Cara Menggabungkan Text / Kata Di Excel


Menggabungkan Text Di Excel – Microsoft Excel memiliki fitur untuk menggabungkan teks atau kata yang ada di beberapa sel. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan. Misalnya dengan operator ampersand (&), dengan fitur fill justify, ataupun dengan fungsi concatenate.



Masing-masing cara tersebut memiliki langkah yang berbeda. Sehingga Anda perlu memahaminya alurnya untuk memanfaatkan fitur tersebut. Pada artikel ini kami jelaskan satu per satu sehingga Anda bisa mempraktekkannya dengan mudah.

Baca juga: Cara Menghilangkan Garis Di Excel

Menggabungkan Teks dengan Operator Ampersand

Tanda baca dan “&” atau juga disebut dengan nama ampersand merupakan salah satu operator teks pada Excel yang dipakai untuk menggabungkan teks maupun isi dari beberapa sel. Silakan simak caranya di bawah ini.

Menggabungkan Teks 2 Sel

Untuk menggabungkan dua sel dengan ampersand tidaklah sulit. Pertama-tama siapkan terlebih dahulu data yang akan digabungkan. Berikutnya ikuti langkah berikut:

  • Pada contoh ini kami memiliki data nama depan dan nama belakang. Kemudian kami gunakan operator Ampersand untuk menggabungkan dua nama tersebut menjadi satu di kolom nama lengkap.
  • Caranya pada kolom nama lengkap tuliskan rumus =sel nama depan&” “&sel nama belakang. Misalnya =A2&” “&B2. Kemudian tekan tombol Enter.
  • Excel akan menggabungkan teks yang ada pada dua sel tersebut menjadi satu secara otomatis.

  • Adanya tanda petik dan spasi “ “ digunakan untuk memberikan spasi di antara kedua teks. Sebab jika Anda hanya menuliskan =A2&B2 maka dua teks tersebut akan digabungkan tanpa spasi.

Menggabungkan Teks Beberapa Sel

Untuk menggabungkan teks atau tulisan dari beberapa sel pada Excel juga tidak sulit. Anda hanya perlu menambahkan operator “&” pada masing-masing sel. Misalnya:

  1. =A1&A2&A3 atau =A1&B1&B3.
  2. =A1&” “&A2&” “&A3 dan seterusnya.

Menggunakan ampersand untuk menggabungkan teks memiliki kekurangan. Anda harus memasukkan sel yang ingin digabung satu per satu. Hal ini akan merepotkan jika sel yang digabung banyak jumlahnya.



Operator ampersand di atas tidak hanya digunakan untuk menggabungkan kata-kata pada beberapa sel saja. Anda juga bisa memasukkan kata-kata tertentu pada rumus yang Anda buat. Sehingga nantinya tulisan tersebut muncul pada hasil pengoperasian fungsi Excel yang Anda buat.

Misalnya untuk mengetahui lama studi seorang mahasiswa atau lama kerja seorang pegawai kita bisa memasukkan rumus tertentu, diikuti dengan tambahan kata bulan, tahun, ataupun hari. Jika dikembangkan lagi Anda bisa memadukan ampersand dengan rumus-rumus lainnya untuk mempermudah pekerjaan Anda.

Menggabungkan Teks dengan Fill-Justify

Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk menggabungkan teks adalah dengan Fill-Justify. Silakan simak cara di bawah ini:

  • Seleksi atau blok data yang ingin digabungkan.
  • Lebarkan ukuran kolom sehingga nantinya bisa menampung hasil gabungan teks. Perkirakan saja harus seberapa lebar. Hal ini harus dilakukan agar teks yang ingin digabung akan menjadi satu semuanya, tidak terbagi-bagi lantaran ukuran lebar kolom yang kurang.



  • Langkah berikutnya klik tab Home, pilih menu Fill pada grup Editing dan klik Justify.

  • Setelah itu semua teks yang Anda seleksi akan bergabung menjadi satu.



Leave a Comment