Jika Tautan Rusak atau Halaman Error,

Hubungi Halaman "Kontak Admin"

×

Cara Mudah Membuat Activity Diagram


Membuat Activity Diagram – Activity diagram merupakan suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dengan Unified Modeling Language atau yang biasa disebut dengan UML.

Hal ini karena memang activity diagram menjadi salah satu jenis diagram penting yang dimiliki oleh UML, seperti yang sudah kami singgung pada artikel sebelumnya pada bagian jenis-jenis diagram UML.



activity diagram

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai activity diagram secara lengkap beserta pengertian, fungsi, dan cara membuatnya. Kami juga akan memberikan contoh activity diagram sehingga nantinya bisa semakin memudahkan Anda dalam mempelajarinya.

Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Actitivity Diagram

Pengertian Activity diagaram adalah salah satu jenis diagram UML (Unified Modeling Language) yang menggambarkan tentang aktifitas apa saja yang terjadi pada suatu sistem. Secara umum, jenis diagram yang satu ini menampilkan bagaimana langkah-langkah suatu proses sistem mulai dari awal sampai akhir.

Nah, dari tahapan itulah kita sudah bisa mengetahui kinjerja suatu sistem sampai sejauh mana. Disamping itu, untuk masalah pembangunan dan pengembangan sistem nantinya juga akan menjadi lebih terukur.

Sebagai gambaran sederhannya adalah bagaimana langkah-langkah membuat roti, tetapi ditampilkan dalam bentuk grafik. Jika dilihat secara sekilas maka struktur dari diagram activity ini hampir menyerupai flowchart.

Baca juga: Cara Membuat Flowchart Yang Benar

Fungsi Activity Diagram

Sama halnya dengan jenis diagram UML yang lainnya, Activity diagram memiliki banyak sekali fungsi. Adapun fungsi dari activity diagram adalah sebagai berikut:

  • Activity diagram menjelaskan alur kerja sistem secara berurutan mulai dari awal sampai dengan akhir.
  • Bisa dijadikan sebagai gambaran dalam perancangan perangkat lunak.
  • Setiap kasus nantinya akan saling berkoordinasi antara satu sama lain sehingga hal ini bisa membuat activity diagram mempunyai tingkat kompleksitas yang tinggi.
  • Dengan adanya activity diagram maka bisa membantu untuk memahami proses alur kerja secara menyeluruh.

Simbol Activity Diagram

Ada beberapa simbol dalam activity diagram yang perlu Anda ketahui, berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai simbol-simbol berikut: