Cara Memperbaiki File Excel Yang Corrupt


Memperbaiki File Excel Yang Terkena Virus – Microsoft Excel biasanya digunakan oleh banyak orang untuk mengerjakan sebuah tugas. Dan tugas tersebut bisa saja menjadi sesuatu yang penting, sehingga tidak boleh sampai hilang atau terhapus. Akan tetapi data-data yang tersimpan secara digital bisa saja mengalami kerusakan. Begitu juga dengan file Excel.

Dokumen-dokumen seperti worksheet Excel bisa saja mengalami permasalahan yang menyebabkan file tersebut tidak bisa dibuka. Mungkin Anda pernah atau sedang menjumpai masalah file tersebut tidak dibuka. Atau file tersebut terbuka namun memunculkan huruf-huruf yang asing. Tidak perlu terburu-buru panik. Sebab Anda bisa mencoba mengatasi hal ini dengan trik khusus.

Kami akan bahas trik tersebut sehingga Anda bisa melihat apakah file tersebut masih dapat diselamatkan atau tidak. Langsung saja berikut beberapa panduan yang dapat Anda praktekkan sendiri.

Baca juga: Cara Membuka File Excel Yang Dipassword

Melakukan Repair Lewat Excel

Microsoft tampaknya sadar akan potensi file yang dibuat oleh Excel mengalami error. Maka dari itu program tersebut dilengkapi dengan fitur perbaikan file. Lalu bagaimana cara melakukannya? Berikut panduan selengkapnya:

  • Buka aplikasi Microsoft Excel yang terinstal pada perangkat Anda.
  • Klik menu File, lalu pilih Open. Jika tampilan awal Excel Anda bukan Workbook, maka langsung saja klik menu Open yang ada di samping kiri. Selanjutnya klik menu Browse.

  • Cari file yang ingin Anda perbaiki.
  • Setelah itu klik tombol dropdown yang ada di sebelah tombol Open.
  • Akan muncul beberapa opsi yang bisa Anda pilih. Silakan klik menu Open and Repair.

  • Akan muncul kotak dialog yang memberitahukan bahwa Excel dapat melakukan pengecekan pada workbook dan memperbaiki jika ditemukan sebuah masalah atau corruption. Ada tiga tombol yang bisa dipilih, yakni Repair, Extract Data, dan Cancel.

  • Fungsi tombol Repair adalah untuk memulihkan sebanyak-banyaknya workbook yang bisa dikembalikan oleh Excel.
  • Sedangkan fungsi tombol Extract Data dipakai untuk alternatif jika sebelumnya Excel gagal memperbaiki workbook atau file Excel Anda.
  • Silakan klik salah satu.
  • Apabila Anda klik Repair, maka akan muncul kotak dialog baru saat proses perbaikan selesai.
  • Disebutkan juga bahwa ada kemungkinan beberapa bagian dari file tersebut berhasil diperbaiki atau dibuang. Silakan klik tombol Close.
  • Jika Anda amati judul dari file tersebut akan terdapat keterangan [Repaired] atau sudah diperbaiki.
  • Jangan lupa untuk menyimpan file tersebut.

Extract Data

Apabila Anda memilih opsi Extract Data, nantinya akan muncul kotak dialog yang memperingatkan bahwa file kemungkinan memuat formula dengan referensi yang tidak dapat dipulihkan oleh Excel. Anda akan diminta untuk memilih apakah ingin mengkonversi formula tersebut menjadi value (nilai saja) atau memulihkan formula sebanyak-banyaknya.

Tips

Perlu diingat, baik opsi Repair maupun Extract Data file akan dibuka dalam keadaan belum disimpan kembali oleh Excel. Artinya jika file tersebut secara tidak sengaja tertutup maka file yang diperbaiki akan hilang dan tidak tersimpan. Sehingga Anda harus mengulanginya dari awal.

Maka dari itu setelah file berhasil diperbaiki jangan lupa untuk menyimpannya kembali. Sehingga Anda bisa membukanya lagi nanti.

Mengakses Show Previous Version File Excel

Selain cara di atas Anda juga bisa mencoba memperbaiki file Excel yang rusak dengan cara mengakses Show Previous Version atau versi simpanan sebelumnya. Apabila file yang bermasalah merupakan file yang sedang Anda buka maka Anda bisa mencoba cara ini. Hindari menyimpannya karena hal tersebut justru bisa menyebabkan seluruh data pada dokumen Anda hilang dan sulit untuk diperbaiki.

