Cara Menghilangkan Garis Di Excel Dengan Mudah


Menghilangkan Garis Garis Di Excel – Jika membuka Microsoft Excel, kita akan disambut dengan kotak-kotak berbentuk persegi panjang yang ada dari ujung ke ujung sheet. Kotak-kotak atau juga disebut gridlines tersebut tujuannya adalah memudahkan pengguna dalam menyusun sebuah dokumen.

Dengan adanya garis tersebut kita akan bisa mengetahui posisi sel atau range dengan lebih mudah dan cepat. Sehingga saat kita memasukkan suatu fungsi atau rumus kita bisa mengetikkannya dengan lebih cepat. Gridlines ini hanya sebatas garis bantu saja, sehingga tidak akan ikut tercetak pada saat Anda melakukan proses printing.

Hanya saja terkadang gridlines ini mengganggu kita saat bekerja. Terutama saat Anda ingin membuat sebuah tabel. Pasalnya terkadang garis tabel atau border yang kita buat melebur dengan gridlines sehingga tidak bisa kita lihat dengan mudah.

Jika Anda jengkel dan kesulitan untuk membuat tabel dengan adanya gridlines tersebut, Anda bisa menghilangkannya saat bekerja. Ada empat cara yang dapat Anda coba. Lebih jelasnya silakan ikuti tutorial selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Cara Custom Kolom Dan Tabel Di Excel

Menghilangkan Gridlines Lewat Tab View

Cara termudah untuk menghilangkan gridlines pada Microsoft Excel adalah dengan mengakses tab View. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka dokumen atau file workbook Anda di Excel.
  • Setelah software terbuka, klik tab View.
  • Selanjutnya cari grup Show. Pada bagian ini Anda akan melihat beberapa opsi yang bisa dicentang ataupun tidak. Hilangkan centang pada opsi Gridlines.

  • Aplikasi secara otomatis akan menghilangkan gridlines yang ada pada dokumen Anda.

  • Anda dapat menyimpan dokumen Anda. Jadi saat dibuka nanti gridlines tersebut tetap tidak muncul. Sedangkan jika membuat dokumen baru atau membuka dokumen lain gridlines akan muncul kembali.
  • Jika ingin memunculkan kembali gridlines pada dokumen Anda silakan ulangi langkah di atas.

Menghilangkan Gridlines Lewat Menu Options

Selain cara di atas Anda juga bisa menghilangkan gridlines atau garis pada Excel lewat menu Options. Penasaran bagaimana caranya? Simak dan ikuti langkah di bawah ini:

  • Pada Microsoft Excel, klik tab File yang ada di sisi pojok kiri atas.
  • Anda akan menjumpai beberapa menu. Klik menu Options yang ada di panel kiri bawah.

  • Kotak dialog Excel Options akan muncul. Pada jendela ini Anda bisa melakukan konfigurasi segala hal yang berkaitan dengan software Excel. Jika ingin menghilangkan gridlines klik menu Advanced.
  • Lalu pada bagian Display options for this worksheet hilangkan centang Show gridlines.

  • Anda bisa mengatur di sheet berada pengaturan tersebut diterapkan. Caranya dengan klik menu dropdown Display options for this worksheet. Secara default sebuah workbook terdapat tiga worksheet, yakni Sheet1, Sheet2, Sheet3. Maka saat Anda klik menu tersebut maka akan muncul ketiganya.
  • Jika sudah selesai jangan lupa klik tombol OK.
  • Excel akan menghilangkan gridlines secara otomatis.

Perbedaan cara kedua dengan cara pertama, kita bisa mengatur warna gridlines pada dokumen kita. Jadi kita bisa mengubahnya dari warna abu-abu menjadi warna lain, misalnya kuning, merah, atau hijau.

Menghilangkan Gridlines dengan Fill Color

Cara ketiga yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan tool Fill Color. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pada dokumen Excel Anda silakan seleksi seluruh sel. Anda bisa blok secara manual, atau dengan menekan tombol Ctrl + A pada keyboard. Atau Anda juga bisa menekan kotak kecil di pojok kiri atas yang menjadi titik temu kolom dan baris.

