus di atas ke bawah.

  • Setelah itu jika ingin mengganti angka-angka yang memiliki spasi dengan yang tidak berspasi, silakan copy atau salin kolom yang memuat perubahan terbaru Anda ke kolom sebelumnya.
  • Misalnya pada contoh di atas kami salin kolom C dengan menekan tombol Ctrl + C atau klik kanan Copy.
  • Lalu tempel di kolom B dengan klik kanan, pilih opsi Values yang ada di Paste Options.
  • Jika sudah hapus semua data yang ada di kolom C.

Tips

Untuk mengetahui apakah pada PC Anda memakai koma atau titik koma sebagai separator Anda bisa mengakses menu search lalu mengetikkan Region and Language. Atau dengan membuka Control Panel > Region and Language.

Setelah muncul kotak dialog perhatikan menu dropdown Format. Jika yang dipilih Indonesia maka artinya list separator yang dipakai adalah titik koma. Sedangkan jika English (United States) atau format lain yang dipakai adalah koma. Anda bisa memastikannya dengan klik tombol Additional settings yang ada di sisi kanan bawah.

Baca juga: Cara Menghitung Jumlah Karakter Di Excel

Menghapus Spasi dengan Fungsi TRIM

Selain dua cara di atas, masih ada alternatif lain yang bisa Anda coba. Yakni dengan cara memakai fungsi TRIM. Rumus Microsoft Excel yang satu ini bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan spasi yang tidak diinginkan. Seperti spasi di awal kalimat atau akhir kalimat, serta spasi ganda 

Dengan fungsi tersebut kita bisa membuat tulisan yang kita susun lebih rapi. Di samping itu nantinya kita juga akan lebih mudah untuk melakukan proses pengolahan data. Rumus TRIM pada Excel adalah sebagai berikut:

=TRIM(text)

Text yang ada pada rumus tersebut bisa berupa referensi sel yang memuat data atau teks yang ingin kita benahi spasinya. Akan tetapi kita juga bisa mengisinya secara manual. Hanya saja cara kedua ini sangat jarang digunakan.

Lalu bagaimana cara menggunakan rumus ini untuk menghapus spasi? Selengkapnya simak panduan berikut:

  • Misalnya ada data atau teks yang akan kita hapus spasinya ada di sel B2. Maka kita bisa menuliskan fungsi TRIM di sel C2 atau sel lain terserah Anda. ketikan rumus =TRIM(B2) lalu tekan tombol Enter pada keyboard.

  • Jika sudah hasilnya akan keluar secara otomatis.

Tips

Ada beberapa hal yang perlu Anda ingat seputar cara ketiga di atas. Berikut beberapa poin yang harus Anda pahami:

  1. Perlu dicatat bahwa cara ini bisa diterapkan pada kata-kata atau angka.
  2. Cara di atas bukan menghilangkan semua spasi, melainkan hanya menghapus spasi yang tidak semestinya. Misalnya spasi ganda, spasi di awal kata atau angka dan di akhir kata maupun angka.
  3. Dalam mengetikkan rumus kita tidak bisa langsung memasukkan referensi range. Misalnya =TRIM(B2:B10). Kita harus memasukkannya setiap sel seperti contoh di atas. Setelah itu kita drag ke bawah sehingga argumen pada fungsi TRIM mengikuti posisi sel secara otomatis.
  4. Jika ingin menuliskan secara manual maka pada argumen teks silakan isi kalimat yang ingin dihapus spasinya, lengkap dengan tanda petik. Contoh =TRIM(“Nama saya      Budi”). Setelah tekan tombol Enter spasi berlebih akan dihilangkan.


Loading...

Leave a Comment