Untuk membuka versi sebelum dari suatu file ikuti tutorial berikut:

  • Jika dokumen sudah terbuka silakan klik menu File dan pilih Open.
  • Klik menu Browse.
  • Setelah muncul kotak dialog baru, klik menu dropdown di sebelah tombol Open. Kemudian klik Show Previous Version.
  • Anda akan melihat dokumen apa saja yang sebelumnya dibuka pada Excel. Silakan buka file yang bermasalah.

Menggunakan Microsoft Tool

Pada Microsoft Office versi tertentu pengguna akan mendapatkan sebuah tool bernama Microsoft Office Application Recovery. Anda bisa mencari aplikasi ini di menu Start, atau mencarinya pada menu pencarian.

Setelah tool terbuka, selanjutnya klik opsi Microsoft Office Excel, lalu klik Recover Application. Ikuti proses sampai selesai.

Membuka Unsaved Workbooks

Beberapa versi Microsoft Excel akan menyimpan versi pemulihan berkas secara otomatis pada sebuah folder. Sehingga jika file tersebut mengalami masalah Anda bisa membuka atau bahkan menyimpan berkas tersebut. Hanya saja aplikasi tidak selalu menyimpan berkas tepat waktu. Sehingga ada kemungkinan sebagian teks atau angka yang Anda buat hilang atau tidak bisa dipulihkan.

Meski begitu tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini. Berikut untuk melakukan pemulihan Unsaved Workbooks:

  • Buka Microsoft Excel.
  • Klik menu File, lalu Open.
  • Klik Recover Unsaved Workbooks yang ada di sisi bawah tengah.

  • Jika beruntung Anda akan menjumpai file Anda yang tersimpan sementara di folder tersebut. Anda tinggal membukanya saja.

Tips

Untuk diketahui, folder UnsavedFiles ini biasanya ada di C:\Users\”namapengguna”\AppData\Local\Microsoft\Office\UnsavedFiles. Anda bisa mengakses folder tersebut langsung pada Windows Explorer.

File sementara yang ada di dalam folder tersebut memiliki ekstensi .tmp. Jika ingin membukanya Anda perlu mengganti ekstensi tersebut menjadi .xlsx. Caranya buka File Explorer, klik tab View, dan centang opsi File name extensions.

Mengubah Ekstensi File

Jika file yang bermasalah memiliki ekstensi .xlsx, maka Anda bisa mencoba menggantinya menjadi berekstensi .xls. Nantinya akan muncul peringatan bahwa mengubah ekstensi file bisa membuat file tidak bisa dipakai. Silakan klik tombol Yes. Jika sudah selesai coba buka file tersebut. Apabila berhasil segera simpan file tersebut.

Membuka File di Aplikasi Lain

Apabila beberapa cara yang kami sampaikan di atas belum membuahkan hasil, Anda bisa mencoba membukanya dengan aplikasi serupa lainnya. Saat ini ada beberapa alternatif program serupa Microsoft Office, seperti WPS, OfficeSuite, Polaris Office, LibreOffice, FreeOffice, Google Doc, dan lain sebagainya.

Beberapa software tersebut dapat Anda pakai secara gratis. Sehingga Anda bisa menggunakannya tanpa mengeluarkan biaya ekstra. Khusus Google Spreadsheet Anda hanya bisa menggunakannya saat online dan Anda harus memiliki akun Google. Anda bisa saja mengedit file secara offline, namun harus melakukan beberapa konfigurasi yang hanya bisa dilakukan saat perangkat terhubung dengan internet.

Baca juga: Cara Print Bolak Balik Di Excel

Cara Lain

Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa mencoba memulihkan berkas Excel yang bermasalah dengan melihat tips yang diberikan oleh Microsoft. Anda bisa mengunjungi situs resmi Microsoft untuk mencari tahu solusi atas permasalahan yang sedang Anda alami.

Atau Anda juga bisa mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang ditujukan untuk memperbaiki file Excel yang rusak atau bermasalah. Hanya saja biasanya software tersebut tidak gratis.

Sekian panduan perbaikan file Microsoft Excel yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Semoga bisa memecahkan masalah yang Anda hadapi saat ini.



Leave a Comment