  • Selanjutnya klik menu dropdown Fill Color yang ada di tab Home dan grup Font. Anda akan menjumpai banyak pilihan warna yang bisa langsung digunakan. Atau juga bisa memilih More Colors untuk memilih warna lainnya

  • Anda klik warna putih, maka tampilan worksheet akan bersih tanpa adanya gridlines.
  • Jika ingin mengembalikannya seperti semula ulangi langkah di atas, namun pilih opsi No Fill pada menu Fill Color.

Menu Fill Color ini akan menutupi area worksheet dengan warna tertentu sesuai yang dipilih pengguna. Sehingga gridlines tidak akan terlihat. Akan tetapi menu ini tidak akan mempengaruhi border yang Anda buat.

Jangan lupa untuk menyimpan dokumen Anda jika perubahan yang Anda lakukan dirasa sudah cukup.

Menghilangkan Gridlines pada Judul

Cara terakhir ini berlaku untuk judul atau bagian tertentu pada dokumen Anda. Caranya adalah dengan menggunakan menu Merge & Center. Pada dasarnya opsi ini digunakan untuk menggabungkan beberapa sel sekaligus menjadi satu dan memposisikan tulisan berada di tengah. Sehingga garis-garis antar sel akan menghilang dan menjadi satu bagian.

Bagaimana cara melakukannya? Caranya tidaklah sulit, ikuti panduan berikut:

  • Buka dokumen Anda atau dokumen baru di Excel.
  • Lakukan seleksi pada sel yang memuat judul. Anda bisa mengatur seberapa panjang dan lebar kolom yang akan digabung menjadi satu sesuai keinginan.

  • Jika sudah klik tab Home, lalu cari menu Merge & Center yang ada di grup Alignment.

  • Sel-sel tersebut akan bergabung secara otomatis.

Jika Anda klik tombol dropdown Merge & Center maka Anda akan melihat beberapa opsi lainnya yang bisa dipilih. Setidaknya ada empat opsi yang bisa Anda gunakan. Berikut kami jelaskan secara singkat.

  1. Merge & Center: menggabungkan beberapa sel menjadi satu dan meletakkan tulisan di bagian tengah (text alignment center).
  2. Merge Accross: jika Anda memilih lebih dari satu baris dan kolom, maka sel akan digabung secara horizontal atau mendatar.
  3. Merge Cells:  opsi ini mirip dengan merge & center, yakni memadukan beberapa sel sekaligus menjadi satu. Hanya saja teks tidak akan diposisikan di tengah.
  4. Unmerge Cells: mengembalikan sel-sel yang digabung seperti semula.

Jika Anda menyatukan beberapa sel dari beberapa baris, maka tulisan akan berada di tengah bawah. Jika ingin meletakkannya di tengah-tengah kotak, Anda bisa klik menu Middle Align di tab Home dan grup Alignment.

Selain memposisikannya di tengah Anda bisa mengatur tulisan agar diletakkan di sisi atas atau di bawah. Lalu di bagian bawah menu tersebut juga terdapat pengaturan untuk align text. Ada rata kiri, rata tengah, atau rata kanan.

Baca juga: Cara Membuat Diagram Di Excel

Untuk dicatat, saat melakukan proses Merge & Center atau Merge Cells Anda tidak bisa menggabungkan sel yang sudah terisi data. Jika Anda mencobanya maka akan muncul peringatan bahwa sel yang Anda pilih memiliki lebih dari satu data. Jika Anda klik OK maka data yang ada di sisi paling kiri atas yang tetap dipertahankan. Sedangkan data di sel lainnya akan hilang.

Sekian tutorial menghilangkan garis di Microsoft Excel yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Semoga dengan panduan di atas Anda sudah tidak bingung lagi bagaimana cara menghilangkannya. Dengan demikian Anda bisa lebih fokus dalam menyusun laporan atau data.

Sebagai pengingat jangan lupa untuk menyimpan dokumen Anda secara berkala. Sehingga saat terjadi hal yang tidak diinginkan data yang tersimpan pada perangkat sudah yang paling baru dan Anda tidak perlu mengetik lagi dari awal.



Loading...

Leave a Comment