Cara Menggunakan Countif Di Excel


Rumus Countif Dan Penggunaannya – Jika kita amati Microsoft Excel mempunyai banyak sekali fungsi atau yang juga dikenal dengan sebutan rumus. Saking banyaknya kebanyakan orang hanya menghafal sebagian kecil saja. Walaupun ada banyak, kita tidak harus menghafal semuanya. Cukup memahami beberapa saja yang sering digunakan saat kerja.

Salah satu yang perlu Anda ketahui adalah rumus COUNTIF. Pada kesempatan kali ini mari kita berkenalan lebih dekat dengan salah satu fungsi dari Excel ini. Termasuk bagaimana cara menggunakannya.



Sekilas tentang Fungsi COUNTIF

Sebelum mengetahui seperti apa dan bagaimana cara menggunakan fungsi ini, kita bahas terlebih dahulu apa itu COUNTIF. Pada Microsoft Excel fungsi ini dipakai untuk menghitung jumlah sel berdasarkan syarat tunggal. Dengan kata lain COUNTIF dipakai untuk menghitung jumlah sel pada range data tertentu, yang memenuhi kriteria atau syarat tunggal yang sudah ditetapkan oleh pengguna.

Ada beberapa kegunaan dari fungsi yang satu ini, antara lain:

  1. Menghitung jumlah sel yang terisi oleh data
  2. Menghitung jumlah data yang sama pada range tertentu
  3. Menghitung jumlah angka dengan syarat tertentu
  4. Menghitung sel yang memuat kata atau teks tertentu

Di atas hanya beberapa kegunaan dari COUNTIF. Anda bisa mengembangkannya sendiri sesuai kebutuhan.

Apabila diperhatikan fungsi COUNTIF mirip dengan COUNT. Akan tetapi keduanya tetap tidak sama. Sebab pada COUNTIF kita bisa menetapkan syarat tertentu yang harus dipenuhi agar sebuah sel masuk dalam hitungan.



Hanya saja pada rumus ini kita bisa menetapkan satu syarat saja. Sedangkan jika ingin memberikan beberapa kondisi kita bisa gunakan rumus COUNTIFS.

Contoh penggunaan fungsi COUNTIF adalah saat mencari berapa banyak siswa yang mendapatkan nilai di atas 70, menghitung berapa banyak hobi tertentu di sebuah tabel, dan lain sebagainya.

Sebagai catatan, pada Excel fungsi ini masuk dalam kategori fungsi Statistical. Sesuai dengan namanya, fungsi yang masuk dalam kelompok tersebut biasa dipakai untuk menganalisis data berdasarkan perbandingan sebuah kondisi atau kriteria tertentu. Maka dari itu fungsi pada kategori ini juga disebut dengan sebutan Conditional Functions.

Baca juga: Cara Menghitung Jumlah Huruf Dan Kata Di Excel

Rumus COUNTIF

Berikutnya kita bahas bagaimana cara mengoperasikan fungsi Excel tersebut. Pertama-tama Anda harus mengetahui bagaimana rumus COUNTIF. Silakan simak rumus atau sintaks di bawah ini:



=COUNTIF(Range; Kriteria)

Keterangan:

  1. Range: merupakan satu atau beberapa sel yang ingin dihitung. Range ini bisa berisi angka, kata, nama range, dan lain sebagainya.
  2. Kriteria: adalah kondisi atau syarat tertentu yang menyatakan suatu sel masuk dalam perhitungan atau tidak. Kriteria bisa berupa string teks, ekspresi logika, referensi sel atau angka.

Contoh Penggunaan Rumus COUNTIF

Penggunaan rumus ini bisa beragam tergantung kebutuhan. Akan tetapi sebagai contoh kami buat daftar nilai beberapa mata pelajaran dari sejumlah siswa. Bentuk tabelnya bisa Anda lihat pada gambar di bawah.

Misalnya dari data di atas kita ingin mencari berapa siswa yang mendapatkan nilai di atas 75 untuk masing-masing mata pelajaran. Maka rumusnya adalah:



=COUNTIF(C4:C13;”>75”)

Dalam contoh ini rumus di atas digunakan untuk melihat berapa jumlah siswa pada tabel yang mendapatkan nilai IPA di atas 75. Dan diketahui hasil dari pengoperasian rumus tersebut adalah 6 anak.

Untuk menghitung berapa jumlah siswa yang memperoleh nilai mata pelajaran lainnya maka Anda tinggal menyesuaikan range. Misalnya data range untuk pelajaran Bahasa Indonesia adalah D4:D13, Bahasa Inggris E4:E13, dan Matematika F4:F13.

Untuk sintaks “>75” merupakan ketentuan atau syarat yang harus terpenuhi agar sebuah sel masuk dalam perhitungan. Ketika kita memakai fungsi COUNTIF pada Excel, kriteria teks atau kriteria apa saja yang termasuk simbol ekspresi logika atau matematika maka harus ditulis dalam tanda kutip (“…”). Sedangkan jika kriteria yang dimasukkan hanya berupa angka saja maka tidak perlu dimasukkan ke dalam tanda kutip.

Untuk mengetahui jumlah nilai mata pelajaran lain di atas 75, silakan simak contoh berikut.

Rumus COUNTIF dengan Kombinasi 

Anda juga bisa memasukkan kombinasi simbol ekspresi logika perbandingan dan referensi sel. Caranya dengan menambahkan karakter &. Contohnya adalah sebagai berikut:

=COUNTIF(C4:C13;”>”&C8)

Pada rumus di atas kita menghitung berapa banyak data pada range C4:C13 yang nilainya lebih besar sama dengan data pada sel C8. Jika Anda lihat dapat diketahui bahwa pada sel C8 memiliki nilai 75. Sehingga dapat diartikan bahwa kita ingin melihat berapa jumlah siswa yang mendapatkan nilai di atas 75, di mana nilai 75 juga masuk dalam perhitungan. Dan hasilnya akan muncul angka 8.

Untuk dicatat, kriteria pada fungsi COUNTIF tidak membedakan huruf besar dan kecil. Dengan kata lain penulisan kapital tidak akan mempengaruhi perhitungan. Misalnya jika Anda menuliskan kata buku dan BUKU, maka keduanya akan dianggap sama.

Rumus COUNTIF dengan Tanda Wildcard

Selain kombinasi di atas, Anda juga bisa memasukkan tanda wildcard pada rumus ini. Tanda wildcard yang dimaksud adalah tanda tanya (?) dan tanda bintang (*). Keduanya bisa kita gunakan sebagai kriteria.



Leave a Comment