Cara Menghapus Comment / Komentar Di Word


Menghapus Komentar Di Word – Sampai saat ini Microsoft Office masih menjadi software paling banyak dipakai oleh berbagai kalangan. Bukan tanpa sebab, software ini mempunyai banyak sekali fitur. Bagi Anda yang familiar dengan Microsoft Word, tentu Anda bisa menjumpai banyak sekali fitur dan kemampuan. Hal ini juga berlaku untuk aplikasi lain seperti Excel, Power Point, dan lain sebagainya.

Ada banyaknya kemampuan yang ditawarkan pada Word dan aplikasi lainnya membuat kita bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Misalnya kita bisa memakai aplikasi Word untuk mengetik cerpen, karya ilmiah, laporan, makalah, atau bahkan hanya sekadar buku harian.

Jika Anda sering bekerja dengan Microsoft Word, baik secara individu atau berkelompok mungkin Anda pernah tahu satu fitur pada aplikasi tersebut yang diberi nama Comment. Kita bisa membuat sebuah comment atau komentar pada lembar dokumen kita, demikian juga dengan menghapusnya.

Website caraharian akan membahasnya lebih jauh tentang salah satu fitur pada Word tersebut. Akan tetapi mari berkenalan secara singkat dengan fitur Comment ini.

Baca juga: Cara Membuat Halaman Di Word Dengan Mudah

Apa itu Grup Comment di Word

Comment adalah salah satu tool yang dipakai untuk catatan kecil sebagai pengingat. Tool atau fitur ini akan berguna jika Anda menyusun dokumen secara berkelompok. Sehingga Anda dan teman-teman bisa membuat catatan soal apa yang perlu disunting atau ditambahkan ke dalam dokumen.

Komentar atau catatan ini bisa ditambahkan pada kata atau kalimat tertentu pada dokumen Anda. Komentar ini bisa berupa kata, kalimat, hingga paragraf. Cara menggunakan tool Comment ini sangat mudah, tak terkecuali untuk menghapusnya.

Macam-macam Tool Comment

Grup Comment memuat beberapa tool yang dapat kita manfaatkan. Berikut penjelasan singkat agar Anda bisa lebih mengerti.

  1. New Comment: sesuai dengan namanya, tool ini dipakai untuk menambahkan comment atau komentar pada kalimat atau kata tertentu yang dipilih pengguna.
  2. Delete: fungsinya untuk menghapus komentar yang dibuat pada dokumen. Pada menu ini terdapat tiga opsi yang dapat dipilih, yakni Delete, Delete All Comments Shown dan Delete All Comments in Document.
  3. Previous: untuk berpindah ke komentar sebelumnya.
  4. Next: fungsinya untuk pindah ke komentar selanjutnya.
  5. Show Comments: menampilkan atau menyembunyikan komentar yang ada di sisi kanan dokumen.
  6. Ink Comment: dipakai untuk memasukkan komentar berupa tulisan tangan.

Menghilangkan Comment dengan Tool Delete

Setelah mengetahui sekilas tentang fitur comment pada Word, selanjutnya kita bahas bagaimana cara menghapus komentar yang sudah dibuat sebelumnya. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan memakai tool Delete yang ada di grup Comment. Silakan ikuti panduan berikut:

  • Buka software Microsoft Word yang sudah terinstal pada perangkat Anda. Atau silakan buka dokumen yang sudah ada komentar di dalamnya.
  • Jika sudah terbuka cari dan klik komentar yang ingin dihapus.
  • Setelah itu klik tab Review dan klik tombol Delete.
  • Akan muncul beberapa opsi yang dapat dipilih. Klik tombol Delete untuk menghapus komentar yang Anda pilih. Sedangkan opsi Delete All Comments in Document akan menghapus semua komentar yang tersimpan pada dokumen Word Anda.

Anda juga bisa menghapus komentar dengan cara klik kanan pada komentar yang ingin dihapus. Maka akan muncul beberapa menu. Silakan klik menu Delete Comment

Menghapus Comment dengan VBA Code

Selain cara di atas kita juga bisa menghapus komentar dengan VBA Code. Cara ini akan menghapus seluruh komentar yang ada. Penasaran bagaimana langkah-langkahnya? Ikuti panduan berikut:

  • Buka dokumen Word yang akan kita hapus komentarnya.
  • Setelah terbuka tekan tombol kombinasi Alt + F11 pada keyboard. Hotkey ini akan memunculkan jendela Microsoft Visual Basic.
  • Selanjutnya klik tab Insert dan pilih menu Module.

