Cara Menghilangkan Spasi Di Excel Otomatis


Menghilangkan Spasi Di Excel Otomatis – Hadirnya software pengolah angka dan data seperti Microsoft Excel memudahkan kita untuk melakukan pekerjaan kita. Mulai dari menghitung laporan keuangan, melakukan analisis, merekapitulasi sebuah data, dan lain sebagainya.



Software yang satu ini memang mengakomodir banyak hal, sehingga kita bisa melakukan pekerjaan dengan lebih cepat dan mudah. Salah satu kemampuan yang dimiliki aplikasi ini adalah menghilangkan ataupun menambahkan spasi. Hal ini terdengar sepele, namun akan sangat berguna saat kita membutuhkannya.

Misalnya dalam sebuah worksheet terdapat data yang ingin kita pisahkan dengan spasi atau justru ingin menggabungnya sehingga tidak ada spasi. Misalnya adalah nomor telepon. Tentu akan sangat merepotkan jika kita melakukannya satu per satu. Maka dari itu Excel menyediakan fitur khusus untuk mempermudah kita dalam menghapus ataupun menambahkan spasi.

Tutorial kali ini kami bahas bagaimana cara menghilangkan spasi otomatis excel dengan cepat dan mudah. Anda bisa memanfaatkan cara ini jika data yang Anda masukkan terdapat spasi ganda atau Anda ingin menggabung data tertentu menjadi satu.

Baca juga: Cara Mengatur Jarak Spasi Di Excel

Menghilangkan Spasi dengan Find & Replace

Anda pasti sudah tidak asing dengan tool yang satu ini. Biasanya tool ini dipakai untuk mencari kata tertentu atau mengganti kata atau angka tertentu dengan yang kita inginkan. Dengan fitur ini kita juga bisa mengubah data-data yang memiliki spasi menjadi satu. Cara ini akan berguna jika Anda tidak dapat menghitung suatu angka lantaran angka-angka tersebut dipisah dengan spasi.



Silakan ikuti panduan berikut ini:

  • Lakukan seleksi pada sel data yang ingin Anda hapus spasinya.
  • Tekan kombinasi tombol Ctrl + H pada keyboard.
  • Sebuah kotak dialog Find and Replace akan muncul.

  • Langkah berikutnya silakan isi kolom Find what dengan satu spasi.
  • Lalu pada kolom Replace with biarkan kosong.
  • Jika sudah klik tombol Replace All. Akan muncul pemberitahuan soal berapa data yang berubah karena perintah yang kita masukkan. Klik saja tombol OK.

  • Klik tombol Close untuk menutup kotak dialog.

Anda akan melihat bahwa data-data yang Anda pilih sebelumnya akan digabung tanpa adanya spasi. Hanya saja cara di atas bisa Anda manfaatkan jika data yang ingin dihilangkan spasinya tidak memiliki tambahan karakter lain di depan atau angka angka nol di bagian depan. Sebab untuk data seperti itu kita membutuhkan cara lain di bawah.



Menghilangkan Spasi dengan Fungsi SUBSTITUTE

Cara kedua yang bisa kita coba adalah dengan memanfaatkan fungsi Substitute. Cara ini cocok untuk menghilangkan spasi data angka atau kombinasi karakter tertentu dan angka yang tidak bisa dihapus dengan cara pertama.



Leave a Comment