  • Salin dan tempel seluruh kode VBA berikut ini ke dalam kolom Module yang muncul di aplikasi Microsoft Visual Basic.
Sub RemoveAllComments ()

Dim n As Long

Dim oComments As Comments

Set oComments = ActiveDocument.Comments

For n = oComments.Count To 1 Step -1

oComments (n) .Delete

Next ‘n

Set oComments = Nothing

End Sub
  • Langkah selanjutnya klik tombol Run yang memiliki simbol segitiga berwarna hijau seperti gambar di bawah ini.

  • Setelah itu seluruh komentar pada dokumen Word Anda akan terhapus secara otomatis.

Menghapus Comment dengan Tool Tambahan

Cara ketiga untuk menghapus komentar pada Word adalah dengan memakai tool tambahan yang disediakan oleh pihak ketiga. Salah satu yang bisa dicoba adalah KuTools for Word.

Hanya saja kita perlu mengunduh tool ini terlebih dahulu dari internet. Anda bisa mengunduhnya dengan memakai browser apapun. Silakan ikuti panduan berikut ini:

  • Unduh atau download Kutools di internet. Pastikan perangkat Anda terhubung ke internet selama proses download.
  • Selesai diunduh lakukan instalasi Kutools pada perangkat Anda, baik PC maupun notebook.
  • Jika sudah buka dokumen Word Anda.
  • Anda akan melihat adanya tab baru bernama Kutools.

  • Untuk menghapus komentar, klik tab Kutools. Lalu klik menu dropdown Remove yang ada di grup Remove.

  • Ada cukup banyak menu yang bisa dipilih. Silakan klik menu Remove Comments.

Tiga cara di atas bisa Anda coba dan menentukan sendiri mana yang lebih mudah bagi Anda Cara-cara tersebut bisa dicoba di berbagai versi Microsoft Word yang ada saat ini. Akan tetapi perlu Anda pahami bahwa beberapa versi mempunyai tampilan yang sedikit berbeda. Walaupun perbedaan tersebut hanya kecil, tidak terlalu signifikan.

Membuat Comment pada Dokumen

Membuat komentar pada sebuah dokumen tidaklah sulit. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah saja. Berikut cara selengkapnya:

  • Buka dokumen Anda pada program Microsoft Word.
  • Blok kata, kalimat, atau paragraf yang akan Anda tambah komentar.
  • Klik tab Review, cari dan klik menu New Comment.

  • Sebuah isian komentar akan muncul pada lembar dokumen Anda. Silakan ketikkan komentar yang ingin Anda masukkan untuk kata, kalimat, atau paragraf tersebut.

  • Anda bisa mengembalikan kursor ke paragraf yang diinginkan untuk mengetik atau melakukan perubahan pada dokumen.
  • Jika ingin menambahkan komentar baru silakan ulangi langkah di atas.
  • Sedangkan apabila Anda ingin mengubah komentar yang Anda masukkan, silakan klik salah satu komentar yang ingin diganti. Lalu ubah komentar tersebut sesuai kebutuhan.

Pada Word versi baru kita juga bisa membalas komentar yang ada pada suatu dokumen. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka dokumen yang akan Anda balas komentarnya.
  • Cari komentar yang diinginkan, lalu klik kanan dan pilih menu Reply to Comment.
  • Berikutnya masukkan balasan untuk komentar tersebut.

Baca juga: Cara Menghapus Halaman Kosong Di Word

Fitur balas komentar tersebut mulai tersedia pada Word 2013 ke atas. Sehingga versi yang lebih lama belum dibekali dengan fitur tersebut.

Akan tetapi ada alternatif yang bisa Anda lakukan. Yakni dengan membuat komentar baru pada kata, kalimat, atau paragraf yang dilengkapi komentar.

Anda bisa menambahkan keterangan balasan atau keterangan khusus yang menyatakan bahwa komentar Anda adalah tanggapan atas komentar tersebut.



Loading...

Leave a Comment